Roboguru

Salah satu raja Demak  yang mendapatkan julukan Pangeran Sabrang Lor adalah...

Pertanyaan

Salah satu raja Demak  yang mendapatkan julukan Pangeran Sabrang Lor adalah...

  1. Raden Patah 

  2. Adipati Unus 

  3. Sultan Trenggono 

  4. Sunan Prawata 

  5. Arya Penangsang 

Pembahasan Soal:

Berdasarkan Chandra Sengkala Memet, Kesultanan Demak didirikan pada tahun 1401 Saka atau 1479 Masehi. Kesultanan Demak merupakan kesultanan Islam pertama di Pulau Jawa dengan Raden Patah sebagai sultan pertamanya. Usaha Raden Patah mengembangkan demak dibantu oleh putranya yaitu Pati Unus yang saat itu menjadi adipati Jepara. Ketika Malaka dikuasai bangsa Portugis, ia mengutus Pati Unus untuk menyerang Malaka pada tahun 1513. Selain sebagai wujud solidaritas terhadap sesama kesultanan Islam, serangan itu jga dilakukan untuk membendung invasi bangsa Portugis atas Jawa. Oleh karen akeberaniannya itu, Pati Unus dijuluki Pangeran Sabrang lor (sabrang = menyebrang; ;lor = utara). Karena pernah menyeberangi Laut Jawa menuju Malaka untuk melawan Bangsa Portugis.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Azisy

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pernyataan dibawah ini :   Jarak yang terlalu jauh Portugis dibantu oleh pihak lain Peralatan perang yang kurang seimbang Lemahnya semangat pasukan Kerajaan Demak Strategi perang ya...

Pembahasan Soal:

Kegagalan Adipati Unus dalam menyerang Portugis dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu jarak yang terlalu jauh, peralatan dan persenjataan yang kurang, serta strategi perang yang kurang jitu.


Oleh karena itu, jawaban yang paling benar adalah Cspace space

0

Roboguru

Pangeran Sabrang Lor adalah salah satu tokoh dari Kerajaan Demak yang berusaha menyerang Portugis. Nama asli dari Pangerang Sabrang Lor adalah…

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1513, Demak mengirimkan armada lautnya  di bawah pimpinan Pati Unus untuk menyerang Portugis sebagai wujud solidaritas terhadap sesama kerajaan Islam dan untuk membendung invasi bangsa Portugis atas Jawa. Serangan yang diarahkan ke Malaka tersebut melewati laut di sebelah Utara Pulau Jawa sehingga Pati Unus kemudian dikenal dengan nama Pangeran Sabrang Lor. Sabrang berarti menyeberang, sementara Lor berarti Utara. Jadi, Sabrang Lor berarti menyeberang ke sebelah Utara. Namun, serangan Pati Unus tersebut gagal karena ketertinggalan dalam bidang persenjataan.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Pada tahun 1513, Kesultanan Demak melakukan penyerangan ke wilayah Kesultanan Malaka. Hal ini dikarenakan…

Pembahasan Soal:

Kesultanan Demak melakukan penyerangan Malaka sebab mengantisipasi perluasan wilayah yang dilakukan oleh bangsa Portugis. Sebagai kerajaan Islam, Demak khawatir Portugis akan meluaskan kekuasaannya ke Pulau Jawa. Oleh karena itu, sebelum Portugis menyerang daerah-daerah di tanah Jawa, Demak berencana melakukan serangan terlebih dahulu. Pada 1513 armada Demak dipimpin putera Raden Patah, yaitu Pati Unus melancarkan serangan terhadap kedudukan Portugis di Malaka. Namun, penyerangan ini kurang berhasil sebab jarak yang ditempuh terlalu jauh dan persenjataan yang dimiliki oleh Demak masih terbatas. Meskipun mengalami kegagalan, Pati Unus tetap diberi gelar sebagai Pangeran Sabrang Lor (pangeran yang pernah menyebarangi lautan di sebelah utara Kesultanan Demak).

0

Roboguru

Alasan Kesultanan Demak mengirimkan Adipati Unus melakukan ekspansi ke Selat Malaka adalah ....

Pembahasan Soal:

Portugis telah menguasai Malaka sejak tahun 1511. Hal itu menjadi ancaman bagi perkembangan Demak, sehingga alasan itulah yang membuat Demak kemudian melakukan ekspansi ke Selat Malaka yang kemudian dipimpin Adipati Unus (Pangeran Sabrang Lor) pada tahun 1512-1513. Upaya ekspansi didukung kekuatan sekitar 100 kapal dan beberapa ribu tentara dari Semarang, Jepara, Rembang, dan Palembang. Kapal yang digunakan terdiri atas jung, lancaran, dan pangajava dengan masing-masing bersenjatakan meriam. Ekspansi tersebut belum berhasil karena dikalahkan Portugis yang memiliki armada lebih kuat, dan kurangnya perbekalan pasukan Demak.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Sebelum kedatangan Islam, di Indonesia sudah mengenal agama Hindu dan Buddha. Akan tetapi pada akhirnya Islam berkembang pesat di Indonesia dan kemudian menjadi agama mayoritas di Indonesia. Faktor ap...

Pembahasan Soal:

Perkembangan islam di Indonesia dapat dikatakan berjalan begitu cepat dan menyebar secara meluas di berbagai pulau Nusantara. Islam masuk ke wilayah Indonesia pada abad ke-7M, dibawa oleh para pedagang Muslim yang berlayar dan singgah di negeri ini. Mereka adalah para pedagang Muslim asal Arab, Melayu, Persia serta India. Para pedagang ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan Islam cepat berkembang di Indonesia. Berikut ini adalah faktor yang mendukung Islam dapat berkembang cepat di Indonesia. 

  1. Ajarannya Sederhana,mudah dimengerti dan diterima.
  2. Syaratnya mudah, hanya dengan mengucapkan 2 kalimat syahadat, yang berisi pengakuan adanya Allah SWT, tuhan yang Maha Esa dan Nabi Muhammad utusan Allah SWT.
  3. Islam tidak mengenal kasta, sehingga lebih mudah menarik bagi rakyat biasa yang jumlahnya justru lebih besar.
  4. Upacara – upacara keagamaan sangat sederhana.
  5. Islam disebarkan dengan cara damai lewat kesenian dan akulturasi dengan kebudayaan setempat.
  6. Jatuhnya Majapahit dan Sriwijaya menyebabkan kerajaan Islam berkembang dengan pesat.
  7. Dalam Islam dikenal adanya kewajiban bagi orang yang mampu untuk mengeluarkan zakat. Zakat ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dan kepedulian hidup di masyarakat.

Dengan demikian, faktor yang menyebabkan Islam berkembang pesat di Indonesia adalah ajarannya yang sederhana, sayarat masuk Islam mudah, Islam tidak mengenal kasta, upacara keagamaan yang sederhana, penyebaran Islam berlangsung dilakukan dengan damai dan dekat dengan kebiasaan masyarakat.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved