Roboguru

Perjalanan sejumlah kereta api penumpang jurusan Surabaya dan Malang, Senin pagi terpaksa berhenti di Stasiun Kota Pasuruan dan Stasiun Bangil. Banjir merendam jalur rel kereta api di sepanjang Bangil hingga Kraton Pasuruan di kilometer 38. Akibatnya, KA Logawa jurusan Banyuwangi - Purwokerto dan Tawang Alun jurusan Banyuwangi - Malang tidak dapat melanjutkan perjalanan.  Kutipan berita di atas termasuk dalam struktur ...

Pertanyaan

Perjalanan sejumlah kereta api penumpang jurusan Surabaya dan Malang, Senin pagi terpaksa berhenti di Stasiun Kota Pasuruan dan Stasiun Bangil. Banjir merendam jalur rel kereta api di sepanjang Bangil hingga Kraton Pasuruan di kilometer 38. Akibatnya, KA Logawa jurusan Banyuwangi - Purwokerto dan Tawang Alun jurusan Banyuwangi - Malang tidak dapat melanjutkan perjalanan. 

Kutipan berita di atas termasuk dalam struktur ...space 

Pembahasan Soal:

Teks berita adalah teks yang berisi informasi mengenai kejadian terkini yang ditulis secara faktual. Struktur teks berita, yaitu:

  1. Orientasi, yakni bagian berisi pengenalan awal informasi yang akan disampaikan dalam berita.
  2. Peristiwa, yakni bagian berisi urutan kejadian suatu peristiwa.
  3. Sumber, yakni bagian yang menunjukkan dari mana berita tersebut berasal.

Kutipan berita di atas berisi detail peristiwa perjalanan kereta api jurusan Surabaya - Malang yang terpaksa berhenti akibat banjir.

Dengan demkian, kutipan berita di atas termasuk adalam struktur peristiwa berita.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbedaan pola penyajian kedua teks berikut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks berita adalah teks yang berisi informasi mengenai kejadian/ peristiwa yang baru saja terjadi.

Gagasan utama pada teks I adalah Kementerian Pendiddikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang mengupayakan Gerakan Literasi Sekolah yang terletak pada kalimat pertama, sehingga teks I berpola umum-khusus.

Gagasan utama pada teks I adalah jadi, kegiatan literasi tidak hanya dapat dilakukan di sekolah atau di perpustakaan, tetapi dapat dilakukan dimana saja yang terletak pada kalimat terakhir, sehingga teksII berpola khusus-umum.

Maka, perbedaan pola penyajian kedua teks berikut adalah teks I umum - khusus, teks II khusus-umum.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

0

Roboguru

Lead berita ditunjukkan oleh angka ....

Pembahasan Soal:

Berita adalah laporan atau informasi yang di dalamnya memuat kejadian atau peristiwa yang aktual dan faktual.  Struktur teks berita terdiri atas judul, teras/ lead, tubuh, dan ekor berita. Lead berita adalah bagian yang sangat penting dari berita.karena berisi inti keseluruhan isi berita. Lead atau teras berita setidaknya mengandung jawaban atas pertanyaan apa, siapa, kapan, dan di mana.

Lead berita pada teks di atas ditunjukkan oleh nomor 1 karena berisi penjelasan mengenai unsur apa, siapa, kapan, dan di mana yang berkaitan dengan topik yang diberitakan yaitu para ilmuwan di berbagai belahan dunia kini berkejaran dengan waktu untuk menciptakan vaksi karena angka kematian karena virus corona terus bertambah dan semakin meluas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

 

0

Roboguru

Bagian lead berita tersebut ditunjukkan oleh angka ...

Pembahasan Soal:

Lead (kepala berita) adalah struktur berita yang terdapat pada bagian atas yang berisi informasi utama yang menjawab sebagian besar unsur berita (5W + 1H). Lead menjadi tulisan pembuka yang memberikan gambaran umum kepada pembaca mengenai suatu peristiwa. Lead berita di atas adalah kalimat ke-2 karena mengungkapkan bagian penting suatu peristiwa, yaitu menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dan di mana.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah pilihan B.undefined

0

Roboguru

Bacalah kedua kutipan teks berita berikut! Teks Berita I Teks Berita II Menteri Koordinator Perekonomian menyatakan, sebetulnya pasokan listrik tidak terlalu ...

Pembahasan Soal:

Teks berita I diawali dengan unsur berita siapa (Menteri Koordinator Perekonomian menyatakan). Adapun teks berita II diawali dengan unsur berita kapan (Tahun depan, porsi BBM untuk pembangkitan listrik). Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Dalam struktur berita, bagian penutup berita disebut....

Pembahasan Soal:

Teks berita merupakan teks yang berisi tentang segala peristiwa yang terjadi di dunia. Teks berita biasanya disebarkan melalui berbagai media seperti radio, televisi, internet, situs web, ataupun media yang lainnya.

Sebuah berita dibangun oleh struktur sebagai berikut:

  1. Judul
  2. Lead atau Teras Berita/Kepala Berita
    Lead merupakan bagian pembuka berita dan terletak pada bagian paling atas dari sebuah berita. Pada bagian lead ini disajikan secara singkat tentang unsur SW+ l H. Lead berita adalah bagian yang sangat penting dari teks berita karena menjadi daya tarik agar pembaca tertarik untuk membaca keseluruhan isi berita.
  3. Tubuh/Badan Berita
    Bagian tubuh berita merupakan pengembangan unsur SW+ 1 H yang termuat dalam bagian lead Panjang pendeknya tubuh/badan berita dipengaruhi oleh kedalaman berita yang akan diinformasikan.
  4. Kaki/Ekor Berita
    Kaki atau ekor berita merupakan bagian penutup berita. Sebagai bagian penutup, kaki/ekor berita merupakan bagian yang terletak paling akhir dari sebuah berita. Isi bagian kaki/ekor berita adalah simpulan dari keseluruhan berita.

Dengan demikian, dalam struktur berita, bagian penutup berita disebut kaki/ekor berita yang berisi simpulan dari keseluruhan berita.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved