Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut. Salah satu sumber energi yang agak permanen adalah geotermal, yaitu energi panas yang dihasilkan dari perut bumi. Jauh di bawah permukaan bumi terdapat sumber panas yang sangat tinggi sehingga semua batuan, bahkan semua benda berubah menjadi cair. Batuan cair yang bersuhu tinggi tersebut dinamakan magma. Magma selalu memanasi kerak bumi sehingga temperatur lapisan kulit keras baja (25 sampai dengan 50 km) sekitar 200 – 1.000 derajat celcius. Sementara itu, pada pusat bumi (6.378 km) temperatur berkisar antara 3.500 – 4.500 derajat celcius. Ide pokok bacaan di atas adalah .... (SBMPTN 2014)

Bacalah teks berikut.


Salah satu sumber energi yang agak permanen adalah geotermal, yaitu energi panas yang dihasilkan dari perut bumi. Jauh di bawah permukaan bumi terdapat sumber panas yang sangat tinggi sehingga semua batuan, bahkan semua benda berubah menjadi cair. Batuan cair yang bersuhu tinggi tersebut dinamakan magma. Magma selalu memanasi kerak bumi sehingga temperatur lapisan kulit keras baja (25 sampai dengan 50 km) sekitar 200 – 1.000 derajat celcius. Sementara itu, pada pusat bumi (6.378 km) temperatur berkisar antara 3.500 – 4.500 derajat celcius.


Ide pokok bacaan di atas adalah ....   

(SBMPTN 2014) undefined  

  1. energi geotermal   

  2. energi panas perut bumi   

  3. sumber panas bumi   

  4. magma   

  5. pusat bumi   

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A. undefined  

Iklan

Pembahasan

Ide pokok merupakan nama lain dari gagasan utama, yakni masalah utama yang dibahas dalam teks atau paragraf. Menemukan ide pokok dapat dilakukan dengan mencari kata kunci dalam teks/paragraf. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan mencari kalimat utama dalam paragraf. Kalimat utama dapat terletak di bagian awal, akhir, awal dan akhir, tengah, maupun tersirat dalam paragraf. Ciri kalimat utama adalah bersifat umum, dapat berdiri sendiri, dan dapat dikembangkan. Kalimat utama paragraf di atas adalah kalimat pertama. Kalimat kedua menjelaskan kalimat pertama. Kalimat ketiga menjelaskan kalimat kedua. Begitu pula kalimat lainnya: kalimat keempat menjelaskan kalimat ketiga dan kalimat kelima menjelaskan kalimat keempat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kalimat utama paragraf di atas terletak pada kalimat pertama. Hal yang dibahas dalam kalimat pertama adalah energi geotermal. Dengan demikain, ide pokok paragraf di atas adalah energi geotermal. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Ide pokok merupakan nama lain dari gagasan utama, yakni masalah utama yang dibahas dalam teks atau paragraf. Menemukan ide pokok dapat dilakukan dengan mencari kata kunci dalam teks/paragraf. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan mencari kalimat utama dalam paragraf. Kalimat utama dapat terletak di bagian awal, akhir, awal dan akhir, tengah, maupun tersirat dalam paragraf. Ciri kalimat utama adalah bersifat umum, dapat berdiri sendiri, dan dapat dikembangkan.

Kalimat utama paragraf di atas adalah kalimat pertama. Kalimat kedua menjelaskan kalimat pertama. Kalimat ketiga menjelaskan kalimat kedua. Begitu pula kalimat lainnya: kalimat keempat menjelaskan kalimat ketiga dan kalimat kelima menjelaskan kalimat keempat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kalimat utama paragraf di atas terletak pada kalimat pertama. Hal yang dibahas dalam kalimat pertama adalah energi geotermal. Dengan demikain, ide pokok paragraf di atas adalah energi geotermal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. undefined  

38

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut (1) Semua orang pasti mengenal pendidikan. (2) Pendidikan adalah proses internalisasi budaya ke dalam diri seseorang dan masyarakat sehingga membuat orang dan masyarakat jadi...

412

4.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia