Iklan

Iklan

Pertanyaan

Salah satu kebijakan pembangunan di bidang pertanian adalah ditetapkannya intensifikasi pertanian melalui program panca usaha tani. Program tersebut kemudian dikembangkan menjadi program...

Salah satu kebijakan pembangunan di bidang pertanian adalah ditetapkannya intensifikasi pertanian melalui program panca usaha tani. Program tersebut kemudian dikembangkan menjadi program...undefined 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

program Saptausaha Tani merupakan pengembangan dari Pancausaha Tani.Sapta usaha tani merupakan sebuah semboyan untuk mewujudkan Indonesia yang swasembada di bidang pertanian. Pertama kali semboyan ini dicanangkan oleh Presiden Soeharto dengan bunyi Panca Usaha Tani. Semboyan ini menjadikan para petani dituntut untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan penjualan yang optimal.

program Saptausaha Tani merupakan pengembangan dari Pancausaha Tani. Sapta usaha tani merupakan sebuah semboyan untuk mewujudkan Indonesia yang swasembada di bidang pertanian. Pertama kali semboyan ini dicanangkan oleh Presiden Soeharto dengan bunyi Panca Usaha Tani. Semboyan ini menjadikan para petani dituntut untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan penjualan yang optimal.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Intensifikasi pertanian pada masa orde baru yang tertuang dalam program Pancausaha Tani terus dikembangkan sehingga menjadi program Saptausaha Tani. Program ini dilaksanakan melalui beberapa kegiatan berikut: Pengolahan tanah yang baik; Pengairan yang teratur; Pemilihan bibit unggul; Pemupukan; Pemberantasan hama dan penyakit tanaman; pengolahan pascapanen; pemasaran hasil pertanian. Dengan demikian, program Saptausaha Tani merupakan pengembangan dari Pancausaha Tani.Sapta usaha tani merupakan sebuah semboyan untuk mewujudkan Indonesia yang swasembada di bidang pertanian. Pertama kali semboyan ini dicanangkan oleh Presiden Soeharto dengan bunyi Panca Usaha Tani. Semboyan ini menjadikan para petani dituntut untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan penjualan yang optimal.

Intensifikasi pertanian pada masa orde baru yang tertuang dalam program Pancausaha Tani terus dikembangkan sehingga menjadi program Saptausaha Tani. Program ini dilaksanakan melalui beberapa kegiatan berikut:

  1. Pengolahan tanah yang baik;
  2. Pengairan yang teratur;
  3. Pemilihan bibit unggul;
  4. Pemupukan;
  5. Pemberantasan hama dan penyakit tanaman;
  6. pengolahan pascapanen; 
  7.  pemasaran hasil pertanian.

Dengan demikian, program Saptausaha Tani merupakan pengembangan dari Pancausaha Tani. Sapta usaha tani merupakan sebuah semboyan untuk mewujudkan Indonesia yang swasembada di bidang pertanian. Pertama kali semboyan ini dicanangkan oleh Presiden Soeharto dengan bunyi Panca Usaha Tani. Semboyan ini menjadikan para petani dituntut untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan penjualan yang optimal.

Latihan Bab

Revolusi Hijau

Teknologi Transportasi

Teknologi Kedirgantaraan

Teknologi Komunikasi & Informasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

455

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Penggunaan pupuk kimia merupakan salah satu program Panca Usaha Tani. Dampak penggunaan pupuk kimia terhadap pertanian di Indonesia adalah ...

939

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia