Iklan

Iklan

Pertanyaan

Anda mempunyai zat berikut ini .... Yang dapat menghantarkan lsitrik adalah ....

Anda mempunyai zat berikut ini ....

Yang dapat menghantarkan lsitrik adalah ....

  1. i dan ii

  2. i dan iii

  3. ii dan iii

  4. i, ii, dan iii

  5. hanya iii

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

yang dapat menghantarkan lsitrik adalahii dan iii.

yang dapat menghantarkan lsitrik adalah ii dan iii.

Iklan

Pembahasan

Pilihan jawaban yang tepat adalah C. Elektrolit adalah zat cair yang dapat menghantarkan listrik sedangkan nonelektrolit adalah zat cair yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Dalam larutan elektrolit yang berperan menghantarkan arus listrik adalah ion-ion (partikel-partikel yang bermuatan listrik) yang bergerak bebas di dalam cairan atau larutan. Zat terlarut dalam air yang menghasilkan larutan elektrolit dapat berasal dari senyawa ion atau senyawa kovalen polar. Fasa zat yang memungkinkan ion-ion bebas bergerak adalah dalam fasa cairan atau larutan. Sehingga pada pilihan jawaban yang dapat menghantarkan listrik adalah lelehan garam NaCl dan larutan garam NaCl. Sedangkan kristal NaCl tidak dapat menghantarkan arus listrik walaupun merupakan senyawa ionik. Hal ini disebabkan ion-ion pada kristal garam tersusun sangat rapat dan berada dalam keadaan kaku. Jadi, yang dapat menghantarkan lsitrik adalahii dan iii.

Pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Elektrolit adalah zat cair yang dapat menghantarkan listrik sedangkan nonelektrolit adalah zat cair yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Dalam larutan elektrolit yang berperan menghantarkan arus listrik adalah ion-ion (partikel-partikel yang bermuatan listrik) yang bergerak bebas di dalam cairan atau larutan. Zat terlarut dalam air yang menghasilkan larutan elektrolit dapat berasal dari senyawa ion atau senyawa kovalen polar. 

Fasa zat yang memungkinkan ion-ion bebas bergerak adalah dalam fasa cairan atau larutan. Sehingga pada pilihan jawaban yang dapat menghantarkan listrik adalah lelehan garam NaCl dan larutan garam NaCl. Sedangkan kristal NaCl tidak dapat menghantarkan arus listrik walaupun merupakan senyawa ionik. Hal ini disebabkan ion-ion pada kristal garam tersusun sangat rapat dan berada dalam keadaan kaku.

Jadi, yang dapat menghantarkan lsitrik adalah ii dan iii.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Lakukan identifikasi apakah zat A , B , C , D , dan E merupakan barium sulfat, karbon (berlian), karbon tetraklorida, etanol, iodin, timbel, NaCl, gula, atau sulfur.

1

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia