Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut. I) Belanda akan mengakui kedaulatan RIS pada akhir bulan Desember 1949 2) Pemerintah Indonesia bersedia menarik pasukan dari garis dan Mood. 3) Diputuskan pula beberapa persetujuan pokok yang terkait dengan masalah keuangan ekonomi, sosial budaya, dan lain-lainnya. 4) Mengenai soal Irian Barat, penyelesaiannya akan ditunda selama satu tahun. 5) Belanda mengakui secara de factor Republik Indonesia dengan wilayah kekuasaan belanda dan Jasa Melawan Sumatra dan Jawa. Isi perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB) ditunjukkan oleh nomor....

Perhatikan pernyataan berikut.

I) Belanda akan mengakui kedaulatan RIS pada akhir bulan Desember 1949

2) Pemerintah Indonesia bersedia menarik pasukan dari garis dan Mood.

3) Diputuskan pula beberapa persetujuan pokok yang terkait dengan masalah keuangan ekonomi, sosial budaya, dan lain-lainnya.

4) Mengenai soal Irian Barat, penyelesaiannya akan ditunda selama satu tahun.

5) Belanda mengakui secara de factor Republik Indonesia dengan wilayah kekuasaan belanda dan Jasa Melawan Sumatra dan Jawa.

Isi perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB) ditunjukkan oleh nomor....

  1. ), 2), dan 3)

  2. ), 3), dan 4)

  3. 2), 3), dan 4)

  4. 2), 3), dan 5)

  5. 3), 4), dan 5)

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konferensi Meja Bundar (KMB) yang diselenggarakan di Ridderzaal, Den Haag, Belanda pada (23 Agustus 1949 - 2 November 1949). Delegasi Indonesia dipimpin oleh Mohammad Hatta, delegasi Belanda dipimpin oleh J.V. Maarseven, delegasi BFO dipimpin oleh Sultan Hamid, dan UNCI diketuai oleh Chritchley. Berikut merupakan keputusan yang dihasilkan antara lain: Belanda akan menyerahkan kedaulatan kepada RIS pada akhir bulan Desember 1949. Diputuskan pula beberapa persetujuan pokok yang terkait dengan masalah keuangan, ekonomi, sosial budaya, dan lain-lainnya. Mengenai soal Irian Barat, penyelesaiannya akan ditunda selama satu tahun. Persetujuan KMB juga memuat ketentuan-ketenruan mengenai pembentukan APRIS dengan TNI sebagai inti. KNIL akan dibubarkan dan para anggotanya akan masuk ke dalam APRIS. Kerajaan Belanda akan membentuk Uni Indonesia-Belanda. Uni ini merupakan badan konstitusi bersama dalam menyelesaikan kepentingan umum. Indonesia akan membayar utang-utang Belanda sejak tahun 1942. Dari penjelasan di atas maka isi perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB) ditunjukkan oleh nomor (1) Belanda akan mengakui kedaulatan RIS pada akhir bulan Desember 1949, (3) Diputuskan pula beberapa persetujuan pokok yang terkait dengan masalah keuangan. ekonomi, sosial budaya, dan lain-lainnya., dan (4) Mengenai soal lrian Barat, penyelesaiannya akan ditunda selama satu tahun.

Konferensi Meja Bundar (KMB) yang diselenggarakan di Ridderzaal, Den Haag, Belanda pada (23 Agustus 1949 - 2 November 1949). Delegasi Indonesia dipimpin oleh Mohammad Hatta, delegasi Belanda dipimpin oleh J.V. Maarseven, delegasi BFO dipimpin oleh Sultan Hamid, dan UNCI diketuai oleh Chritchley. Berikut merupakan keputusan yang dihasilkan antara lain:

  • Belanda akan menyerahkan kedaulatan kepada RIS pada akhir bulan Desember 1949.
  • Diputuskan pula beberapa persetujuan pokok yang terkait dengan masalah keuangan, ekonomi, sosial budaya, dan lain-lainnya.
  • Mengenai soal Irian Barat, penyelesaiannya akan ditunda selama satu tahun.
  • Persetujuan KMB juga memuat ketentuan-ketenruan mengenai pembentukan APRIS dengan TNI sebagai inti. KNIL akan dibubarkan dan para anggotanya akan masuk ke dalam APRIS.
  • Kerajaan Belanda akan membentuk Uni Indonesia-Belanda. Uni ini merupakan badan konstitusi bersama dalam menyelesaikan kepentingan umum.
  • Indonesia akan membayar utang-utang Belanda sejak tahun 1942.

Dari penjelasan di atas maka isi perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB) ditunjukkan oleh nomor (1) Belanda akan mengakui kedaulatan RIS pada akhir bulan Desember 1949, (3) Diputuskan pula beberapa persetujuan pokok yang terkait dengan masalah keuangan. ekonomi, sosial budaya, dan lain-lainnya., dan (4) Mengenai soal lrian Barat, penyelesaiannya akan ditunda selama satu tahun.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

324

Fadil ramdani

jawaban yang sangat memuaskan

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Konferensi Meja Bundar setelah ditandatangani Belanda dan Republik Indonesia, maka akibatnya....

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia