Pertanyaan

Perhatikan teks berikut! Memiliki MCK Fasilitas mandi, mencuci, dan kakus (MCK) sangat penting untuk kesehatan. Sekarang ini masih ada keluarga yang belum memiliki MCK. Mereka menggunakan sungai atau selokan untuk mandi, mencuci, dan buang air. Kebiasaan seperti ini tidak sehat terutama bagi mereka yang tinggal di bagian hilir. Kotoran-kotoran dari daerah hulu akan terkumpul di hilir dan menyebabkan pencemaran lingkungan. Kualitas airnya juga kurang bersih. Air sungai atau selokan sekarang sudah tercemar oleh sampah-sampah. Akibatnya dapat menyebabkan diare dan penyakit kulit. Kamar mandi juga tidak boleh lembap, berbau, dan gelap. Kamar mandi sebaiknya diberi ventilasi yang cukup sehingga sirkulasi udara lancar dan sinar matahari dapat menerobos masuk. Bersihkan bak air di dalam kamar mandi secara rutin agar tidak menjadi sarang nyamuk. Dinding kamar mandi sebaiknya diberi cat yang bernuansa cerah. Tempellah cermin di dinding kamar mandi untuk membantu aktivitas saat mandi. Seperti kamar mandi, kakus juga perlu diberi ventilasi yang cukup agar tidak lembap dan berbau. Pembuangan limbah dari kakus sebaiknya dengan sistem riol. Sistem kerja riol adalah limbah disalurkan dalam beberapa tahap. Tujuannya agar bakteri-bakteri mati dan air limbah tidak mencemari lingkungan sekitarnya. Kakus yang baik adalah kakus yang berbentuk S. Di tekukannya selalu ada air bersih yang memisahkan kotoran dengan udara luar. Pemisahan ini penting agar lalat tidak hinggap dan bertelur di sana serta bau kotoran tidak menyebar. Iswanto. 2007. Pola Hidup Sehat dalam Keluarga. Jakarta:Sunda Kelapa Pustaka. Kutipan di atas termasuk ke dalam buku ....

Perhatikan teks berikut!
 

Memiliki MCK

     Fasilitas mandi, mencuci, dan kakus (MCK) sangat penting untuk kesehatan. Sekarang ini masih ada keluarga yang belum memiliki MCK. Mereka menggunakan sungai atau selokan untuk mandi, mencuci, dan buang air. Kebiasaan seperti ini tidak sehat terutama bagi mereka yang tinggal di bagian hilir. Kotoran-kotoran dari daerah hulu akan terkumpul di hilir dan menyebabkan pencemaran lingkungan. Kualitas airnya juga kurang bersih. Air sungai atau selokan sekarang sudah tercemar oleh sampah-sampah. Akibatnya dapat menyebabkan diare dan penyakit kulit.

     Kamar mandi juga tidak boleh lembap, berbau, dan gelap. Kamar mandi sebaiknya diberi ventilasi yang cukup sehingga sirkulasi udara lancar dan sinar matahari dapat menerobos masuk. Bersihkan bak air di dalam kamar mandi secara rutin agar tidak menjadi sarang nyamuk. Dinding kamar mandi sebaiknya diberi cat yang bernuansa cerah. Tempellah cermin di dinding kamar mandi untuk membantu aktivitas saat mandi.

     Seperti kamar mandi, kakus juga perlu diberi ventilasi yang cukup agar tidak lembap dan berbau. Pembuangan limbah dari kakus sebaiknya dengan sistem riol. Sistem kerja riol adalah limbah disalurkan dalam beberapa tahap. Tujuannya agar bakteri-bakteri mati dan air limbah tidak mencemari lingkungan sekitarnya. Kakus yang baik adalah kakus yang berbentuk S. Di tekukannya selalu ada air bersih yang memisahkan kotoran dengan udara luar. Pemisahan ini penting agar lalat tidak hinggap dan bertelur di sana serta bau kotoran tidak menyebar.

Iswanto. 2007. Pola Hidup Sehat dalam Keluarga. Jakarta: Sunda Kelapa Pustaka.

 

Kutipan di atas termasuk ke dalam buku ....

  1. pengayaan pengetahuan

  2. pengayaan keterampilan

  3. pengayaan kesehatan

  4. pengayaan ilmiah

  5. pengajian non-ilmiah

N. Juliana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Kutipan di atas termasuk buku pengayaan pengetahuan karena memberikan pendidikan atau pelajaran kepada pembaca tentang kebersihan dan pola hidup sehat, terutama kebersihan MCK. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Kutipan di atas termasuk buku pengayaan pengetahuan karena memberikan pendidikan atau pelajaran kepada pembaca tentang kebersihan dan pola hidup sehat, terutama kebersihan MCK.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

11

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut! Engtay: (Mengacungkan tangan) Guru: Kenapa Engtay? Mau omong apa? Guru: Kamu satu-satunya yang tadi tidak tergolong kepada para buang air kecil berdiriwan i...

128

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia