Iklan

Iklan

Pertanyaan

Lakukan identifikasi apakah zat A , B , C , D , dan E merupakan barium sulfat, karbon (berlian), karbon tetraklorida, etanol, iodin, timbel, NaCl, gula, atau sulfur.

Lakukan identifikasi apakah zat A, B, C, D, dan E merupakan barium sulfat, karbon (berlian), karbon tetraklorida, etanol, iodin, timbel, NaCl, gula, atau sulfur.


Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

zatA adalah NaCl , zatBadalah etanol, zatCadalah timbel, zatDadalah karbon tetraklorida, dan zatE adalah karbon (berlian).

 zat A adalah , zat B adalah etanol, zat C adalah timbel, zat D adalah karbon tetraklorida, dan zat E adalah karbon (berlian).

Iklan

Pembahasan

Senyawa yang dapat menghantarkan listrik adalah senyawayang memiliki elektron atau ion-ion yang mampu bergerak bebas dan membawa muatan listrik. Hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan senyawa memiliki ion-ion yang bergerak bebas adalah berdasarkan pada: Ikatan logam Senyawa yang memiliki ikatan logam memiliki elektron yang bergerak bebas sehingga dapat menghantarkan listrik. Ikatan ion Senyawa yang memiliki ikatan ion dapat menghantarkan listrik dalam bentuk lelehan dan larutan karena dalam bentuk tersebut, senyawa ion memiliki ion-ion yang bergerak bebas. Ikatan kovalen polar Senyawa yang memiliki ikatan kovalen polar dapat menghantarkan listrik dalam bentuk larutan karenasenyawanya mengalami reaksi ionisasi dalam air membentuk ion-ion yang bergerak bebas. Berdasarkan penjelasan tersebut maka, zat A , B , C , D , dan E dapat diidentitfikasi sebagai: zat A adalah NaCl karena merupakan garam yang larut dalam air dan memiliki ikatan ion sehingga mampu menghantarkan listrik dalam bentuk larutan maupun lelehan, zat B adalah etanol karena berwujud cair dan larut dalam air. Etanol merupakan senyawa organik yang tidak dapat terionisasi sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik dalam bentuk larutan maupun lelehan. zat C adalah timbel karena berwujud padat dan tidak larut dalam air. Timbel mampu menghantarkan listrik dalam bentuk lelehan. zat D adalah karbon tetraklorida karena berwujud cair dan tidak larut dalam air. Karbon tetraklorida merupakan senyawa organik yang tidak dapat terionisasi sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik dalam bentuk larutan maupun lelehan. zat E adalah karbon (berlian) karena berwujud padat dan larut dalam air namuntidak dapat terionisasi sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik dalam bentuk larutan maupun lelehan. Jadi,zatA adalah NaCl , zatBadalah etanol, zatCadalah timbel, zatDadalah karbon tetraklorida, dan zatE adalah karbon (berlian).

Senyawa yang dapat menghantarkan listrik adalah senyawa yang memiliki elektron atau ion-ion yang mampu bergerak bebas dan membawa muatan listrik. Hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan senyawa memiliki ion-ion yang bergerak bebas adalah berdasarkan pada:

  1. Ikatan logam
    Senyawa yang memiliki ikatan logam memiliki elektron yang bergerak bebas sehingga dapat menghantarkan listrik.
  2. Ikatan ion
    Senyawa yang memiliki ikatan ion dapat menghantarkan listrik dalam bentuk lelehan dan larutan karena dalam bentuk tersebut, senyawa ion memiliki ion-ion yang bergerak bebas.
  3. Ikatan kovalen polar
    Senyawa yang memiliki ikatan kovalen polar dapat menghantarkan listrik dalam bentuk larutan karena senyawanya mengalami reaksi ionisasi dalam air membentuk ion-ion yang bergerak bebas.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka, zat A, B, C, D, dan E dapat diidentitfikasi sebagai:

zat A adalah  karena merupakan garam yang larut dalam air dan memiliki ikatan ion sehingga mampu menghantarkan listrik dalam bentuk larutan maupun lelehan,

zat B adalah etanol karena berwujud cair dan larut dalam air. Etanol merupakan senyawa organik yang tidak dapat terionisasi sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik dalam bentuk larutan maupun lelehan.

zat C adalah timbel karena berwujud padat dan tidak larut dalam air. Timbel mampu menghantarkan listrik dalam bentuk lelehan.

zat D adalah karbon tetraklorida karena berwujud cair dan tidak larut dalam air. Karbon tetraklorida merupakan senyawa organik yang tidak dapat terionisasi sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik dalam bentuk larutan maupun lelehan.

zat E adalah karbon (berlian) karena berwujud padat dan larut dalam air namun tidak dapat terionisasi sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik dalam bentuk larutan maupun lelehan.

Jadi, zat A adalah , zat B adalah etanol, zat C adalah timbel, zat D adalah karbon tetraklorida, dan zat E adalah karbon (berlian).

Latihan Bab

Pendahuluan Elektrolit dan Nonelektrolit

Elektrolit

Nonelektrolit

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

567

Juli ana Ana

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui data hasil pengujian daya hantar listrik berbagai zat dalam tiga wujud berikut: Elektrolit yang merupakan senyawa kovalen adalah...

578

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia