Roboguru

Alasan Kesultanan Demak mengirimkan Adipati Unus melakukan ekspansi ke Selat Malaka adalah ....

Pertanyaan

Alasan Kesultanan Demak mengirimkan Adipati Unus melakukan ekspansi ke Selat Malaka adalah ....undefined 

  1. keinginan menguasai jalur dagang seluruh Selat Malakaundefined 

  2. Malaka merupakan pesaing dagang utama Kesultanan Demakundefined 

  3. melanjutkan perluasan wilayah yang dilakukan dari masa Majapahitundefined 

  4. Demak merasa terancam dengan kedudukan Portugis di Selat Malakaundefined 

  5. banyaknya pedagang yang memilih singgah di Malaka daripada di Demakundefined 

Pembahasan Soal:

Portugis telah menguasai Malaka sejak tahun 1511. Hal itu menjadi ancaman bagi perkembangan Demak, sehingga alasan itulah yang membuat Demak kemudian melakukan ekspansi ke Selat Malaka yang kemudian dipimpin Adipati Unus (Pangeran Sabrang Lor) pada tahun 1512-1513. Upaya ekspansi didukung kekuatan sekitar 100 kapal dan beberapa ribu tentara dari Semarang, Jepara, Rembang, dan Palembang. Kapal yang digunakan terdiri atas jung, lancaran, dan pangajava dengan masing-masing bersenjatakan meriam. Ekspansi tersebut belum berhasil karena dikalahkan Portugis yang memiliki armada lebih kuat, dan kurangnya perbekalan pasukan Demak.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 04 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pangeran Sabrang Lor adalah salah satu tokoh dari Kerajaan Demak yang berusaha menyerang Portugis. Nama asli dari Pangerang Sabrang Lor adalah…

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1513, Demak mengirimkan armada lautnya  di bawah pimpinan Pati Unus untuk menyerang Portugis sebagai wujud solidaritas terhadap sesama kerajaan Islam dan untuk membendung invasi bangsa Portugis atas Jawa. Serangan yang diarahkan ke Malaka tersebut melewati laut di sebelah Utara Pulau Jawa sehingga Pati Unus kemudian dikenal dengan nama Pangeran Sabrang Lor. Sabrang berarti menyeberang, sementara Lor berarti Utara. Jadi, Sabrang Lor berarti menyeberang ke sebelah Utara. Namun, serangan Pati Unus tersebut gagal karena ketertinggalan dalam bidang persenjataan.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Salah satu raja Demak  yang mendapatkan julukan Pangeran Sabrang Lor adalah...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan Chandra Sengkala Memet, Kesultanan Demak didirikan pada tahun 1401 Saka atau 1479 Masehi. Kesultanan Demak merupakan kesultanan Islam pertama di Pulau Jawa dengan Raden Patah sebagai sultan pertamanya. Usaha Raden Patah mengembangkan demak dibantu oleh putranya yaitu Pati Unus yang saat itu menjadi adipati Jepara. Ketika Malaka dikuasai bangsa Portugis, ia mengutus Pati Unus untuk menyerang Malaka pada tahun 1513. Selain sebagai wujud solidaritas terhadap sesama kesultanan Islam, serangan itu jga dilakukan untuk membendung invasi bangsa Portugis atas Jawa. Oleh karen akeberaniannya itu, Pati Unus dijuluki Pangeran Sabrang lor (sabrang = menyebrang; ;lor = utara). Karena pernah menyeberangi Laut Jawa menuju Malaka untuk melawan Bangsa Portugis.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan dibawah ini :   Jarak yang terlalu jauh Portugis dibantu oleh pihak lain Peralatan perang yang kurang seimbang Lemahnya semangat pasukan Kerajaan Demak Strategi perang ya...

Pembahasan Soal:

Kegagalan Adipati Unus dalam menyerang Portugis dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu jarak yang terlalu jauh, peralatan dan persenjataan yang kurang, serta strategi perang yang kurang jitu.


Oleh karena itu, jawaban yang paling benar adalah Cspace space

0

Roboguru

Salah satu peninggalan Kesultanan Samudra Pasai dalam bidang sastra adalah....

Pembahasan Soal:

Kesultanan Samudra Pasai merupakan kerajaan yang berdiri sejak abad ke-13, terletak di pantai timur Sumatra, di sekitar Lhokseumawe. Satu-satunya peninggalan Kesultanan Samudra Pasai di bidang sastra adalah Hikayat Raja-raja Pasai. Hikayat ini ditulis sekitar abad ke-14. Hikayat Raja-raja Pasai menceritakan mengenai awal berdirinya Kesultanan Samudra Pasai dan juga menceritakan perkembangan Kesultanan Samudra Pasai sampai penakhlukannya oleh Majapahit dibawah pimpinan Patih Gajah Mada. Selain itu, hikayat ini juga menceritakan kemenangan Majapahit dalam menakhlukan pulau-pulau di Indonesia dan kegagalannya menaklukkan Minangkabau.

0

Roboguru

Salah satu pola penyebaran agama Islam di Indonesia adalah….

Pembahasan Soal:

Saluran Islamisasi di Indonesia pada awalnya adalah melalui perdagangan. Hal ini sesuai dengan kesibukan lalu lintas perdagangan abad-7 sampai abad ke-16, perdagangan antara negeri-negeri di bagian barat, Tenggara dan Timur benua Asia dan dimana pedagang-pedagang Muslim (Arab, Persia, India) turut serta mengambil bagiannya di Indonesia. Secara umum Islamisasi dilakukan oleh para pedagang melalui perdagangan. Awalnya para pedagang datang di tempat-tempat pusat perdagangan dan sebagian dari mereka kemudian bertempat tinggal, dan bahkan sebagian menetap. Lambat laun tempat tinggal mereka berkembang menjadi perkampungan-perkampungan. Perkampungan golongan pedagang Muslim dari negeri-negeri asing itu disebut Pekojan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved