Roboguru

Salah satu ancaman disintegrasi bangsa yang terjadi pada awal kemerdekaan adalah pem­berontakan PKI di Madiun. Pemberontakan yang terjadi pada 1948 irii bertujuan....

Pertanyaan

Salah satu ancaman disintegrasi bangsa yang terjadi pada awal kemerdekaan adalah pem­berontakan PKI di Madiun. Pemberontakan yang terjadi pada 1948 irii bertujuan....space space

  1. membela kepentingan takyat Madiun yang menderitaundefined

  2. membentuk pemerintahan berideologi komunisundefined

  3. membentuk pemerintahan yang demokratisundefined

  4. mendirikan  negara militer di  Jawa Timurundefined

  5. mengusir bangsa Belanda di Jawa Timurundefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pada masa awal kemerdekaan, bangsa Indonesia dihadapkan pada banyak ancaman disintegrasi bangsa. Ancaman disintegrasi tersebut salah satunya adalah peristiwa pemberontakan PKI Madiun pada tahun 1948.  Pemberontakan PKI madiun merupakan pemberontakan yang dilatarbelakangi oleh perbedaan ideologi yaitu ideologi komunisme. Ancaman komunisme pada 1948 didorong oleh perubahan perjuangan komunisme internasional dari Garis Dimitrov yang koperatif dengan kaum kapitalis berubah menjadi Garis Zhdanov yang menentang kaum kapitalis. Pada saat itu Musso yang baru kembali dari Soviet menyebarkan Paham Zhdanov dan melakukan pemberontakan. Sejak merdeka sampai awal tahun 1948, PKI masih bersikap mendukung pemerintah, yang kebetulan memang dikuasai oleh golongan kiri. Namun ketika golongan kiri terlempar dari pemerintahan, PKI menjadi partai oposisi dan bergabung dengan partai serta organisasi kiri lainnya dalam Front Demokrasi Rakyat (FDR). PKI memiliki cita-cita ingin menjadikan Indonesia sebagai negara komunis. Karena tidak terwujud, PKI kemudian melakukan pemberontakan pada September 1948 yang dikenal dengan Pemberontakan PKI Madiun.

Dengan demikian jawaban yang paling tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam melakukan aksi pemberontakan, kelompok PKI di Madiun melancarkan hal berikut ....

Pembahasan Soal:

Pemberontakan yang terjadi di Madiun pada tahun 1948 dipelopori oleh PKI. Pemberontakan ini diawali dengan proklamasi berdirinya Negara Republik Soviet Indonesia di Madiun. Proklamasi ini dilaksanakan pada tanggal 18 September 1948. Kemudian dibentuklah Pemerintahan Front Nasional Daerah Madiun dengan Musso bertindak langsung sebagai presidennya dan Amir Syarifuddin sebagai perdana menterinya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Berikut adalah upaya yang dilakukan kelompok PKI Madiun dalam aksi pemberontakan mereka pada tahun 1948 ....

Pembahasan Soal:

Pemberontakan yang terjadi di Madiun pada tahun 1948 dipelopori oleh PKI. Pemberontakan ini terjadi diawali dengan proklamasi berdirinya Negara Republik Soviet Indonesia di Madiun. Proklamasi ini dilaksanakan pada tanggal 18 September 1948. Kemudian dibentuklah Pemerintahan Front Nasional Daerah Madiun dengan Musso bertindak langsung sebagai presidennya dan Amir Syarifuddin sebagai perdana menterinya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan teks berikut! PADA 11 Agustus 1948, Soeripno tiba di Yogyakarta untuk menyerahkan teks perjanjian dan menjelaskan tentang perjanjian yang dilakukannya dengan Uni Soviet seputar tukar-menuk...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan teks di atas, dapat disimpulkan bahwa penyebab kegagalan kelompok komunis dalam aksi pemberontakan di Madiun tahun 1948 karena tidak adanya dukungan rakyat. Hal ini terdapat di paragraf kedelapan yang menyatakan bahwa upaya kelompok komunis di Madiun gagal total. Penyebab utamanya: tak adanya dukungan rakyat. Pilihan Sukarno atau Musso dimenangi Sukarno. Jadi pemberontakan yang dilancarkan dan kelompok komunisnya gagal dilakukan secara sepihak tanpa dukungan dari rakyat. Sehingga mudah saja bagi pemerintah untuk mematahkan perlawanan yang mereka lakukan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Pemberontakan PKI di Madiun tahun 1948 dipicu oleh adanya motif untuk mendirikan ....

Pembahasan Soal:

Pecahnya pemberontakan PKI di Madiun 18 September 1948 yang digerakkan oleh Musso dan Amir Syarifuddin bertujuan untuk untuk mendirikan Negara Republik Soviet Indonesia. Artinya, pemberontakan tersebut bertujuan untuk menjadikan negara Indonesia yang sebelumnya berideologikan Pancasila berganti ideologi menjadi komunis dengan menginduk kepada Uni Soviet. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Pemberontakan PKI di Madiun dipicu oleh adanya kesepakatan dalam ....

Pembahasan Soal:

Peristiwa pemberontakan yang dilakukan oleh PKI di Madiun  dilatarbelakangi oleh adanya kesepakatan dalam perjanjian Renville, di mana Negara Indonesia berada dalam posisi yang sangat dirugikan. Pihak-pihak yang merasa tersingkir akibat Perjanjian Renville kemudian melakukan aksi-aksi separatis dengan melakukan pemberontakan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved