Roboguru

Tuliskan 2 pemberontakan yang terjadi di Indonesia!

Pertanyaan

Tuliskan 2 pemberontakan yang terjadi di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Berikut ini pemberontakan yang terjadi di Indonesia:

  1. Pemberontakan PKI. Latar belakang terjadinya gerakan PKI yaitu kekhawatiran AS terhadap jatuhnya Indonesia ketangan komunis, isu kurang sehatnya Soekarno, ketidakpuasan sejumlah tokoh militer terhadap dewan jenderal yang berkuasa di jajaran militer tertinggi yang mengakibatkan terhambatnya naik jabatan. Gerakan 30 S PKI ditandai dengan usaha penculikan dan pembunuhan terhadap tujuh perwira tinggi militer yaitu Jenderal A.H Nasution, Letnan Jenderal Ahmad Yani, Mayor Jenderal R Suprapto, Mayor Jenderal Haryono Mas tirtodarmo, Mayor Jenderal Suwondo Parman, Brigadir Jenderal Donald izacus Panjaitan dan Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomiharjo. Akibat gerakan 30 S PKI menteri atau Panglima Angkatan Darat tidak dapat menjalankan tugasnya. Operasi penumpasan terhadap G 30 S PKI dimulai pada tanggal 1 Oktober 1965 pukul 19.00 pada saat itu resimen para komando angkatan darat yang sekarang bernama Kopassus di yang di bawah pimpinan Kolonel Sarwo Edhie Wibowo berhasil merebut kembali studio RRI pusat dan kantor pusat telekomunikasi.
  2. Pemberontakan Andi Aziz. Pemberontakan Andi Azis di Makassar pada tahun 1950 merupakan salah satu pergolakan lokal yang dialami oleh bangsa Indonesia pada masa-masa awal kemerdekaan. Pemberontakan tersebut terjadi di Sulawesi Selatan di bawah pimpinan Kapten Andi Aziz pada tahun 1950. Latar belakang terjadinya pemberontakan ini disebabkan karena adanya penolakan terhadap masukan pasukan APRIS dari unsur TNI ke Sulawesi Selatan. Andi Aziz bersama pasukan KNIL menggabungkan diri dengan APRIS pada tanggal 30 Maret 1950. Pada awal bulan April tahun 1950 terdengar berita bahwa pemerintah harus mengirim sekira 900 pasukan TNI dari unsurAPRIS ke Makassar untuk menjaga keamanan pasukan TNI tersebut dipimpin oleh Mayor H V worang. Tujuannya adalah meredakan ketegangan yang sering muncul akibat Demonstrasi yang dilakukan oleh golongan pendukung Federal maupun anti Federal.

Denga demikian, pemberontakan yang terjadi pada awal kemerdekaan Indonesia adalah pemberontakan PKI, pemberontakan Andi Aziz, pemberontakan DI/TII, pemberontakan RMS, pemberontakan APRA.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan tabel berikut ini! Pimpinan DI/TII Daerah .....M.... Aceh

Pembahasan Soal:

Pimpinan DI/TII Daerah
Daud Beureuh Aceh


Pemberontakan DI/TII di wilayah Aceh digerakkan dan dipimpin oleh tokoh Aceh benama Daud Beureuh. Pemberontakan terjadi karena pemerintah saat itu memutuskan untuk menggabungkan wilayah Aceh ke dalam Provinsi Sumatra Utara, dengan alasan untuk mempertahankan provinsi otonomi. Daud Beureueh sempat melakukan penawaran terhadap presiden agar program tersebut tidak direalisasikan. Namun, permintaan Daud Beureuh tersebut tidak disetujui oleh presiden.

Dengan demikian, pemberontakan DI/TII yang terjadi di Aceh dipimpin oleh Daud Beureuh.

Jadi, jawaban sesuai soal yang terdapat dalam tabel yaitu huruf M adalah Daud Beureuh.

 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut!      Perjanjian Renville pada 17 januari 1946 memicu pemberontakan di Jawa Barat yang dipimpin oleh Sekarmadji Marijan Kartosuwiryo. Menurut Anda, benar atau salah per...

Pembahasan Soal:

Pada 17 Januari 1948 pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah Belanda sepakat menandatangani Perjanjian Renville. Perjanjian tersebut menimbulkan beberapa permasalahan bagi pemerintah Republik Indonesia. Salah satu permasalahannya adalah Indonesia harus menarik pasukannya dari daerah kantong gerilya yang berada di dalam garis demarkasi van Mook. Pemerintah Indonesia harus menarik 20.000 pasukan Divisi Siliwangi keluar dari wilayah Jawa Barat menuju Jawa Tengah. Keputusan dalam Perjanjian Renville ditentang oleh mantan anggota Laskar Hizbullah, Sekarmadji Maridjan Kartosuwirjo. Menurut Kartosuwirdjo, keluarnya pasukan Siliwangi dari Jawa Barat sama artinya menyerahkan wilayah Jawa Barat pada Belanda. Oleh karena itu, saat para pemimpin pemerintah dan TNI hijrah ke wilayah Jawa Tengah, Kartosuwirjo memilih tetap tinggal di Jawa Barat bersama para pengikutnya. Pada 7 Agustus 1949 Kartosuwirjo memproklamasikan berdirinya Negara Islam Indonesia (NIl), atau lebih dikenal dengan Darul Islam. Dengan demikian, pernyataan terkait Perjanjian Renville pada 17 Januari 1946 memicu pemberontakan di Jawa Barat yang dipimpin oleh Sekarmadji Marijan Kartosuwiryo adalah benar.space space

0

Roboguru

Untuk menumpas Permesta dilancarkan operasi dengan nama Operasi Merdeka di bawah pimpinan Letnan Kolonel Rukminto Hendraningrat. Operasi Merdeka terdiri dari beberapa bagian. Kemukakan beberapa bagian...

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PRRI/Permesta terjadi pada tahun 1956 di Sumatera Barat. Salah satu latar belakang terjadinya pemberontakan ini adalah ketidakharmonisan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, terutama di daerah Sumatera dan Sulawesi. Untuk menumpas pemberontakan, pemerintah melancarkan operasi militer gabungan yang diberi nama Operasi Merdeka. Adapun beberapa bagian dalam Operasi Merdeka adalah sebagai berikut.

  1. Operasi Saptamarga I dipimpin oleh Letnan Kolonel Sumarsono.
  2. Operasi Saptamarga II dipimpin oleh Letnan Kolonel Agus Prasmanto.
  3. Operasi Saptamarga III dipimpin oleh Letnan Kolonel Magenta.
  4. Operasi Saptamarga IV dipimpin oleh Letnan Kolonel Rukminto Hendraningrat.
  5. Operasi Mena I dipimpin oleh Letnan Kolonel Pieters.
  6. Operasi Mena II dipimpin oleh Letnan Kolonel KKO Hunhulz.

Dengan demikian, Operasi Merdeka terdiri dari 6 bagian dimulai dari Operasi Saptamarga I hingga Operasi Mena II.

0

Roboguru

Negara federal yang ingin dipertahankan oleh Andi Azis dalam pemberontakannya adalah ....

Pembahasan Soal:

Pemberontakan Andi Aziz dilatarbelakangi oleh tuntutannya seputar pasukan yang akan dijadikan tentara APRIS di Negara Indonesia Timur serta kekhawatiran akan adanya sikap diskriminatif ketika pasukan APRIS tiba Negara Indonesia Timur. Maka dari itu, sebagai bentuk reaksi pasukan Andi Aziz melakukan perlawanan dengan tujuan melindungi Negara Indonesia Timur dari kedatangan APRIS.

Dengan demikian negara federal yang Andi Aziz pertahankan adalah Negara Indonesia Timur.

0

Roboguru

Pada 5 April 1950 pasukan Andi Aziz melancarkan pemberontakan terhadap pemerintah Indonesia. Mereka yang tergabung dalam pasukan Andi Aziz menamakan dirinya sebagai ....

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 5 April 1950, Pemerintah Indonesia mengutus pasukan TNI dari Jawa untuk mengamankan daerah Sulawesi Selatan. Tetapi, kedatangan TNI ini dianggap mengancam kelompok masyarakat yang pro federal. Akhirnya, masyarakat yang pro federal ini bergabung di bawah komando Andi Azis dan membentuk pasukan bernama Pasukan Bebas.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved