Roboguru

Sebutkan 5 hasil peradaban kuno yang masih kita nikmati hingga saat ini...

Pertanyaan

Sebutkan 5 hasil peradaban kuno yang masih kita nikmati hingga saat ini...

Pembahasan Soal:

Peradaban berasal dari bahasa Latin, yaitu civitas yang artinya kota. Dalam bahasa Inggris, diistilahkan dengan civilization. Peradaban awal atau kuno adalah sebutan untuk suatu tingkat kebudayaan yang sudah tinggi dari bangsa-bangsa yang ada di dunia pada masa sebelum Masehi. Setidaknya ada 8 peradaban kuno yang berkembang di dunia, seperti peradaban Mesopotamia, Mesir Kuno, India Kuno, Tiongkok Kuno, Yunani Kuno, Romawi, Maya, Aztec dan Inca. Tentunya setiap perdaban memiliki ciri khas peninggalannya masing-masing. Berikut ini merupakan hasil peradaban kuno yang masih kita nikmati hingga saat ini :

  1. Teknologi pembuatan kaca,
    Teknologi pembuatan kaca sudah ditemukan pada masa peradaban Mesoopotamia sekitar 3500 SM. Namun teknologi pembuatan kaca ini disempurnakan pada masa peradaban Mesir Kuno di tahun 1500 SM. Hal ini merujuk pada ditemukannya kaca multi-warna pertama dan bejana yang dibuat dari batu semi-mulia.
  2. Tinta hitam,
    Tinta hitam yang digunakan untuk menulis ditemukan pada tahun 2500 SM. Tinta ini diciptakan oleh bangsa Mesir Kuno. Diketahui bahwa pigmen utama dari tinta hitam itu berasal dari jenis karbon khusus. Tinta ini dibuat dengan membakar tar dan minyak sayur. Lalu, direkatkan dengan zat seperti lem sebagai bahan pengikat. Setelah tinta hitam jadi, tinta ini digunakan untuk menulis di lembaran papirus.
  3. Papirus,
    Papirus atau papyrus merupakan cikal bakal kertas yang digunakan pada zaman modern. Istilah Papyrus berasal dari nama sejenis tanaman air yang hidup di sepanjang Sungai Nil, yakni Papyrus Cypercus. Daun-daun dari tanaman ini identik dengan rambut terurai, dahan atau tangkainya dapat tumbuh 3 hingga 5 meter. Semenjak awal tahun 3000 SM masyarakat Mesir telah menggunakan lembaran Papirus untuk berbagai hal seperti kertas untuk menulis, keranjang, tikar, tali, dan sandal. Dahan atau batang Papirus pun dapat dianyam menjadi lembaran yang digunakan untuk berbagai keperluan. Kualitas kertas Papirus memiliki daya tahan yang sangat tinggi karena ternyata masih utuh saat diketemukan 5000 tahun kemudian.
  4. Kunci
    Bukti kunci tertua diketahui berasal dari reruntuhan komplek tata ruang Mesir Kuno, sekitar 2000 tahun SM. Tentu saja, bentuknya tak modern seperti kunci di era sekarang. Meski pun begitu, elemen dasar dari desain kunci tetap digunakan sampai sekarang. Tentunya, dengan berbagai modifikasi dan perubahan untuk meningkatkan keamanan. Kunci adalah penemuan bangsa Mesir Kuno yang penting dan digunakan untuk tempat-tempat bernilai tinggi, seperti istana kerajaan atau bangunan keagamaan.
  5. Jam
    Masyarakat Mesir kuno telah mengajarkan dunia mengenai pentingnya waktu. Untuk itu mereka telah menemukan jam yang pada saat itu mereka menggunakan dua jenis jam, yakni jam matahari dan jam air. Jam matahari dibuat dengan bentuk obelisk (tiang) yang dipancangkan di atas tanah. Mereka lantas mengamati pergerakan dari bayangan obelisk itu dan kemudian membaginya menjadi beberapa zona waktu. Namun kelemahan jam matahari ini hanya dapat digunakan pada siang hari saja dan tidak bisa digunakan pada malam hari. Untuk itu ditemukanlah jam air yang didesain berbentuk sebuah wadah dengan lubang kecil di bagian bawahnya sebagai pintu menetesnya air secara konstan. Wadah tersebut diberi tanda yang menunjukkan tingkat perubahan ketinggian air sekaligus untuk menunjukkan waktu. Nantinya jam ini berkembang pula menjadi jam mekanik pada masa peradaban Tiongkok Kuno. Dibuat oleh seorang biksu Budha bernama Yi Xing dengan memanfaatkan tetesan air yang membuat roda besi berputar. Satu putaran roda mengindikasikan waktu 24 jam. 100 tahun kemudian pada tahun 1092, Su Song membuat jam kosmik yang lebih modern dan menunjuk waktu dengan lebih akurat. Temuan ini 200 tahun lebih awal daripada temuan jam mekanik di Eropa. 

Dengan demikian, itu lah beberapa contoh peradaban kuno yang masih bisa kita nikmati hingga saat ini, seperti kaca, tinta, papirus sebagai cikal bakal kertas, kunci dan jam.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 05 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved