Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan 5 macam jaringan yang menyusun organ daun?

Tuliskan 5 macam jaringan yang menyusun organ daun? 

Iklan

F. Andriyani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

5 macam jaringan yang menyusun organ daun adalah epidermis, mesofil (palisade dan spons), kolenkim, xilem dan floem.

  5 macam jaringan yang menyusun organ daun adalah epidermis, mesofil (palisade dan spons), kolenkim, xilem dan floem.space space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Jaringan merupakan sekumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Kumpulan dari berbagai macam jaringan akan membentuk organ. Jaringan yang menyusun organ daun pada tumbuhan diantaranya Jaringan epidermis Jaringan ini terletak pada lapisan terluar pada daun. Jaringan ini tersusun atas selapis sel yang tersusun sangat rapat. Jaringan epidemis mengalami modifikasi membentuk derivat epidermis seperti kutikula (merupakan lapisan lilin yang terdapat di epidermis atas daun), stomata (mulut daun yang terbentuk dari lapisan epidermis bawah daun), trikoma(sel rambut halus yang berfungsi mencegah penguapan berlebih), bulliform dan velamen (sel penyimpanan air). Jaringan parenkim (Mesofil daun) Jaringan parenkim yang menyusun daun disebut dengan mesofil daun (daging daun) hal ini karena mengisi sebagian besar ruang pada daun. Pada tumbuhan dikotil, mesofil daun berdiferensiasi menjadi Palisade atau jaringan tiang (memiliki bentuk memanjang, terletak tepat di bawah epidermis atas), Spons atau jaringan bunga karang (memiliki bentuk seperti sel-sel parenkim). Jaringan palisade dan spons merupakan tempat fotosintesis utama di daun. Sedangkan pada tumbuhan monokotil mesofil tidak berdiferensiasi. Jaringan penguat kolenkim Jaringan ini merupakan penguat yang terletak di tulang daun dan antara jaringan parenkim di lumen daun. Jaringan ini berfungsi untuk menguatkan bentuk daun baik dari terpaan angin ataupun lainnya. Jaringan pengangkut (xilem dan floem) Jaringan ini terletak di antara mesofil daun dan epidermis bawah daun. Jaringan pengangkut pada daun tersusun berdampingan yaitu xilem (memiliki struktur sel besar) dan floem (memiliki sel yang kecil dan rapat). Xilem berfungsi mengangkut air dan unsur mineral dari akar menuju ke daun. Sementara floem berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. Dengan demikian,5 macam jaringan yang menyusun organ daun adalah epidermis, mesofil (palisade dan spons), kolenkim, xilem dan floem.

Jaringan merupakan sekumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Kumpulan dari berbagai macam jaringan akan membentuk organ. Jaringan yang menyusun organ daun pada tumbuhan diantaranya

  • Jaringan epidermis
    Jaringan ini terletak pada lapisan terluar pada daun. Jaringan ini tersusun atas selapis sel yang tersusun sangat rapat. Jaringan epidemis mengalami modifikasi membentuk derivat epidermis seperti kutikula (merupakan lapisan lilin yang terdapat di epidermis atas daun), stomata (mulut daun yang terbentuk dari lapisan epidermis bawah daun), trikoma(sel rambut halus yang berfungsi mencegah penguapan berlebih), bulliform dan velamen (sel penyimpanan air).
  • Jaringan parenkim (Mesofil daun)
    Jaringan parenkim yang menyusun daun disebut dengan mesofil daun (daging daun) hal ini karena mengisi sebagian besar ruang pada daun. Pada tumbuhan dikotil, mesofil daun berdiferensiasi menjadi Palisade atau jaringan tiang (memiliki bentuk memanjang, terletak tepat di bawah epidermis atas), Spons atau jaringan bunga karang (memiliki bentuk seperti sel-sel parenkim). Jaringan palisade dan spons merupakan tempat fotosintesis utama di daun. Sedangkan pada tumbuhan monokotil mesofil tidak berdiferensiasi.
  • Jaringan penguat kolenkim
    Jaringan ini merupakan penguat yang terletak di tulang daun dan antara jaringan parenkim di lumen daun. Jaringan ini berfungsi untuk menguatkan bentuk daun baik dari terpaan angin ataupun lainnya.
  • Jaringan pengangkut (xilem dan floem)
    Jaringan ini terletak di antara mesofil daun dan epidermis bawah daun. Jaringan pengangkut pada daun tersusun berdampingan yaitu xilem (memiliki struktur sel besar) dan floem (memiliki sel yang kecil dan rapat). Xilem berfungsi mengangkut air dan unsur mineral dari akar menuju ke daun. Sementara floem berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

Dengan demikian,  5 macam jaringan yang menyusun organ daun adalah epidermis, mesofil (palisade dan spons), kolenkim, xilem dan floem.space space 

Latihan Bab

Akar

Batang

Daun

Bunga

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan susunan jaringan pada daun dikotil!

6rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia