Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dibawah ini merupakan kriteria dan benih unggul pertanian, kecuali….

Dibawah ini merupakan kriteria dan benih unggul pertanian, kecuali….

  1. Umur tanaman panjang/lama

  2. Cepat panen

  3. Tahan terhadap segala hama penyakit

  4. Cepat tumbuh

  5. Hasilnya banyak

Iklan

F. Rihatusholihah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pada tahun 1970-1980 pemerintah melakukan investasi besar-besaran dalam sector pertaniian, yaitu dengan melakukan program revolusi hijau. Revolusi hijau merupakan suatu proses peningkatan produksi pertanian dengan mengubah cara produksi yang sebelumnya mengandalkan tenaga manusia dan hewan menjadi tenaga mesin atau mekanisasi. Tujuan revolusi hijau ialah untuk mengembangkan dan memodernisasi pertanian dengan tujuan meningkatkan produksi pertanian Indonesia Salah satu program dari revolusi hijau ialah intensfikasi pertanian, intensfikasi pertanian itu adalah meningkatkan produktifitas tani baik secara kualitas dan kuantitas dengan cara memanfaatkan pengolahan tanah secara maksimal tanpa harus membuka lahan baru , nah program ini diterapkan melalui panca usaha tani, salah satu program dalam Panca Usaha Tani ialah penggunaan bibit unggul sebagai bahan tanam yang berkualitas Lalu bagaimana ya kriteria bibit unggul yang baik buat tanaman ? Bibit unggul yang bagus apabila tanaman tesebut tidak mudah mati, artinya usia tanman lama. Tahan terhadap segala hama penyakit, jadi tanamannya kuat dan tidak mati walaupun di pindahkan dari satu tempat ke tempat lain, karena perpindahan tempat atau cuaca berpengaruh terhadap ketahanan tanman terhadap hama. Cepat tumbuh, jadi tanaman tersebut nantinya tumbuh dan berkembang biak serempak apabila di tanam bersamaan. Hasilnya banyak, hasil buah tanaman tersebut banyak di banding pada jenis tanaman tersebut biasanya, selain itu dari kualitas lebih bagus. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.

Pada tahun 1970-1980 pemerintah melakukan investasi besar-besaran dalam sector pertaniian, yaitu dengan melakukan program revolusi hijau. Revolusi hijau merupakan suatu proses peningkatan produksi pertanian dengan mengubah cara produksi yang sebelumnya mengandalkan tenaga manusia dan hewan menjadi tenaga mesin atau mekanisasi. Tujuan revolusi hijau ialah untuk mengembangkan dan memodernisasi pertanian dengan tujuan meningkatkan produksi pertanian Indonesia

Salah satu program dari revolusi hijau ialah intensfikasi pertanian, intensfikasi pertanian itu adalah meningkatkan produktifitas tani baik secara kualitas dan kuantitas dengan cara memanfaatkan pengolahan tanah secara maksimal tanpa harus membuka lahan baru , nah program ini diterapkan melalui panca usaha tani, salah satu program dalam Panca Usaha Tani ialah penggunaan bibit unggul sebagai bahan tanam yang berkualitas

Lalu bagaimana ya kriteria bibit unggul yang baik buat tanaman ?

  1. Bibit unggul yang bagus apabila tanaman tesebut tidak mudah mati, artinya usia tanman lama.
  2. Tahan terhadap segala hama penyakit, jadi tanamannya kuat dan tidak mati walaupun di pindahkan dari satu tempat ke tempat lain, karena perpindahan tempat atau cuaca berpengaruh terhadap ketahanan tanman terhadap hama.
  3. Cepat tumbuh, jadi tanaman tersebut nantinya tumbuh dan berkembang biak serempak apabila di tanam bersamaan.
  4. Hasilnya banyak, hasil buah tanaman tersebut banyak di banding pada jenis tanaman tersebut biasanya, selain itu dari kualitas lebih bagus.

 

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.

Latihan Bab

Revolusi Hijau

Teknologi Transportasi

Teknologi Kedirgantaraan

Teknologi Komunikasi & Informasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam pelaksanaan Revolusi Hijau di Indonesia, mengapa metode intensifikasi pertanian dianggap paling tepat untuk meningkatkan produksi pertanian?

815

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia