Roboguru

Salah satu kesepakatan dalam perjanjian linggajati adalah Belanda mengakui secara de fakto wilayah Republik Indonesia yaitu Sumatera, Jawa dan madura. Walaupun wilayah Indonesia semakin sempit bangsa Indonesia menerima perjanjian tersebut. Apa dampak diadakannya perundingan tersebut bagi Indonesia?

Pertanyaan

Salah satu kesepakatan dalam perjanjian linggajati adalah Belanda mengakui secara de fakto wilayah Republik Indonesia yaitu Sumatera, Jawa dan madura. Walaupun wilayah Indonesia semakin sempit bangsa Indonesia menerima perjanjian tersebut. Apa dampak diadakannya perundingan tersebut bagi Indonesia?

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Terdapat beberapa dampak yang ditimbulkan akibat kesepakatan dalam perundingan Linggarjati tersebut. Dampak positif perjanjian Linggarjati bagi Indonesia adalah pemerintah Indonesia mendapat pengakuan secara de facto dari pihak Belanda. Namun ada juga dampak negatifnya yaitu wilayah Indonesia menjadi semakin sempit karena yang diakui hanya wilayah Jawa, Madura dan Sumatera saja. Sebelumnya juga terjadi pro-kontra terkait perundingan ini. Beberapa partai nasional mengkritik pemerintah karena mau menandatangani perundingan ini dan menuding bahwa pemerintahan Indonesia lemah untuk mempertahankan kedaulatan negara Indonesia. Namun pemerintah memberi alasan kenapa mau menyetujui isi perjanjian Linggarjati tersebut yaitu memilih cara damai untuk menyelesaikan konflik untuk menghindari jatuhnya korban dan menarik simpati dunia internasional. Perdamaian dengan gencatan sejata juga dapat memberi peluang bagi pasukan militer Indonesia untuk melakukan berbagai hal diantaranya dalah konsolidasi.

Dengan demikian, Perjanjian Linggarjati disebut sebagai perjuangan diplomasi pertama yang dilakukan Indonesia saat Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda. Perjanjian Linggarjati memiliki dampak positif dan negatif.

Berikut ini dampak positif :

  1. Indonesia mendapat pengakuan dari Belanda atas wilayah De facto. Belanda mengakui kedaulatan Indonesia atas wilayah De facto yang telah ditentukan. Ini merupakan hal yang positif, karena Indonesia telah diakui kedaulatannya oleh Belanda.
  2. Indonesia mulai mendapatkan pengakuan dari negara lain. Bangsa - bangsa lain ikut memperhatikan permasalahan yang dihadapi Indonesia dan diakui keberadaannya oleh negara-negara lain di dunia.

Berikut ini dampak negatif :

  1. Belanda dapat kembali membangun kekuatan di Indonesia. Perjanjian Linggarjati menyatakan bahwa Bangsa Indonesia resmi tergabung dalam RIS dengan kepala uni Belanda. Karena kepala uni di tangan Belanda, Belanda dapat sewaktu-waktu membangun kembali kekuatannya.
  2. Banyak pertentangan di antara rakyat Indonesia. Banyak rakyat Itu menentang perjanjian itu dan berlanjut mengadakan perlawanan, seperti di Bali yang mengadakan perang Puputan Margarana (Perang habis-habisan) untuk menentang isi perjanjian ini. Partai seperti PNI, Partai Masyumi, Partai Rakyat Indonesia, dan Partai Rakyat Jelata ikut menentangnya.
  3. Ditariknya dukungan terhadap Sutan Syahrir. Sutan Syahrir dianggap memberikan konsesi bagi Belanda sehingga sebagian besar anggota partai Sosialis menarik dukungannya terhadap Sutan Syahrir.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini termasuk peristiwa perlawanan rakyat secara fisik terhadap Belanda yang berusaha menjajah Indonesia kembali, kecuali....

Pembahasan Soal:

Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu, seluruh negara jajahan Jepang di Asia Tenggara diambil alih oleh pasukan Sekutu yaitu AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies). Tugas AFNEI adalah menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang, membebaskan tentara Sekutu yang ditahan Jepang, melucuti serta mengumpulkan orang-orang Jepang untuk dipulangkan ke negerinya. Kedatangan tentara Sekutu ternyata juga disertai dengan kedatangan NICA (Netherland Indies Civil Administration) yang bertujuan ingin kembali menegakkan kekuasaan Belanda di Indonesia. Tentara AFNEI bersama NICA sampai ke Indonesia pertama kali pada tanggal 16 September 1945 di Tanjung Priok. Kemudian, Indonesia melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan kemerdekaan. Secara umum ada dua bentuk strategi perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Belanda, yaitu:

  1. Perjuangan bersenjata, perjuangan ini dilakukan secara fisik dengan kekuatan bersenjata . Contohnya adalah Pertempuran Medan Area, Pertempuran Ambaraawa, Pertempuran Surabaya, Peristiwa Merah Putih di Manado, Pertempuran di Bandung, Pertempuran Margarana, dan Perlawanan Rakyat di Makasar.
  2. Perjuangan melalui diplomasi, perjuangan ini dilakukan dengan perundingan untuk menyelesaikan masalah. Upaya dengan melakukan perundingan dianggap lebih efektif karena tidak memakan banyak korban jiwa. Contohnya adalah Perundingan Linggarjati, Perundingan Renville, Perjanjian Roem-Royen dan Konferensi Meja Bundar.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Ceritakan 1 bentuk perjuangan mempertahankan NKRI?

Pembahasan Soal:

Pertempuran Surabaya merupakan pertempuran tentara dan milisi pro-kemerdekaan Indonesia dan tentara Britania Raya dan India Britania, tanggal 25 Oktober 1945, tentara sekutu mendarat di Tanjung perak, Surabaya. tentara di bawah pimpinan Brigandir Jendral Mallaby, kedatangan tentara tersebut di ikuti oleh NICA ( Netherlands Indies Civil Administation ). Mula-mula NICA melancarkan hasutan sehingga menimbulkan kekacauan di Surabaya. Tanggal 28 Oktober hingga 31 Oktober 1945 terjadi pertempuran yang hebat. Tanggal 10 November 1945 pukul 06.00, sekutu menggempur Surabaya dari darat, laut maupun udara. Dibawah pimpinan Gubernur Suryo dan Sutomo rakyat Surabaya tak mau menyerahkan sejengkal tanah pun kepada sekutu. Dalam pertempuran yg dahsyat itu beribu ribu pejuang Indonesia gugur dalam pertempuran tersebut. Untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan tersebut, pada setiap tanggal 10 November pemerintah menetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Dengan demikian, pertempuran Surabaya merupakan pertempuran tentara dan milisi pro-kemerdekaan Indonesia dan tentara Britania Raya dan India Britania. Puncaknya terjadi pada tanggal 10 November 1945. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. Usai pertempuran ini, dukungan rakyat Indonesia dan dunia internasional terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia semakin kuat, 10 November diperingati setiap tahun sebagai Hari Pahlawan di Indonesia.

1

Roboguru

Kapan Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia baik secara dejure maupun defacto!

Pembahasan Soal:

Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia secara de facto dan de jure pasca penandatanganan KMB pada tanggal 28 Desember 1949.


Dengan demikian, Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia secara de facto dan de jure pasca penandatanganan KMB pada tanggal 28 Desember 1949.space space 

0

Roboguru

Perjanjian Roem-Royen yang dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 1949 menghasilkan beberapa kesepakatan, salah satunya ....

Pembahasan Soal:

Perundingan Roem-Royen yang diselenggarakan pada tanggal 7 Mei 1949 menghasilkan beberapa keputusan, di antaranya:

  1. Menghentikan perang gerilya
  2. Bekerja sama dalam mengembalikan perdamaian dan menjaga ketertiban dan keamanan
  3. Turut serta dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag untuk melanjutkan penyerahan kedaulatan lengkap dan tidak bersyarat kepada negara Indonesia

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. space 

 

0

Roboguru

Perhatikan hal-hal berikut! Negara Madura. Negara Indonesia Timur. Negara Pasundan. Negara Borneo. Negara Jawa Timur. Negara Maluku.   Negara-negara bagian bentukan BFO adalah ....

Pembahasan Soal:

BFO beranggotakan Negara Indonesia Timur, Negara Sumatera Timur, Negara Sumatra Selatan, Negara Jawa Timur, Negara Pasundan, dan Negara Madura. Selain negara-negara boneka yang diciptakan oleh Belanda, terdapat juga daerah-daerah yang memiliki otonomi sendiri saat itu seperti Kalimantan Barat, Dayak Besar, Banjar, Kalimantan Tenggara, Jawa Tengah, Bangka, Belitung, dan Riau daerah-daerah tersebut tergabung dalam Republik Indonesia Serikat, pembentukan Negara-negara bagian oleh Belanda itu untuk mengepung dan memperlemah keberadaan Republik Indonesia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved