Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perkirakan hasil uji daya hantar listrik beberapa bahan berikut! Lelehan NH 4 ​ Cl Larutan CH 3 ​ COOH Lelehan NaBr

Perkirakan hasil uji daya hantar listrik beberapa bahan berikut!

  1. Lelehan 
  2. Larutan  
  3. Lelehan space  

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kita dapat memperkirakan hasil pengujian bahan berikut:

kita dapat memperkirakan hasil pengujian bahan berikut:

Iklan

Pembahasan

Larutan elektrolit kuat adalah larutan yang semua molekulnya terurai mejadi ion-ion (terionisasi sempurna). Oleh karena banyaknya ion-ion penghantar listrik yang terbentuk, maka daya hantarnya juga kuat. Contoh larutan elektrolit kuat adalah garam, asam kuat, dan basa kuat. Ciri-Ciri Larutan Elektrolit Kuat Penghantar arus listrik kuat atau baik Terionisasi dengan sempurna Tetapan atau derajat ionisasi (a) a = 1 Jika diuji, larutan elektrolit kuat memiliki nyala lampu yang terang dan muncul gelembung gas yang banyak Larutan elektrolit lemah adalah larutan yang tidak semua molekulnya terionisasi (ionisasi tidak sempurna), sehingga hanya sedikit ion-ion yang dapat menghantarkan listrik. Contoh larutan elektrolit lemah adalah asam lemah dan basa lemah.Ciri-cirinya adlah: Penghantar listrik yang kurang baik atau lemah Terionisasi sebagian Tetapan atau derajat ionisasi (a) 0< a <1 Jika diuji, larutan elektrolit lemah nyala lampunya lemah dan muncul gelembung gas yang sedikit. Oleh karena itu kita dapat memperkirakan hasil pengujian bahan berikut: Lelehan (elektrolit lemah karena garamnya bersifat lemah): dalam bentuk lelehan mampu menghantarkan listrik namun lemah terlihat darinyala lampunya lemah dan muncul gelembung gas yang sedikit karena zat yang terionisasi sebagian dan jumlahnya sedikit. Larutan (elektrolit lemah karena sejenis asam lemah):mampu menghantarkan listrik namun lemah terlihat darinyala lampunya lemah dan muncul gelembung gas yang sedikitkarena ion yang terionisasi sebagian dan jumlahnya sedikit. Lelehan (elektrolit kuat):dalam bentuk lelehanmemiliki nyala lampu yang terang dan muncul gelembung gas yang banyak karena zat terionisasi sempurna dan jumlah ionnya banyak.

Larutan elektrolit kuat adalah larutan yang semua molekulnya terurai mejadi ion-ion (terionisasi sempurna). Oleh karena banyaknya ion-ion penghantar listrik yang terbentuk, maka daya hantarnya juga kuat. Contoh larutan elektrolit kuat adalah garam, asam kuat, dan basa kuat. Ciri-Ciri Larutan Elektrolit Kuat

  • Penghantar arus listrik kuat atau baik
  • Terionisasi dengan sempurna
  • Tetapan atau derajat ionisasi (a) a = 1
  • Jika diuji, larutan elektrolit kuat memiliki nyala lampu yang terang dan muncul gelembung gas yang banyak

Larutan elektrolit lemah adalah larutan yang tidak semua molekulnya terionisasi (ionisasi tidak sempurna), sehingga hanya sedikit ion-ion yang dapat menghantarkan listrik. Contoh larutan elektrolit lemah adalah asam lemah dan basa lemah. Ciri-cirinya adlah:

  • Penghantar listrik yang kurang baik atau lemah
  • Terionisasi sebagian
  • Tetapan atau derajat ionisasi (a) 0< a <1
  • Jika diuji, larutan elektrolit lemah nyala lampunya lemah dan muncul gelembung gas yang sedikit.

Oleh karena itu kita dapat memperkirakan hasil pengujian bahan berikut:

  1. Lelehan N H subscript 4 Cl (elektrolit lemah karena garamnya bersifat lemah): dalam bentuk lelehan mampu menghantarkan listrik namun lemah terlihat dari nyala lampunya lemah dan muncul gelembung gas yang sedikit karena zat yang terionisasi sebagian dan jumlahnya sedikit.
  2. Larutan C H subscript 3 C O O H (elektrolit lemah karena sejenis asam lemah): mampu menghantarkan listrik namun lemah terlihat dari nyala lampunya lemah dan muncul gelembung gas yang sedikit karena ion yang terionisasi sebagian dan jumlahnya sedikit.
  3. Lelehan Na Br (elektrolit kuat): dalam bentuk lelehan memiliki nyala lampu yang terang dan muncul gelembung gas yang banyak karena zat terionisasi sempurna dan jumlah ionnya banyak.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

26

Muhammad Abdul Syafiq Sanuri Sani

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Lakukan identifikasi apakah zat A , B , C , D , dan E merupakan barium sulfat, karbon (berlian), karbon tetraklorida, etanol, iodin, timbel, NaCl, gula, atau sulfur.

1

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia