Roboguru

Salsola soda merupakan tumbuhan yang ditemukan sepanjang pantai laut Mediterania. Observasi anatomi pada dua organ fotosintetik yaitu kotiledon dan daun dari tanaman tersebut ditampilkan pada gambar di bawah ini! Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah. Kotiledon menunjukkan anatomi yang isobilateral, sedangkan daun memiliki anatomi dorsiventral.

Pertanyaan

Salsola soda merupakan tumbuhan yang ditemukan sepanjang pantai laut Mediterania. Observasi anatomi pada dua organ fotosintetik yaitu kotiledon dan daun dari tanaman tersebut ditampilkan pada gambar di bawah ini!

Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah.

Kotiledon menunjukkan anatomi yang isobilateral, sedangkan daun memiliki anatomi dorsiventral.space 

  1. Salahspace 

  2. Benarspace 

Pembahasan Soal:

Kotiledon S. soda terlihat sedikit bikonveks. Bagian melintang kotiledon ini menunjukkan anatomi C3 isoblateral, dengan satu bidang berkas vaskuler (VB), termasuk  satu VB utama yang berbeda di tengah hingga enam VB yang lebih kecil yang dikelilingi oleh jaringan parenkim penyimpan air yang kurang berkembang (WS). WS secara bertahapp digantikan oleh klorenkim, yang terdiri dari dua hingga tiga lapis sel mesopil yang bulat maupun oval. Sedangkan, daun S. soda menunjukkan anatomy C4 salsoloid. Sayatan melintang di atas menunjukkan menunjukkan zona tengah besar jaringan WS dengan satu VB utama yang berbeda di tengah, dan banyak (>20) VB yang lebih kecil di perifer, paling dekat dengan sel Kranz. Kloroplas lapisan KC diposisikan secara sentripetal. Di sisi luar lapisan KC terdapat satu lapisan Sel M, mengandung banyak kloroplas. Di sekitar jaringan M terdapat jaringan subepidermal non-klorenkim, disebut hipodermis, dan di luar hipodermis, epidermis berlapis satu. Selain itu, daun S. soda memiliki tiga hingga empat 'jendela', yang merupakan celah dalam karangan bunga yang terdiri dari  jaringan M dan KC, diisi oleh dua sampai tiga sel jaringan WS. 

Dengan demikian, pernyataan di atas SALAH.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 27 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved