Iklan

Iklan

Pertanyaan

Salsola soda merupakan tumbuhan yang ditemukan sepanjang pantai laut Mediterania. Observasi anatomi pada dua organ fotosintetik yaitu kotiledon dan daun dari tanaman tersebut ditampilkan pada gambar di bawah ini! Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah. Kotiledon menunjukkan anatomi yang isobilateral, sedangkan daun memiliki anatomi dorsiventral.

Salsola soda merupakan tumbuhan yang ditemukan sepanjang pantai laut Mediterania. Observasi anatomi pada dua organ fotosintetik yaitu kotiledon dan daun dari tanaman tersebut ditampilkan pada gambar di bawah ini!

Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah.

Kotiledon menunjukkan anatomi yang isobilateral, sedangkan daun memiliki anatomi dorsiventral.space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Jawaba n yang tepat untuk pernyataan soaladalah SALAH. Tidak adanya kehadiran sel Kranz pada gambar (A) yang merupakan kotiledon menunjukkan bahwa tanaman ini adalah tanaman C3. Struktur PVB ( Peripheral vascular bundle ) yang melintang menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki struktur isobilateral s ehingga bagian melintang kotiledon ini menunjukkan anatomi C3 isoblateral. Kehadiran sel Kranz pada gambar (B) menunjukkan bahwa tanaman ini merupakan tanaman C4, jadi terjadi perkembangan dari C3 ke C4 pada tanaman Salsola soda . Sel Kranz memiliki selubung yang berfungsi untuk menutupi selundang pembuluh dan jaringan penyimpanan air. Daun ini memiliki nama anatominya sendiri yaitu C4 salsoloid .

Jawaba n yang tepat untuk pernyataan soal adalah SALAH.

Tidak adanya kehadiran sel Kranz pada gambar (A) yang merupakan kotiledon menunjukkan bahwa tanaman ini adalah tanaman C3. Struktur PVB (Peripheral vascular bundle) yang melintang menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki struktur isobilateral sehingga bagian melintang kotiledon ini menunjukkan anatomi C3 isoblateral. Kehadiran sel Kranz pada gambar (B) menunjukkan bahwa tanaman ini merupakan tanaman C4, jadi terjadi perkembangan dari C3 ke C4 pada tanaman Salsola soda. Sel Kranz memiliki selubung yang berfungsi untuk menutupi selundang pembuluh dan jaringan penyimpanan air. Daun ini memiliki nama anatominya sendiri yaitu C4 salsoloid.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

41

JADIDDAH

Ini yang aku cari! Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jaringan apa saja yang menyusun daun mulai dari teratas sampai terbawah?

10

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia