Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perang Dunia I berakhir secara resmi ketika Jerman menyepakati empat belas poin syarat-syarat perdamaian yang diajukan Woodrow Wilson. SEBAB Jerman berharap semua poin tersebut melandasi isi Perjanjia Versailles pada 1918.

Perang Dunia I berakhir secara resmi ketika Jerman menyepakati empat belas poin syarat-syarat perdamaian yang diajukan Woodrow Wilson.

SEBAB

Jerman berharap semua poin tersebut melandasi isi Perjanjia Versailles pada 1918.

  1. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat

  2. Jika pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat

  3. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah

  4. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah

Iklan

E. Mar'Atus

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan pada soal benar, Perang Dunia I berakhir secara resmi ketika Jerman menyepakati empat belas poin syarat-syarat perdamaian yang diajukan Woodrow Wilson. Pada 3 Oktober 1918, kanselir baru Jerman, Max von Baden mengirim telegram kepada Presiden AS Woodrow Wilson untuk meminta gencatan senjata sekaligus pembicaraan damai. Sebaga syarat perjanjian damai serta dalam rangka menciptakan stabilitas di Eropa, Wilson mengajukan 14 poin yang harus diterima oleh Jerman. Jerman setuju dan itulah awal dari berakhirnya Perang Dunia I. Pada 11 November 1918, perang secara resmi berakhir. Alasan pada soal juga benar, Jerman berharap semua poin tersebut melandasi isi Perjanjian Versailles pada 1918. Jerman berharap perjanjian damai akan didasarkan pada ke-14 poin tersebut. Namun, negosiasi antara Lloyd George dari lnggris, Orlando dari Italia, Clemenceau dari Prancis, clan Woodrow Wilson dari AS pada tahun 1919 menemui jalan buntu. Wilson yakin ke-14 poinnya merupakan satu-sactunya jalan keluar untuk menjamin perdamaian yang abadi. Namun, Prancis menganggap ke-14 poin itu terlalu lunak dan ingin agar negara-negara yang kalah dihukum berat. Tujuannya agar Jerman tidak akan bisa lagi memulai perang lain. Setelah melewati diskusi yang cukup lama, perjanjian akhirnya tercapai. Jerman dipanggil ke Versailles untuk menandatangani perjanjian itu pada 28 Juni 1919, oleh karena itu disebut Perjanjian Versailles. Dalam kenyataannya, perjanjian final itu tidak mirip dengan ke-14 poin Wilson. Dari penjelasan berikut maka pernyataan benar dan alasan juga benar NAMUN keduanya tidak menunjukan hubungan sebab akibat.

  1. Pernyataan pada soal benar, Perang Dunia I berakhir secara resmi ketika Jerman menyepakati empat belas poin syarat-syarat perdamaian yang diajukan Woodrow Wilson.

Pada 3 Oktober 1918, kanselir baru Jerman, Max von Baden mengirim telegram kepada Presiden AS Woodrow Wilson untuk meminta gencatan senjata sekaligus pembicaraan damai. Sebaga syarat perjanjian damai serta dalam rangka menciptakan stabilitas di Eropa, Wilson mengajukan 14 poin yang harus diterima oleh Jerman. Jerman setuju dan itulah awal dari berakhirnya Perang Dunia I. Pada 11 November 1918, perang secara resmi berakhir.

Alasan pada soal juga benar, Jerman berharap semua poin tersebut melandasi isi Perjanjian Versailles pada 1918.

Jerman berharap perjanjian damai akan didasarkan pada ke-14 poin tersebut. Namun, negosiasi antara Lloyd George dari lnggris, Orlando dari Italia, Clemenceau dari Prancis, clan Woodrow Wilson dari AS pada tahun 1919 menemui jalan buntu. Wilson yakin ke-14 poinnya merupakan satu-sactunya jalan keluar untuk menjamin perdamaian yang abadi. Namun, Prancis menganggap ke-14 poin itu terlalu lunak dan ingin agar negara-negara yang kalah dihukum berat. Tujuannya agar Jerman tidak akan bisa lagi memulai perang lain. Setelah melewati diskusi yang cukup lama, perjanjian akhirnya tercapai. Jerman dipanggil ke Versailles untuk menandatangani perjanjian itu pada 28 Juni 1919, oleh karena itu disebut Perjanjian Versailles. Dalam kenyataannya, perjanjian final itu tidak mirip dengan ke-14 poin Wilson.

Dari penjelasan berikut maka pernyataan benar dan alasan juga benar NAMUN keduanya tidak menunjukan hubungan sebab akibat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

25

Saya Siapa Ya

Pembahasan tidak menjawab soal

Madara Uchiha

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jerman menyatakan menyerah kepada Presiden Amerika, Woodrow Wilson yang kemudian mengajukan 14 tuntutan yang langsung diterima oleh pihak Jerman dan dianggap sebagai tuntutan kepada pihak yang kalah, ...

241

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia