Roboguru

Ancaman ideologi terhadap Pancasila yang pernah terjadi dalam sejarah bangsa Indonesia adalah ....

Pertanyaan

Ancaman ideologi terhadap Pancasila yang pernah terjadi dalam sejarah bangsa Indonesia adalah ....

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Ideologi Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia seringkali mengalami ancaman untuk diganti oleh sekelompok kalangan. Ancama besar beberapa kali terjadi pada masa revolusi. Pada saat itu muncul berbagai pemberontakan yang berusaha mengganti ideologi pancasila, seperti : pemberontakan PKI Madiun (berusaha mengganti ideologi pancasila menjadi ideologi komunis) dan pemberontakan DI/TII (berusaha mengganti ideologi pancasila menjadi ideologi Islam). Pemberontakan besar untuk menganti ideologi pancasila kembali terjadi di tahun 1965 dengan terjadinya pemberontakan G30S/PKI. Atas pemberontakan tersebut, pada saat ini paham komunis menjadi paham yang dilarang di Indonesia.

Dengan demikian, ancaman ideologi terhadap pancasila beberapa kali terjadi di Indonesia terutama untuk mengganti menjadi ideologi komunis dan Islam.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mar'Atus

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sejak Juni 1948 para tokoh PKI mengerahkan massa untuk melancarkan aksi sepihak di daerah Surakarta, Kediri, dan Purwodadi. Tokoh-tokoh tersebut mengarahkan agar massa PKI ...

Pembahasan Soal:

Pada masa revolusi, PKI menjadi salah satu kekuatan politik yang berpengaruh dalam pemerintahan Republik Indonesia. Sejak Juni 1948 PKI mulai melancarkan aksi sepihak di daerah Surakarta, Kediri, dan Purwodadi. Aksi sepihak PKI tersebut didalangi oleh Muso, Amir Sjarifuddin, dan M.H. Lukman. Mereka mengerahkan massa PKI untuk melakukan pemogokan dan penculikan terhadap lawan-lawan politik PKI. 

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.

6

Roboguru

Perhatikan keterangan-keterangan berikut! Pemberontakan terjadi pada tanggal 18 September 1948. Untuk menghadapi pemberontakan, pemerintah bertindak tegas, Presiden Soekarno memberikan pilihan kep...

Pembahasan Soal:

Pemberontakan yang dimaksud adalah pemberontakan PKI Madiun. Pemberontakan ini terjadi di Madiun pada tanggal 18 September 1948. Untuk menghadapi pemberontakan, pemerintah bertindak tegas, Presiden Soekarno memberikan pilihan kepada rakyat ikut Muso dengan PKI-nya atau ikut Soekarno-Hatta.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Kemukakan tujuan pemberontakan PKI Madiun 1948!

Pembahasan Soal:

Tujuan pemberontakan PKI di Madiun adalah untuk mendrikan negara Soviet Indonesia dengan  melemahakan posisi NKRI dengan menghasut masyarakat untuk melakukan pemberontakan terhadap NKRI dikarenakan tidak puas perjanjian Linggarjati.. Musso seorang warga negara Indonesia datang dari Moskow datang ke Indonesia. Musso menawarkan konsep politik 'Jalan Baru'. Dalam politik 'Jalan Baru' milik Musso, partai kelas buruh menjadi satu. Hasilnya, Partai Buruh Indonesia dan Partai Sosialis berada di bawah satu payung PKI. Fusi ini direncanakan untuk memimpin revolusi untuk mendirikan pemerintahan front nasional. Ia juga menyerukan kerjasama internasional, terutama dengan Uni Soviet untuk mematahkan blokade Belanda. Bersama sejumlah pemimpin PKI, Musso bersafari ke daerah-daerah di Jawa, yaitu Solo, Madiun, Kediri, Jombang, Bojonegoro, Cepu, Purwodadi, dan Wonosobo  untuk mencari dukungan melemhakan pemerintah NKRI. Pemerintah Soekarno tdak tinggal diam dan  mengirim ultimatum dengan mengirim Kolonel Gatot Subroto ke Surakarta. Gatot Subroto mengultimatum pihak-pihak yang terlibat untuk berhenti selambatnya 20 September. Mereka yang membangkang akan dianggap sebagai pemberontak.

Dengan demikian tujuan pemberontakan PKI Madiun adalah untuk mendirikan negara Soviet Indonesia.

1

Roboguru

No Nama Pemberontakan Tokoh penggerak Penyebab Upaya penyelesaian Dampak 1. PKI Madiun

Pembahasan Soal:

Jadi, peritiwa PKI Madiun diawali karena kekecewaan Perjanjian Renville yang dipimpin oleh Amir Sjafiruddin dan Musso. Untuk penumpaskan gerakan ini dilakukan 20 September 1948 dengan menangkap Amir Sjafiruddin dan menembak Musso dalam pengejaran. Dampak atas gerakan ini adalah melemehnya kekuataan milliter yang saat itu sedang mengahadapi Agresi Millter Belanda.

1

Roboguru

Salah satu ancaman disintegrasi bangsa yang terjadi pada awal kemerdekaan adalah pem­berontakan PKI di Madiun. Pemberontakan yang terjadi pada 1948 irii bertujuan....

Pembahasan Soal:

Pada masa awal kemerdekaan, bangsa Indonesia dihadapkan pada banyak ancaman disintegrasi bangsa. Ancaman disintegrasi tersebut salah satunya adalah peristiwa pemberontakan PKI Madiun pada tahun 1948.  Pemberontakan PKI madiun merupakan pemberontakan yang dilatarbelakangi oleh perbedaan ideologi yaitu ideologi komunisme. Ancaman komunisme pada 1948 didorong oleh perubahan perjuangan komunisme internasional dari Garis Dimitrov yang koperatif dengan kaum kapitalis berubah menjadi Garis Zhdanov yang menentang kaum kapitalis. Pada saat itu Musso yang baru kembali dari Soviet menyebarkan Paham Zhdanov dan melakukan pemberontakan. Sejak merdeka sampai awal tahun 1948, PKI masih bersikap mendukung pemerintah, yang kebetulan memang dikuasai oleh golongan kiri. Namun ketika golongan kiri terlempar dari pemerintahan, PKI menjadi partai oposisi dan bergabung dengan partai serta organisasi kiri lainnya dalam Front Demokrasi Rakyat (FDR). PKI memiliki cita-cita ingin menjadikan Indonesia sebagai negara komunis. Karena tidak terwujud, PKI kemudian melakukan pemberontakan pada September 1948 yang dikenal dengan Pemberontakan PKI Madiun.

Dengan demikian jawaban yang paling tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved