Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sekolah meerapkan disiplin tinggi dan memiliki tata tertib yang jelas sebagai acuan bagi siswa dalam bertingkah laku selama berada di lingkungan sekolah. Setiap terjadi pelanggaran maka diterapkan sanksi sesuai yang tertera di dalam aturan tersebut. Unsur yang berpengaruh terhadap ketentuan sosial tersebut adalah....

Sekolah meerapkan disiplin tinggi dan memiliki tata tertib yang jelas sebagai acuan bagi siswa dalam bertingkah laku selama berada di lingkungan sekolah. Setiap terjadi pelanggaran maka diterapkan sanksi sesuai yang tertera di dalam aturan tersebut. Unsur yang berpengaruh terhadap ketentuan sosial tersebut adalah....

  1. order sosial

  2. perilaku sosial

  3. tertib sosial

  4. keajegan sosial

  5. keteraturan sosial

Iklan

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Order sosial merupakan sistem norma dan nilai sosial yang berkembang, diakui dan dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat dan dijadikan pedoman dalam bertindak. Secara sederhana order berarti aturan-aturan dalam masyarakat. Berdasarkan soal ditekankan pada tata tertib yang jelas sebagai acuan siswa dalam bertingkahlaku selama berada di lingkungan sekolah sehingga unsur yang berpengaruh terhadap ketentuan sosial tersebut adalah order sosial. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu : Perilaku sosial merupakan tindakan-tindakan yang berhubungan dengan orang lain. Tertib sosial, merupakan kondisi kehidupan dalam masyarakat yang aman, teratur serta dinamis yang ditandai dengan setiap individu berperilaku sesuai dengan hak dan kewajibannya. Keajegan, merupakan kondisi keteraturan yang tetap dan tidak berubah karena individu konsisten menjalankan nilai dan norma. Sebagai contoh Joni selalu mencium tangan kedua orangtuanya ketika pergi atau pulang ke rumah. Keteraturan sosial merupakan kondisi dimana dalam ineteraksi sosial setiap individu melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan peran yang dimilikinya serta sesuai dengan nilai dan norma.

Order sosial merupakan sistem norma dan nilai sosial yang berkembang, diakui dan dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat dan dijadikan pedoman dalam bertindak. Secara sederhana order berarti aturan-aturan dalam masyarakat. Berdasarkan soal ditekankan pada tata tertib yang jelas sebagai acuan siswa dalam bertingkahlaku selama berada di lingkungan sekolah sehingga unsur yang berpengaruh terhadap ketentuan sosial tersebut adalah order sosial.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu :

  • Perilaku sosial merupakan tindakan-tindakan yang berhubungan dengan orang lain.
  • Tertib sosial, merupakan kondisi kehidupan dalam masyarakat yang aman, teratur serta dinamis yang ditandai dengan setiap individu berperilaku sesuai dengan hak dan kewajibannya.
  • Keajegan, merupakan kondisi keteraturan yang tetap dan tidak berubah karena individu konsisten menjalankan nilai dan norma. Sebagai contoh Joni selalu mencium tangan kedua orangtuanya ketika pergi atau pulang ke rumah.
  • Keteraturan sosial merupakan kondisi dimana dalam ineteraksi sosial setiap individu melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan peran yang dimilikinya serta sesuai dengan nilai dan norma.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada masyarakat modern kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku dan penerapan sanksi bagi yang menyimpang merupakan unsur pembentukan keteraturan sosial di masyarakat berupa ....

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia