Roboguru

Salah satu faktor penyebab keruntuhan Mesir Kuno pada tahun 1800 SM adalah ....

Pertanyaan

Salah satu faktor penyebab keruntuhan Mesir Kuno pada tahun 1800 SM adalah .... 

  1. perpecahan dalam kerajaan undefined

  2. perebutan kekuasaan undefined

  3. serangan bangsa Mongol undefined

  4. perang saudara undefined

  5. tidak ada figur Firaun/Ramses yang berpengaruh undefined

Pembahasan Soal:

Peradaban Mesir Kuno merupakan peradaban yang mendiami lembah Sungai Nil sejak tahun 4000 SM. Dinamika politik peradaban Mesir Kuno terbagi menjadi tiga, yakni Mesir Awal, Mesir Pertengahan, dan Mesir Baru. Pada tahun 1800 SM, peradaban Mesir Kuno mengalami kemuduran akibat serangan dari bangsa Hyksos. Dalam perkembangan selanjutnya, peradaban Mesir Kuno mengalami keruntuhan yang diakibatkan oleh sejumlah faktor, mulai dari konflik internal kerajaan, serangan dari bangsa luar, hingga bencana alam yang melanda.

Oleh karena itu, peradaban Mesir Kuno tahun 1800 SM mengalami keruntuhan akibat dari serangan bangsa Hyksos yang dalam perkembangannya ditambah dengan konflik internal kerajaan hingga bencana alam yang melanda. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut ini !   Source : https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fen.wikipedia.org%2Fwiki%2FAncient_Egyptian_cuisine&psig=AOvVaw3xSc1ro1eUed_PympgxSnE&ust=158330841659000...

Pembahasan Soal:

Gambar diatas adalah gambar dari petani pada masa peradaban Mesir, petani pada peradaban Mesir merupakan golongan terbesar yang bekerja di tanah milik Firaun dan para bangsawan. Para petani diberikan rumah, makan dan pakaian sebagai imbalannya. Bangsawan menerapkan sistem sewa tanah kepada para petani dengan melakukan pembayaran berupa bagian dari hasil panen.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini ! menandai masa-masa bercocok tanam menggunakan rasi bintang tertentu menggunakan sistem kalender untuk masa tanam mengembangkan sistem perhitungan matematika me...

Pembahasan Soal:

Keunggulan dari peninggalan peradaban Mesir, sudah mampu menandai masa-masa bercocok tanam menggunakan rasi bintang tertentu dengan demikian mereka juga sudah mampu menggunakan sistem kalender untuk masa tanam, mengembangkan sistem perhitungan matematika melalui pembangunan piramida yang sangat rumit yang bahkan sampai sekarang para ilmuwan tetap memecahkan rumus matematika untuk pembangunan piramida dan mampu menghitung diameter lingkaran, isi silinder dan konsep geometri.

0

Roboguru

Bentuk aktivitas yang dilakukan oleh Bangsa Mesir kuno untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari adalah….

Pembahasan Soal:

Sungai Nil membuat lembah di sekitarnya menjadi subur. Tanah yang subur kemudian mendorong masyarakat Mesir untuk bertani. Kemudian, air Sungai Nil juga dimanfaatkan untuk sistem irigasi. Pembangunan saluran air, yang berfungsi untuk menyalurkan air ke ladang-ladang milik penduduk. Hasil pertanian penduduk Mesir kuno adalah gandum, sekoi atau jawawut, dan jelai padi-padian yang biji atau buahnya keras seperti jagung.

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan bentuk dari kepercayaan masyarakat Mesir kuno terhadap Dewa-Dewi adalah….

Pembahasan Soal:

Kepercayaan terhadap kekuatan lain diluar kekuatan manusia dan kepercayaan terhadap kekuatan gaib merupakan kepercayaan yang terus menerus dipegang oleh masyarakat Mesir kuno. Kuil-kuil dibangun dan diisi berbagai patung dewa-dewi yang digunakan sebagai tempat meminta pertolongan bagi masyarakat Mesir kuno. Masyarakat Mesir kuno memiliki kepercayaan bahwa dewa-dewi harus diberikan sesaji yang berguna untuk mencegah amarah mereka yang akan merugikan masyarakat Mesir kuno.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan dibawah ini ! membangun banyak kuil-kuil megah dan mendirikan patung dan obelisk memimpin tentara untuk melawan bangsa Het dari Asia Kecil menandatangani perjanjian damai Ka...

Pembahasan Soal:

Ramses II atau yang dikenal dengan Ramses Agung menjadi raja pada 1279 SM yang memiliki keunggulan dengan membangun banyak kuil, mendirikan patung-patung dan obelisk dan melalui anaknya menjadi pemimpin dalam melakukan ekspedisi militer untuk melawan bangsa Het yang berasal dari Asia Kecil dalam pertempuran Kadesh pada 1274 SM, melalui pertempuran ini diadakan perjanjian yang kemudian dikenal dengan perjanjian damai Kadesh pada tahun 1274 SM yang merupakan perjanjian tertua di dunia.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved