Roboguru

Salah satu alasan Jerman merasa dirinya diinjak-in...

Salah satu alasan Jerman merasa dirinya diinjak-injak ketika menandatangani perjanjian Versailles adalah karena Jerman selain merasa ditipu, karena menganggap poin-poin klausul dalam perjanjian Versailles seharusnya berdasar dari 14 poin tuntutan Woodrow Wilson, namun pemimpin Inggris dan Perancis tidak setuju dan kemudian merumuskan klausul-klausul yang jauh lebih memberatkan Jerman, dengan harapan ....

  1. Jerman tidak akan muncul kembali sebagai kekuatan yang mengancam kedamaian di Eropa

  2. Inggris dan Perancis mendapatkan keuntungan bagi keuangan negaranya akibat terjadinya perang

  3. Wilayah-wilayah koloni Jerman akan diberikan kepada pihak Inggris dan Perancis

  4. Seluruh industri berat milik Jerman akan dilimpahkan kepada negara pemenang Perang Dunia I

  5. Jerman akan meleburkan diri ke negara Inggris ataupun Perancis

Jawaban:

Perjanjian Versailles (1919) adalah suatu perjanjian damai yang secara resmi mengakhiri Perang Dunia I antara Sekutu dan Kekaisaran Jerman. Setelah enam bulan negosiasi melalui Konferensi Perdamaian Paris, perjanjian ini akhirnya ditandatangani sebagai tindak lanjut dari perlucutan senjata yang ditandatangani pada bulan November 1918 di Compiègne Forest, yang mengakhiri perseteruan sesungguhnya. Salah satu hal paling penting yang dihasilkan oleh perjanjian ini adalah bahwa Jerman menerima tanggung jawab penuh sebagai penyebab peperangan dan, melalui aturan dari pasal 231-247, harus melakukan perbaikan-perbaikan pada negara-negara tertentu yang tergabung dalam Sekutu.

Negosiasi di antara negara-negara sekutu dimulai pada 7 Mei 1919, pada peringatan tenggelamnya RMS Lusitania. Aturan yang diterapkan terhadap Jerman pada perjanjian tersebut antara lain adalah penyerahan sebagian wilayah Jerman kepada beberapa negara tetangganya, pelepasan koloni seberang lautan dan Afrika milik Jerman, serta pembatasan pasukan militer Jerman yang diharapkan dapat menghambat Jerman untuk kembali memulai perang.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved