Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sampel mengandung suatu senyawa dapat memberi warna merah pekat pada uji Molisch. Senyawa tersebut juga dapat memberi endapan Cu 2 ​ O dengan pereaksi Fehling, tetapi tidak dapat mengubah warna iodium menjadi biru. Senyawa tersebut jika dihidrolisis dapat menghasilkan dua molekul monosakarida yang sama. Senyawa tersebut adalah ....

Sampel mengandung suatu senyawa dapat memberi warna merah pekat pada uji Molisch. Senyawa tersebut juga dapat memberi endapan  dengan pereaksi Fehling, tetapi tidak dapat mengubah warna iodium menjadi biru. Senyawa tersebut jika dihidrolisis dapat menghasilkan dua molekul monosakarida yang sama. Senyawa tersebut adalah ....  

  1. maltosa  

  2. sukrosa  

  3. glukosa  

  4. laktosa  

  5. amilum  

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Uji Molisch digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya karbohidrat dalam sampel makanan. Jika hasil uji memberikan warna merah, maka sampel tersebut mengandung karbohidrat. Pereaksi Fehling digunakan untuk mengetahui adanya gula pereduksi. Jika suatu senyawa merupakan gula pereduksi lalu diteteskan pereaksi Fehling maka akan membentuk endapan berwarna merah bata . Umumnya, semua monosakarida (glukosa) dan disakarida adalah gula pereduksi (kecuali sukrosa), monosakarida tidak dapat terhidrolisis . Zat yang memberi warna biru jika ditetesi iodium adalah amilum (polisakarida). Zat yang terhidrolisis menghasilkan 2 molekul monosakarida adalah senyawa disakarida. Zat yang dihidrolisis menghasilkan 1 jenis monosakarida adalah maltosa,sedangkanzat yang dihidrolisis menghasilkan 2 jenis monosakarida yang berlainan adalah laktosa. Reaksi hidrolisisnya adalah sebagai berikut : Maltosa + glukosa + glukosa (1 jenis monosakarida yang sama) Laktosa + galaktosa + glukosa (2 jenis monosakarida yang berlainan) Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Uji Molisch digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya karbohidrat dalam sampel makanan. Jika hasil uji memberikan warna merah, maka sampel tersebut mengandung karbohidrat.
    
Pereaksi Fehling digunakan untuk mengetahui adanya gula pereduksi. Jika suatu senyawa merupakan gula pereduksi lalu diteteskan pereaksi Fehling maka akan membentuk endapan begin mathsize 14px style Cu subscript 2 straight O end style berwarna merah bata.

begin mathsize 14px style Cu to the power of 2 plus end exponent plus space minus CHO rightwards arrow Cu subscript 2 straight O subscript left parenthesis merah space bata right parenthesis end subscript plus space minus COOH end style 

Umumnya, semua monosakarida (glukosa) dan disakarida adalah gula pereduksi (kecuali sukrosa),  monosakarida tidak dapat terhidrolisis. Zat yang memberi warna biru jika ditetesi iodium adalah amilum (polisakarida). 
    

Zat yang terhidrolisis menghasilkan 2 molekul monosakarida adalah senyawa disakarida. Zat yang dihidrolisis menghasilkan 1 jenis monosakarida adalah maltosa, sedangkan zat yang dihidrolisis menghasilkan 2 jenis monosakarida yang berlainan adalah laktosa.
Reaksi hidrolisisnya adalah sebagai berikut : 
Maltosa + begin mathsize 14px style straight H subscript 2 straight O rightwards arrow end style glukosa + glukosa (1 jenis monosakarida yang sama)
Laktosa + begin mathsize 14px style straight H subscript 2 straight O rightwards arrow end style galaktosa + glukosa (2 jenis monosakarida yang berlainan)  

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Latihan Bab

Makromolekul dan Polimer

Karbohidrat

Protein

Lipid

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

84

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Hidrolisis suatu makromolekul menghasilkan monomer yang mengandung basa purin dan pirimidin. Makromolekul tersebut, dalam sel hidup berfungsi sebagai cetakan untuk mensintesis polimer protein. Makromo...

14

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia