Roboguru

Jaringan apa saja yang menyusun daun mulai dari teratas sampai terbawah?

Pertanyaan

Jaringan apa saja yang menyusun daun mulai dari teratas sampai terbawah? 

Pembahasan Soal:

Daun merupakan salah satu organ pada tumbuhan yang berperan sebagai tempat fotosintesis dan juga berfungsi sebagai organ reproduksi vegetatif pada tumbuhan. Struktur anatomi daun dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Dari gambar tersebut dapat diperhatikan bahwa daun tersusun atas beberapa jaringan yaitu:

  1. Jaringan epidermis
  2. Jaringan pengangkut (xilem dan floem)
  3. Jaringan mesofil (parenkim palisade dan spons)

Jaringan epidermis dan kutikula berada pada bagian paling luar berperan dalam melindungi daun dari penguapan berlebih. Jaringan mesofil berisi sel-sel yang terspesialisasi untuk fotosintesis dan penyimpanan cadangan makanan. Serta jaringan pengangkut yang tersebar di antara jaringan mesofil memuat sel-sel xilem dan floem yang tersambung dari batang dan mengantarkan bahan fotosintesis sambil menjemput hasil fotosintesis. 

Jadi, jaringan yang menyusun daun mulai dari teratas sampai terbawah adalah jaringan epidermis, jaringan pengangkut, dan jaringan mesofil.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan 5 macam jaringan yang menyusun organ daun?

Pembahasan Soal:

Jaringan merupakan sekumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Kumpulan dari berbagai macam jaringan akan membentuk organ. Jaringan yang menyusun organ daun pada tumbuhan diantaranya

  • Jaringan epidermis
    Jaringan ini terletak pada lapisan terluar pada daun. Jaringan ini tersusun atas selapis sel yang tersusun sangat rapat. Jaringan epidemis mengalami modifikasi membentuk derivat epidermis seperti kutikula (merupakan lapisan lilin yang terdapat di epidermis atas daun), stomata (mulut daun yang terbentuk dari lapisan epidermis bawah daun), trikoma(sel rambut halus yang berfungsi mencegah penguapan berlebih), bulliform dan velamen (sel penyimpanan air).
  • Jaringan parenkim (Mesofil daun)
    Jaringan parenkim yang menyusun daun disebut dengan mesofil daun (daging daun) hal ini karena mengisi sebagian besar ruang pada daun. Pada tumbuhan dikotil, mesofil daun berdiferensiasi menjadi Palisade atau jaringan tiang (memiliki bentuk memanjang, terletak tepat di bawah epidermis atas), Spons atau jaringan bunga karang (memiliki bentuk seperti sel-sel parenkim). Jaringan palisade dan spons merupakan tempat fotosintesis utama di daun. Sedangkan pada tumbuhan monokotil mesofil tidak berdiferensiasi.
  • Jaringan penguat kolenkim
    Jaringan ini merupakan penguat yang terletak di tulang daun dan antara jaringan parenkim di lumen daun. Jaringan ini berfungsi untuk menguatkan bentuk daun baik dari terpaan angin ataupun lainnya.
  • Jaringan pengangkut (xilem dan floem)
    Jaringan ini terletak di antara mesofil daun dan epidermis bawah daun. Jaringan pengangkut pada daun tersusun berdampingan yaitu xilem (memiliki struktur sel besar) dan floem (memiliki sel yang kecil dan rapat). Xilem berfungsi mengangkut air dan unsur mineral dari akar menuju ke daun. Sementara floem berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

Dengan demikian,  5 macam jaringan yang menyusun organ daun adalah epidermis, mesofil (palisade dan spons), kolenkim, xilem dan floem. 

0

Roboguru

Berikut ini merupakan bagian-bagian dari struktur anatomi daun. Jaringan epidermis Jaringan palisade Jaringan spons Stomata Sel penjaga/penutup stomata Bagian yang dapat melangsungkan proses ...

Pembahasan Soal:

Fotosintesis merupakan proses pembentukan senyawa organik kompleks dari senyawa anorganik sederhana dengan bantuan cahaya. Bahan yang dibutuhkan untuk fotosintesis yaitu karbon dioksida dan air, sedangkan hasil fotosintesis yaitu amilum dan oksigen. Proses fotosintesis pada tumbuhan berlangsung di bagian daun. Daun tersusun oleh berbagai macam jaringan yaitu :

  1. Epidermis, merupakan jaringan terluar yang dinding luarnya dilapisi oleh kutikula yang berfungsi mengurangi penguapan air. Pada epidermis terdapat stomata sebagai jalan keluar masuknya udara. Selain itu, terdapat sel penjaga yang berfungsi sebagai pengatur dalam membuka dan menutupnya stomata. Pada umumnya epidermis tidak memiliki kloroplas. Namun pada tumbuhan air sel epidermis bermodifikasi sehingga memiliki kloroplas dan dapat digunakan untuk proses fotosintesis.
  2. Parenkim (mesofil), berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. Mesofil pada daun dikotil terdiferensiasi menjadi 2 macam parenkim yaitu parenkim palisade (jaringan tiang) dan parenkim spons (jaringan bunga karang). Parenkim palisade terdiri dari sel-sel berbentuk silinder, tersusun rapat, dan mengandung banyak kloroplas. Parenkim spons (jaringan bunga karang), tersusun oleh sel-sel yang tidak teratur, tersusun renggang, dan mengandung lebih sedikit kloroplas. 
  3. Jaringan pengangkut, terdiri dari xilem dan floem. Xilem berfungsi untuk mengangkut air dan unsur hara dari akar ke daun, sedangkan floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

Berdasarkan uraian tersebut, dapat diketahui bahwa jaringan yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis adalah epidermis, parenkim palisade, dan parenkim spons yang ditunjukkan oleh nomor 1, 2, dan 3.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space space 

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut ini !       Berdasarkan tabel tersebut, perbedaan daun monokotil dan dikotil yang tepat ditunjukan oleh nomor…..

Pembahasan Soal:

Daun  monokotil dan dikotil memiliki beberapa perbedaan. Adapun perbedaan tersebut meliputi : 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Tulang daun pada tumbuhan monokotil dan dikotil memiliki perbedaan yaitu….

Pembahasan Soal:

Terdapat perbedaan pada tipe tulang daun tumbuhan monokotil dan dikotil. Pada tumbuhan monokotil seperti jagung, tulang daun umumnya berderet sejajar dan tidak bercabang menjadi tulang daun yang lebih kecil, sehingga disebut bertipe sejajar, atau paralel. Sebaliknya, tulang daun pada tumbuhan dikotil justru bercabang-cabang membentuk struktur seperti jala. Oleh karena itu, tulang daun pada tumbuhan dikotil dikatakan bertipe retikulat (reticulate) atau bercabang. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Tipe berkas pengangkut yang terdapat pada daun adalah….

Pembahasan Soal:

Jaringan pengangkut pada daun terletak pada tulang ataupun urat daun berupa xilem dan floem. Umumnya xilem terletak lebih di bagian atas daun, sementara floem lebih di dalam atau xilem terletak lebih di dalam dan floem mengelilinginya. Selain itu, jaringan pengangkut pada daun juga diselubungi oleh sel-sel parenkim dan juga bisa berupa sklerenkim membentuk seludang berkas pengangkut. Karena itu, berkas pengangkut pada daun bertipe kolateral tertutup. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved