Pertanyaan

Perhatikan teks berikut! Selama tahun 2014, setidaknya ada dua contoh hasil penelitian menonjol yang dihasilkan para peneliti lokal: pertama, tentang terkuaknya hunian sekaligus kuburan massal Homo sapiens yang usianya lebih dari 14.825 tahun di Gua Harimau, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, dan kedua, tentang penemuan data migrasi baru manusia purba di Situs Sangiran, Jawa Tengah, yang selama ini belum masuk dalam literatur. Hingga bulan Mei 2014, Tim Pusat Arkeologi Nasional berhasil mengekskavasi 78 kerangka Homo sapiens di Gua Harimau. Yang menarik, dari 78 kerangka itu, 4 individu merupakan ras Australomelanesid dan 74 individu lain adalah ras Mongoloid. Dengan demikian, dapat diduga bahwa pernah ada masa ketika kedua ras ini bertemu dan berinteraksi. Sementara itu, dalam tiga tahun terakhir, di Sangiran, terpantau ada data baru migrasi manusia purba beserta budayanya setelah migrasi tertua, yaitu pada masa 800.000-an tahun lalu. Hal ini terdeteksi dari keberadaan kapak-kapak genggam dan pembelah yang merupakan ciri khas perlatan di Afrika. Arkeolog prasejarah, Prof. Harry Truman Simanjuntak, mengatakan bahwa migrasi ini disebut-sebut sebagai Out of Africa kedua yang melengkapi teori migrasi tertua pertama Out of Africa saat Homo erectus keluar dari Afrika 1,8 juta tahun lalu. Menurut arkeolog ini, kapan Out of Africa kedua keluar dari Afrika belum diketahui secara pasti, entah itu 1,1 juta tahun lalu atau 1,2 juta tahun lalu. Yang jelas, mereka sampai di Indonesia bersamaan dengan Tiongkok sekitar 800.000 tahun lalu. Budaya migrasi kedua manusia purba ini terus berkembang pada periode selanjutnya walaupun tidak mampu menggantikan budaya yang tertua. Dari sisi teknologi, model teknologi generasi kedua memang lebih canggih dengan teknik pangkasan kapak yang lebih baik dan bentuk simetris menarik. Akan tetapi, rupanya, alat-alat seperti ini tidak terlalu dibutuhkan di kawasan Indonesia. Hal itu disebabkan bahan peralatan tersedia melimpah di mana-mana sehingga manusia purba saat itu tidak perlu membawa alat ke mana-mana. Yang menjadi pokok masalah dalam teks di atas adalah .... (SIMAK UI 2015)

Perhatikan teks berikut!


    Selama tahun 2014, setidaknya ada dua contoh hasil penelitian menonjol yang dihasilkan para peneliti lokal: pertama, tentang terkuaknya hunian sekaligus kuburan massal Homo sapiens yang usianya lebih dari 14.825 tahun di Gua Harimau, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, dan kedua, tentang penemuan data migrasi baru manusia purba di Situs Sangiran, Jawa Tengah, yang selama ini belum masuk dalam literatur. Hingga bulan Mei 2014, Tim Pusat Arkeologi Nasional berhasil mengekskavasi 78 kerangka Homo sapiens di Gua Harimau. Yang menarik, dari 78 kerangka itu, 4 individu merupakan ras Australomelanesid dan 74 individu lain adalah ras Mongoloid. Dengan demikian, dapat diduga bahwa pernah ada masa ketika kedua ras ini bertemu dan berinteraksi.

    Sementara itu, dalam tiga tahun terakhir, di Sangiran, terpantau ada data baru migrasi manusia purba beserta budayanya setelah migrasi tertua, yaitu pada masa 800.000-an tahun lalu. Hal ini terdeteksi dari keberadaan kapak-kapak genggam dan pembelah yang merupakan ciri khas perlatan di Afrika. Arkeolog prasejarah, Prof. Harry Truman Simanjuntak, mengatakan bahwa migrasi ini disebut-sebut sebagai Out of Africa kedua yang melengkapi teori migrasi tertua pertama Out of Africa saat Homo erectus keluar dari Afrika 1,8 juta tahun lalu. Menurut arkeolog ini, kapan Out of Africa kedua keluar dari Afrika belum diketahui secara pasti, entah itu 1,1 juta tahun lalu atau 1,2 juta tahun lalu. Yang jelas, mereka sampai di Indonesia bersamaan dengan Tiongkok sekitar 800.000 tahun lalu.

     Budaya migrasi kedua manusia purba ini terus berkembang pada periode selanjutnya walaupun tidak mampu menggantikan budaya yang tertua. Dari sisi teknologi, model teknologi generasi kedua memang lebih canggih dengan teknik pangkasan kapak yang lebih baik dan bentuk simetris menarik. Akan tetapi, rupanya, alat-alat seperti ini tidak terlalu dibutuhkan di kawasan Indonesia. Hal itu disebabkan bahan peralatan tersedia melimpah di mana-mana sehingga manusia purba saat itu tidak perlu membawa alat ke mana-mana.


Yang menjadi pokok masalah dalam teks di atas adalah ....

(SIMAK UI 2015)

  1. ditemukannya teknologi manusia purba Afrika di situs Sangiranundefined 

  2. temuan arkeologis yang menarik perhatian ilmuwan pada tahun 2014undefined 

  3. pendapat arkeolog prasejarah mengenai temuan di Gua Harimauundefined 

  4. ditemukannya data baru mengenai migrasi manusia purba Afrikaundefined 

  5. kontak antarmanusia purba ras Australomelanesid ras Mongoloid di Gua Harimau pada suatu masaundefined 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Pembahasan

Pokok masalah sama halnya dengan ide pokok, yakniinti atau masalah utama yang dibahas dalam sebuah wacana maupun paragraf . Ide pokok sering juga disebut dengan gagasan utama, gagasan pokok, pikiran utama, maupun pikiran pokok. Paragraf pertama membahas dua contoh hasil penelitian arkeologis yang menonjol selama 2014, yakni terkuaknya hunian sekaligus kuburan massal Homo sapiens Homo Sapiens (penelitian 1) dan ditemukannya data migrasi baru (penelitian 2). Penelitian (1) dijelaskan lebih lanjut pada paragraf pertama. Sementara itu, penelitian (2) dipaparkan pada paragraf kedua dan ketiga. Paragraf kedua membahas data baru migrasi manusia purba. Paragraf ketiga membahas migrasi manusia purba dari segi teknologi. Jadi, pokok masalah dalam teks di atas adalah duatemuan arkeologis yang menarik perhatian ilmuwan pada tahun 2014 . Dua temuan atau penelitian arkeologis tersebut dipaparkan pada keseluruhan paragraf dalam teks. Pilihan A tidak tepat. Ditemukannya teknologi manusia purba Afrika di situs Sangiran tidak dibacarakan dalam keseluruhan teks. Hal itu hanya dibahas pada paragraf ketiga. Pilihan C tidak tepat. Pendapat arkeolog prasejarah mengenai temuan di Gua Harimauhanya dibahas pada beberapa bagian teks. Pilihan D tidak tepat. Ditemukannya data baru mengenai manusia purba hanya dibahas pada paragraf kedua dan ketiga. Pada paragraf pertama, dibahas dua penelitian yang menarik perhatian. Penemuan data baru tersebut hanyalah salah satu penelitian yang menarik. Pilihan E tidak tepat.Kontak antarmanusia purba ras Australomelanesid ras Mongoloid di Gua Harimau pada suatu masa hanya dijelaskan pada beberapa bagian dalam teks. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Pokok masalah sama halnya dengan ide pokok, yakni inti atau masalah utama yang dibahas dalam sebuah wacana maupun paragraf. Ide pokok sering juga disebut dengan gagasan utama, gagasan pokok, pikiran utama, maupun pikiran pokok.

Paragraf pertama membahas dua contoh hasil penelitian arkeologis yang menonjol selama 2014, yakni terkuaknya hunian sekaligus kuburan massal Homo sapiens Homo Sapiens (penelitian 1) dan ditemukannya data migrasi baru (penelitian 2). Penelitian (1) dijelaskan lebih lanjut pada paragraf pertama. Sementara itu, penelitian (2) dipaparkan pada paragraf kedua dan ketiga. Paragraf kedua membahas data baru migrasi manusia purba. Paragraf ketiga membahas migrasi manusia purba dari segi teknologi.

Jadi, pokok masalah dalam teks di atas adalah dua temuan arkeologis yang menarik perhatian ilmuwan pada tahun 2014. Dua temuan atau penelitian arkeologis tersebut dipaparkan pada keseluruhan paragraf dalam teks.

  • Pilihan A tidak tepat. Ditemukannya teknologi manusia purba Afrika di situs Sangiran tidak dibacarakan dalam keseluruhan teks. Hal itu hanya dibahas pada paragraf ketiga.
  • Pilihan C tidak tepat. Pendapat arkeolog prasejarah mengenai temuan di Gua Harimau hanya dibahas pada beberapa bagian teks.
  • Pilihan D tidak tepat. Ditemukannya data baru mengenai manusia purba hanya dibahas pada paragraf kedua dan ketiga. Pada paragraf pertama, dibahas dua penelitian yang menarik perhatian. Penemuan data baru tersebut hanyalah salah satu penelitian yang menarik.
  • Pilihan E tidak tepat. Kontak antarmanusia purba ras Australomelanesid ras Mongoloid di Gua Harimau pada suatu masa hanya dijelaskan pada beberapa bagian dalam teks.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

393

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut! Manfaat kopi didukung oleh adanya kandungan antioksidan, senyawa asam klorogent, dan polifenol di dalamnya. Kandungan itu dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel...

247

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia