Roboguru

Perundingan Linggarjati merupakan perundingan yang paling penting dalam sejarah diplomasi antara Indonesia dengan Belanda. Salah satu isi Perjanjian Linggarjati adalah…

Pertanyaan

Perundingan Linggarjati merupakan perundingan yang paling penting dalam sejarah diplomasi antara Indonesia dengan Belanda. Salah satu isi Perjanjian Linggarjati adalah…

  1. Belanda secara de jure harus meninggalkan seluruh pulau Jawa paling lambat 1 Januari 1948

  2. Belanda mengakui kekuatan RI secara de jure

  3. Pemerintah RI harus menyerahkan kekuasaannya kepada Belanda

  4. RIS dan Belanda akan membentuk UNI Indonesia-Belanda dengan Ratu Belanda sebagai ketua

  5. Pemerintah RI harus meninggalkan daerah Jawa, Sumatera, dan Madura

Pembahasan Soal:

Perundingan Linggajati dilangsungkan di Linggajati, Cirebon Jawa Barat pada 10 November 1946. Delegasi Indonesia terdiri dari Sutan Syahrir, Mohammad Roem, Mr. Susanto Tirtoprojo, dan dr. A.K. Gani. Adapaun delegasi Belanda antara lain Prof. Willem Schermerhorn, F. de Boer, H. J. van Mook, dan Max van Poll. Bertindak sebagai mediator atau penengah adalah Lord Killearn dari Inggris. Pada saat itu, Syahrir menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia. Perundingan Linggajati menghasilkan apa yang kemudian disebut Perjanjian Linggajati yang isinya antara lain sebagai berikut.

  • Belanda mengakui secara de facto wilayah Jawa, Sumatra, dan Madura. Belanda harus  meningglkan wilayah de facto ini paling lambat 1 Januari 1949.
  • RI dan Belanda membentuk Republik Indonesia Serikat (RIS).
  • RI dan Belanda membentuk Uni Indonesia-Belanda, Ratu Belanda sebagai ketuanya.

Perjanjian Linggajati ditandatangani pada 25 Maret 1947 dalam sebuah upacara kenegaraan yang diselenggarakan di Istana Rijswijk atau Istana Negara sekarang. Perundingan Linggajati memiliki sisi positif dan negatif bagi pemerintah Indonesia. Sisi positifnya, perjanjian ini mengakui secara de facto wilayah Indonesia yang meliputi Madura, Sumatra dan Jawa. Sisi negatifnya, pengakuan de facto tidak sesuai dengan luas wilayah Hindia Belanda yang seharusnya meliputi wilayah dari Sabang hingga Merauke.

Berdasrkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah D.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved