Roboguru

Dalam pelaksanaan Revolusi Hijau di Indonesia, mengapa metode intensifikasi pertanian dianggap paling tepat untuk meningkatkan produksi pertanian?

Pertanyaan

Dalam pelaksanaan Revolusi Hijau di Indonesia, mengapa metode intensifikasi pertanian dianggap paling tepat untuk meningkatkan produksi pertanian? 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau merupakan upaya peningkatan hasil produksi dari yang tadinya menggunakan tenaga manusia atau hewan kemudian diubah menggunakan tenaga mesin atau mekanisasi. Dalam perkembangannya, Revolusi Hijau diterapkan di sejumlah kawasan atau negara-negara berkembang, tak terkecuali di Indonesia. Revolusi Hijau di Indonesia ditandai dengan ekstensifikasi dan intensifikasi pertanian. Ekstensifikasi dilakukan dengan perluasan lahan pertanian. Sedangkan intensifikasi dilakukan dengan Panca Usaha Tani, yakni pengolahan lahan, irigasi, pemupukan, pemberantasan hama, dan penggunaan bibit unggul. Dalam perkembangannya, program intesifikasi pertanian lebih tepat diterapkan di Indonesia karena memanfaatkan pengolahan tanah secara maksimal tanpa harus membuka lahan baru.

Dengan demikian, metode intensifikasi dianggap paling tepat karena memanfaatkan pengolahan tanah secara maksimal. Pemanfaatan tersebut dilakukan dengan program Panca Usaha Tani.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dibawah ini merupakan kriteria dan benih unggul pertanian, kecuali….

Pembahasan Soal:

Intensifikasi merupakan salah satu upaya meningkatkan produktivitas pertanian pada masa Revolusi Hijau. Dalam upaya ini, terdapat beberapa program yang dikenal dengan Panca Usaha Tani, salah satu programnya adalah pemilihan bibit unggul. Dalam pemilihan bibit unggul pertanian terdapat beberapa kriteria, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Cepat panen.
  2. Tahan terhadap hama.
  3. Cepat timbuh.
  4. Hasilnya banyak.

Sehingga yang tidak termasuk kriteria benih unggul pertanian adalah umur panjang/lama.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Intensifikasi pertanian dilakukan dengan program Pancausaha Tani. Program Pancausaha Tani meliputi ....

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau merupakan upaya peningkatan hasil produksi dari yang tadinya menggunakan tenaga manusia atau hewan kemudian diubah menggunakan tenaga mesin atau mekanisasi. Dalam perkembangannya, Revolusi Hijau diterapkan di sejumlah kawasan atau negara-negara berkembang, tak terkecuali di Indonesia. Revolusi Hijau di Indonesia ditandai dengan ekstensifikasi dan intensifikasi pertanian. Ekstensifikasi dilakukan dengan perluasan lahan pertanian. Sedangkan ekstensifikasi dilakukan dengan Panca Usaha Tani, yakni pengolahan lahan, irigasi, pemupukan, pemberantasan hama, dan penggunaan bibit unggul.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B. 

0

Roboguru

Salah satu kebijakan pembangunan di bidang pertanian adalah ditetapkannya intensifikasi pertanian melalui program panca usaha tani. Program tersebut kemudian dikembangkan menjadi program...

Pembahasan Soal:

Intensifikasi pertanian pada masa orde baru yang tertuang dalam program Pancausaha Tani terus dikembangkan sehingga menjadi program Saptausaha Tani. Program ini dilaksanakan melalui beberapa kegiatan berikut:

  1. Pengolahan tanah yang baik;
  2. Pengairan yang teratur;
  3. Pemilihan bibit unggul;
  4. Pemupukan;
  5. Pemberantasan hama dan penyakit tanaman;
  6. pengolahan pascapanen; 
  7.  pemasaran hasil pertanian.

Dengan demikian, program Saptausaha Tani merupakan pengembangan dari Pancausaha Tani. Sapta usaha tani merupakan sebuah semboyan untuk mewujudkan Indonesia yang swasembada di bidang pertanian. Pertama kali semboyan ini dicanangkan oleh Presiden Soeharto dengan bunyi Panca Usaha Tani. Semboyan ini menjadikan para petani dituntut untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan penjualan yang optimal.

0

Roboguru

Pada 1984 Indonesia berhasil mencapai swasembada beras. Keberhasilan ini tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh pemerintah Orde Baru melalui program . . . .

Pembahasan Soal:

Pelaksanaan Revolusi Hijau dilakukan pada masa Presiden Suharto, melalui berbagai upaya peningkatan produksi pertanian, seperti intensifikasi, diversifikasi, ekstensifikasi, dan rehabilitasi pertanian. Pada 1984, akhirnya Indonesia berhasil mencapai swasembada beras. Keberhasilan ini tak lepas dari pelaksanaan program Intensifikasi Pertanian atau yang dikenal dengan Panca Usaha Tani. Kegiatan-kegiatan dalam Panca Usaha Tani meliputi pengolahan tanah, penggunaan bibit unggul, pemupukan tepat berimbang, pengendalian hama penyakit dan pengairan yang baik. 

Dengan demikian keberhasilan Indonesia mencapai swasembada beras dilakukan melalui program Intensifikasi Pertanian atau Panca Usaha Tani.

0

Roboguru

Penggunaan pupuk kimia merupakan salah satu program Panca Usaha Tani. Dampak penggunaan pupuk kimia terhadap pertanian di Indonesia adalah ...

Pembahasan Soal:

Pada masa revolusi hijau di Indonesia, dikenal dengan adanya Panca Usaha Tani yang dimana salah satu programnya adalah penggunaan pupuk kimia. Penggunaan pupuk kimia ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas tanah, akan tetapi terdapat dampak negatif yang dihasilkan dalam penggunaan pupuk kimia ini. Penggunaan pupuk kimia jika dilakukan secara berlebihan, dapat menimbulkan dampak yang justru merusak kesuburan tanah itu sendiri dan bukan menjadikannya subur. Pupuk kimia adalah pupuk yang dibuat oleh pabrik-pabrik pupuk dengan meramu bahan-bahan kimia anorganik berkadar hara tinggi, sehingga menyebabkan kualitias dari hasil pertanian menurun.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved