Roboguru

Dampak Perjanjian Versailles bagi Jerman antara lain….

Pertanyaan

Dampak Perjanjian Versailles bagi Jerman antara lain….

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Perjanjian Versailles (1919) adalah suatu perjanjian damai yang secara resmi mengakhiri Perang Dunia I antara Sekutu dan Kekaisaran Jerman. Perjanjian ini ditandatangani di Istana Versailles, dekat Paris, Prancis, pada 28 Juni 1919. Perjanjian ini dirumuskan oleh para pemimpin Sekutu yang menang perang, yaitu Perdana Menteri Georges Clemenceau dari Perancis, Perdana Menteri Vittorio Emanuele Orlando dari Italia, Perdana Menteri David Lloyd George dari Inggris, dan Presiden Woodrow Wilson dari Amerika Serikat Ketentuan utama Perjanjian Versailles adalah:

  1. Penyerahan semua koloni Jerman (Tanganyika, Togo dan Kamerun di benua Afrika, serta Samoa dan Papua di Samudera Pasifik) sebagai mandat Liga Bangsa-Bangsa.
  2. Kembalinya wilayah Alsace-Lorraine ke Prancis.
  3. Penyerahan wilayah Eupen-Malmedy ke Belgia, Memel ke Lithuania, distrik Hultschin ke Cekoslowakia.
  4. Wilayah Poznania, bagian dari Prusia Timur dan Silesia Atas ke Polandia.
  5. Kota pelabuhan Danzig untuk menjadi negara kota yang merdeka dan lepas dari Jerman;
  6. Plebisit akan diadakan di Schleswig utara untuk menentukan perbatasan Denmark-Jerman.
  7. Pendudukan wilayah industri Saar di bawah kendali Prancis.
  8. Demiliterisasi dan pendudukan Rhineland selama lima belas tahun.
  9. Jerman harus membayar ganti rugi atau reparasi sebesar £ 6.600 miliar.
  10. Larangan terhadap persatuan Jerman dan Austria.
  11. Jerman harus menerima kesalahan sebagai negara yang menyebabkan Perang Dunia I.
  12. Pembatasan tentara angkatan perang Jerman hanya 100.000 orang, tanpa wajib militer, tidak boleh memiliki tank, artileri berat, dan pesawat terbang;
  13. Angkatan Laut Jerman hanya diizinkan memiliki 6 kapal perang dan dibatasi maksimum 6 kapal penjelajah ringan, 12 kapal perusak dan 12 perahu torpedo saja dan dilarang memiliki kapal selam.

Kondisi-kondisi ini sangat berat bagi Jerman, yang harus kehilangan banyak wilayah dan dilumpuhkan secara militer dan ekonomi. Penolakan atas perjanjian ini menyebabkan tumbuhnya ekstremisme dan fasisme di jerman, yang berujung atas berkuasanya Partai Nazi di bawah Adolf Hitler. Partai Nazi ini kemudian melakukan militerisasi, menolak Perjanjian Versailles dan akhirnya menyerang negara tetangganya dalam Perang Dunia II.

Dengan demikian, dampak Perjanjian Versailles bagi Jerman antara lain penyerahan semua koloni Jerman, kota pelabuhan Danzig untuk menjadi negara kota yang merdeka dan lepas dari Jerman dan pembatasan tentara angkatan perang Jerman. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berakhirnya Perang Dunia I ditandai dengan penandatangan perjanjian Jerman dengan pihak sekutu tanggal 11 November 1918 yang disebut perjanjian ...

Pembahasan Soal:

Tanggal 11 November 1918, Sekutu dan Jerman menandatangani perjanjian gencatan senjata di sebuah gerbong kereta api di hutan Compiegne, Prancis. Gencatan senjata itu membawa Perang Dunia I ke titik akhir. Perjanjian tersebut juga menjadi tanda kemenangan Sekutu dan kekalahan mutlak Jerman, meski gencatan senjata itu bukan sebuah pernyataan menyerah. Sebagai tindak lanjut dari perlucutan senjata yang ditandatangani pada bulan November 1918 ini, dibuatlah Perjanjian Versailles. Perjanjian ini merupakan perjanjian damai yang secara resmi mengakhiri Perang Dunia I antara Sekutu dan Kekaisaran Jerman.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Salah satu alasan Jerman merasa dirinya diinjak-injak ketika menandatangani perjanjian Versailles adalah karena Jerman selain merasa ditipu, karena menganggap poin-poin klausul dalam perjanjian Versai...

Pembahasan Soal:

Perjanjian Versailles (1919) adalah suatu perjanjian damai yang secara resmi mengakhiri Perang Dunia I antara Sekutu dan Kekaisaran Jerman. Setelah enam bulan negosiasi melalui Konferensi Perdamaian Paris, perjanjian ini akhirnya ditandatangani sebagai tindak lanjut dari perlucutan senjata yang ditandatangani pada bulan November 1918 di Compiègne Forest, yang mengakhiri perseteruan sesungguhnya. Salah satu hal paling penting yang dihasilkan oleh perjanjian ini adalah bahwa Jerman menerima tanggung jawab penuh sebagai penyebab peperangan dan, melalui aturan dari pasal 231-247, harus melakukan perbaikan-perbaikan pada negara-negara tertentu yang tergabung dalam Sekutu.

Negosiasi di antara negara-negara sekutu dimulai pada 7 Mei 1919, pada peringatan tenggelamnya RMS Lusitania. Aturan yang diterapkan terhadap Jerman pada perjanjian tersebut antara lain adalah penyerahan sebagian wilayah Jerman kepada beberapa negara tetangganya, pelepasan koloni seberang lautan dan Afrika milik Jerman, serta pembatasan pasukan militer Jerman yang diharapkan dapat menghambat Jerman untuk kembali memulai perang.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Bagaimana akhir dari Perang Dunia 1?

Pembahasan Soal:

Perang Dunia I diakhiri dengan kemenangan Triple Entente dan kekalahan Triple Alliance. Penyelesaian Perang Dunia I dilakukan dengan mengadakan perjanjian-perjanjian perdamaian yang diantaranya sebagai berikut: Perjanjian Versailles. Perjanjian ini dilakukan pada tanggal 28 Juni 1919. Isi perjanjian dari Versailles antara lain:

  1. Jerman menyerahkan Elzas-Lotharingen kepada Perancis dan Eupen-Malmedy kepadaBelgia.
  2. Danzig dan sekitarnya menjadi kota merdek di bawah LBB.
  3. Jerman kehilangan semua daerah jajahannya dan diserahkan kepada Inggris. Perancis, dan Jepang.
  4. Jerman membayara ganti kerugian perang sebesar 132 milyar mark emas kepada sekutu.
  5. Angkatan perang Jerman diperkecil (maksimal 100.000 tentara).
  6. Daerah Jerman sebelah barat sungai Rhein diduduki sekutu sebagai jaminan, selama lima belas tahun

Dengan demikian, Perang Dunia I berakhir dengan kemenangan Triple Entente dan kekalahan Triple Alliance yang secara resmi diakhiri lewat Perjanjian Versailles.

0

Roboguru

Perang Dunia I berakhir secara resmi ketika Jerman menyepakati empat belas poin syarat-syarat perdamaian yang diajukan Woodrow Wilson. SEBAB Jerman berharap semua poin tersebut melandasi isi Perjanj...

Pembahasan Soal:

  1. Pernyataan pada soal benar, Perang Dunia I berakhir secara resmi ketika Jerman menyepakati empat belas poin syarat-syarat perdamaian yang diajukan Woodrow Wilson.

Pada 3 Oktober 1918, kanselir baru Jerman, Max von Baden mengirim telegram kepada Presiden AS Woodrow Wilson untuk meminta gencatan senjata sekaligus pembicaraan damai. Sebaga syarat perjanjian damai serta dalam rangka menciptakan stabilitas di Eropa, Wilson mengajukan 14 poin yang harus diterima oleh Jerman. Jerman setuju dan itulah awal dari berakhirnya Perang Dunia I. Pada 11 November 1918, perang secara resmi berakhir.

Alasan pada soal juga benar, Jerman berharap semua poin tersebut melandasi isi Perjanjian Versailles pada 1918.

Jerman berharap perjanjian damai akan didasarkan pada ke-14 poin tersebut. Namun, negosiasi antara Lloyd George dari lnggris, Orlando dari Italia, Clemenceau dari Prancis, clan Woodrow Wilson dari AS pada tahun 1919 menemui jalan buntu. Wilson yakin ke-14 poinnya merupakan satu-sactunya jalan keluar untuk menjamin perdamaian yang abadi. Namun, Prancis menganggap ke-14 poin itu terlalu lunak dan ingin agar negara-negara yang kalah dihukum berat. Tujuannya agar Jerman tidak akan bisa lagi memulai perang lain. Setelah melewati diskusi yang cukup lama, perjanjian akhirnya tercapai. Jerman dipanggil ke Versailles untuk menandatangani perjanjian itu pada 28 Juni 1919, oleh karena itu disebut Perjanjian Versailles. Dalam kenyataannya, perjanjian final itu tidak mirip dengan ke-14 poin Wilson.

Dari penjelasan berikut maka pernyataan benar dan alasan juga benar NAMUN keduanya tidak menunjukan hubungan sebab akibat.

0

Roboguru

Jerman menyatakan menyerah kepada Presiden Amerika, Woodrow Wilson yang kemudian mengajukan 14 tuntutan yang langsung diterima oleh pihak Jerman dan dianggap sebagai tuntutan kepada pihak yang kalah, ...

Pembahasan Soal:

Inggris dan Perancis menganggap 14 poin tuntutan yang diajukan oleh Woodrow Wilson itu terlalu lunak dan ingin agar negara-negara yang kalah perang dihukum berat. Tujuannya agar Jerman tidak akan bisa memulai parang kembali. Untuk itu, pada 28 Juli 1919 Inggris dan Perancis meminta pihak Jerman mentandatangani perjanjian Versailles. Perjanjian Versailles sangat merugikan karena pasal-pasal di dalamnya membuat Jerman tidak dapat lagi menjadi kekuatan besar di dunia. Selain itu, wilayah-wilayah Jerman banyak yang dilucuti dan Jerman pun harus membayar seluruh kerugian perang yang diakibatkan kesalahan Jerman.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved