Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berita berikut! Dalam masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menuju New Norma l atau Kenormalan Baru di tengah pandemi yang terjadi saat ini, MRT Jakarta menjadi transportasi massal andalan masyarakat untuk menuju ke kantor, pusat perbelanjaan dan destinasi lainnya. Perjalanan MRT Jakarta yang cepat dan jeda keberangkatan kereta yang singkat menjadi keuntungan tersendiri bagi masyarakat sehingga tidak berlama-lama mengantri dan berada di kerumunan.Selama menghadapi pandemi, MRT Jakarta juga menerapkan Protokol Bangkit (Bersih Aman Nyaman Go Green Kolaborasi Inovasi Tata Kelola). Struktur teks berita pada kutipan di atas memuat bagian ....

Perhatikan kutipan teks berita berikut!


Dalam masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menuju New Normal atau Kenormalan Baru di tengah pandemi yang terjadi saat ini, MRT Jakarta menjadi transportasi massal andalan masyarakat untuk menuju ke kantor, pusat perbelanjaan dan destinasi lainnya. Perjalanan MRT Jakarta yang cepat dan jeda keberangkatan kereta yang singkat menjadi keuntungan tersendiri bagi masyarakat sehingga tidak berlama-lama mengantri dan berada di kerumunan. Selama menghadapi pandemi, MRT Jakarta juga menerapkan Protokol Bangkit (Bersih Aman Nyaman Go Green Kolaborasi Inovasi Tata Kelola). 


Struktur teks berita pada kutipan di atas memuat bagian ....undefined 

  1. tubuh beritaundefined 

  2. ekor beritaundefined 

  3. kepala beritaundefined 

  4. inti beritaundefined 

A. Rizky

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.undefined 

Pembahasan

Teks berita memiliki beberapa struktur, yaitu sebagai berikut. Lead/kepala berita/teras berita merupakan bagian paling atas dari sebuah berita dan menempati prioritas utama karena memuat informasi yang sangat penting. Badan berita ,merupakan penjabaran dari gagasan berita yang dipaparkan dalam bagian kepala. Penjabaran itu bisa merupakan jawaban atas pertanyaan mengapa dan bagaimana. alasan atau latar belakang peristiwa tersebut terjadi dan proses terjadinya peristiwa tersebut. Ekor beritaatau uraian , memuat informasi yang kurang penting dan tidak memiliki kaitan langsung dengan judul berita. Struktur teks berita pada kutipan di atas memuat bagian kepala berita atau teras berita. Hal tersebut karena pada kutipan yang terdapat pada soal berisi informasi penting yang akan disampaikan dalam teks berita, bukan menjelaskan tentang proses atau latar belakang terjadinya suatu peristiwa dalam berita. Informasi penting yang terdapat pada kutipan dalam soalmenunjukkan bahwa kutipan tersebut memuat bagian teras berita atau kepala berita pada struktur teks berita . Dengan demikian, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C .

Teks berita memiliki beberapa struktur, yaitu sebagai berikut.

  1. Lead/kepala berita/teras berita merupakan bagian paling atas dari sebuah berita dan menempati prioritas utama karena memuat informasi yang sangat penting.
  2. Badan berita, merupakan penjabaran dari gagasan berita yang dipaparkan dalam bagian kepala. Penjabaran itu bisa merupakan jawaban atas pertanyaan mengapa dan bagaimana. alasan atau latar belakang peristiwa tersebut terjadi dan proses terjadinya peristiwa tersebut.
  3. Ekor berita atau uraian, memuat informasi yang kurang penting dan tidak memiliki kaitan langsung dengan judul berita.


Struktur teks berita pada kutipan di atas memuat bagian kepala berita atau teras berita. Hal tersebut karena pada kutipan yang terdapat pada soal berisi informasi penting yang akan disampaikan dalam teks berita, bukan menjelaskan tentang proses atau latar belakang terjadinya suatu peristiwa dalam berita. Informasi penting yang terdapat pada kutipan dalam soal menunjukkan bahwa kutipan tersebut memuat bagian teras berita atau kepala berita pada struktur teks berita.

Dengan demikian, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.undefined 

195

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berita berikut! Tiga mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menciptakanAfta B-ionik, yaitu tangan prostetik robotik yang dikendalikan gelombang otak dengan memanfaatkan tekno...

25

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia