Perhatikan kutipan teks berikut!     Kajian tentang kemampuan berbahasa Indonesia masyarakat desa terpencil, terutama kajian karakteristik tuturan basa-basi, belum banyak dilakukan orang. Padahal, basa-basi merupakan peristiwa berbahasa yang menarik untuk dipelajari karena terkait dengan budaya masyarakat. Fenomena berbahasa tersebut memberikan peluang besar bagi peneliti bahasa untuk lebih mendalami kaitan antara berbahasa dan berbudaya. Ide pokok bacaan di atas adalah …. (SBMPTN 2014)

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut!


    Kajian tentang kemampuan berbahasa Indonesia masyarakat desa terpencil, terutama kajian karakteristik tuturan basa-basi, belum banyak dilakukan orang. Padahal, basa-basi merupakan peristiwa berbahasa yang menarik untuk dipelajari karena terkait dengan budaya masyarakat. Fenomena berbahasa tersebut memberikan peluang besar bagi peneliti bahasa untuk lebih mendalami kaitan antara berbahasa dan berbudaya.


Ide pokok bacaan di atas adalah …. (SBMPTN 2014)undefined 

  1. karakteristik tuturan basa-basiundefined 

  2. kurangnya kajian tuturan basa-basiundefined 

  3. kaitan basa-basi dengan budayaundefined 

  4. penelitian budaya basa-basiundefined 

  5. kaitan bahasa dan budaya dalam komunikasiundefined 

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Pembahasan

Ide pokok merupakan inti atau masalah utama yang dibahas dalam sebuah wacana maupun paragraf. Ide pokok sering juga disebut dengan gagasan utama, gagasan pokok, pikiran utama, maupun pikiran pokok.

Kalimat pertama bacaan di atas membahas kajian karakteristik tuturan basa-basi yang belum banyak dilakukan orang. Pada kalimat kedua, penulis menyayangkan terjadinya hal tersebut. Hal itu tampak dari kata padahal yang merupakan konjungsi untuk menandai pertentangan. Dalam kalimat kedua, penulis menyebutkan alasan basa-basi menjadi peristiwa yang menarik untuk dikaji.

Kalimat ketiga memperjelas kalimat kedua, yakni dengan menyebut bahwa fenomena yang dijelaskan dalam kalimat kedua (fenomena basa-basi) memberikan peluang besar bagi peneliti bahasa untuk mendalami kaitan antara berbahasa dan berbudaya. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa inti permasalahan yang dibahas dalam teks di atas terdapat pada kalimat pertama. Kalimat kedua dan ketiga merupakan kalimat penjelas untuk memperjelas kalimat utama. Jadi, ide pokok teks di atas adalah kurangnya kajian tuturan basa-basi.

  • Pilihan A tidak tepat. Teks di atas hanya membahas kurangnya kajian tuturan basa-basi, bukan karakteristik tuturan basa-basi.
  • Pilihan C tidak tepat. Kaitan antara tuturan basa-basi dengan budaya tidak diibahas dalam teks. Dalam kalimat ketiga, hanya disinggung tentang keterkaitan berbahasa dengan berbudaya. Namun, keterkaitan tersebut tidak dijelaskan lebih lanjut dalam teks.
  • Pilihan D tidak tepat. Teks di atas secara khusus membahas kurangnya kajian tuturan basa-basi, bukan sekadar penelitian budaya basa-basi.
  • Pilihan E tidak tepat. Kaitan bahasa dan budaya dalam komunikasi tidak dibahas dalam teks.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

45

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut! Manfaat kopi didukung oleh adanya kandungan antioksidan, senyawa asam klorogent, dan polifenol di dalamnya. Kandungan itu dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel t...

92

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia