Roboguru

Pertanyaan

Bacalah dengan cermat teks berita berikut!

Teks Berita I   Teks Berita II

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi Ashwin Sasongko menyatakan tentang uang. Ke depan, Indonesia harus memiliki satu uang elektronik yang multifungsi seperti di Hongkong, yaitu Octopus. Kartu ini tak hanya digunakan untuk membayar jasa transportasi, seperti jalan tol, tetapi juga pembelian barang.

Penggunaan uang elektronik di Indonesia belum begitu populer. Masyarakat masih banyak yang sulit membedakan uang elektronik dan kartu jenis lain, seperti kartu debit atau kartu kredit. Namun perkembangan penggunaannya yang pesat beberapa tahun terakhir memberi indikasi penggunaan uang elektronik akan terus meluas.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut diawali dengan unsur berita....

  1. Teks Berita I   Teks Berita II

    siapa

    apa
  2. Teks Berita I   Teks Berita II

    apa

    siapa
  3. Teks Berita I   Teks Berita II
    siapa mengapa
  4. Teks Berita I   Teks Berita II
    mengapa siapa

D. Wahyu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut diawali dengan unsur siapa (teks berita I) dan apa (teks berita II). Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Teks berita I diawali dengan unsur berita “siapa”. Hal tersebut karena pada kalimat pertama di teks berita I menunjukkan seseorang yang menyatakan tentang uang, yakni Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi Aswhin Sasongko.

Teks berita II diawali dengan unsur berita “apa”. Hal tersebut karena kalimat pertama pada teks berita II menjelaskan berita/kejadian yang sedang dibahas, yakni mengenai penggunaan uang elektronik di Indonesia yang belum begitu populer.

Dengan demikian, perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut diawali dengan unsur siapa (teks berita I) dan apa (teks berita II). Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

89

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah kedua kutipan berita berikut! Teks Berita I Teks Berita II Rabu, 11 April 2012 terjadi gempa. Bencana alam yang berkekuatan 8,9 skala richter tiba-tiba mengguncang bu...

46

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia