Perhatikan teks berikut!        Buku God, Do You Speak English? menceritakan mengenai para penulis yang mengunjungi berbagai tempat menarik. Ketiga penulis ini merupakan anggota sukarelawan dari sebuah lembaga sukarelawan VSO atau Internasional Voluntary Service Organization yang ada di Indonesia. Mereka ialah Nina Silvia, Jeff kristanto dan juga Rini hanifa.      Mereka datang dari beragam latar belakang. Jeff adalah pemilik usaha dari sebuah kerajinan serta tempat makan yang ada di Bali. Nina merupakan seorang pekerja di sebuah LSM atau lembaga swadaya masyarakat yang ada di Kota Padang. Sementara, Rini merupakan salah satu staf lembaga donor internasional. Ketiga orang ini memang bergabung sebagai volunteer VSO dan menjadi angkatan pertama dari volunter asal Negara Indonesia yang berada di negara penempatan masing-masing.      Jeff merupakan seorang pekerja yang mendukung para pengrajin yang ada Tajikistan. Tajikistan merupakan negara bekas jajahan Uni Soviet yang ada di Asia. Nina merupakan orang yang membantu lembaga pendukung untuk suku asli yang ada di Bangladesh. Sementara itu, Rini ditugaskan di Guyana yang ada di Amerika Latin untuk menjalin kerja sama dengan LSM lokal. Mereka ini bekerja dengan gaji sesuai dengan standar penempatan ngaranya. Itulah sebabnya, mereka akan selalu berinteraksi dengan masyarakat sekitar sehingga mengalami kejadian dan cerita-cerita yang lucu serta mengharukan.      Buku ini bukan hanya sekadar menceritakan, tetapi seolah memiliki warna dan juga nyawa. Ketiga penulis ini merupakan bagian dari cerita yang ada di buku itu sendiri. Maka, mereka menceritakan sesuatu yang sesuai dengan apa yang mereka rasakan, yakni bertualang. Nina silvia dkk.2013. God, Do You Speak English?. Jakarta: Rene Books. Nilai yang terdapat pada kutipan buku pengayaan nonfiksi tersebut adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut!
 

     Buku God, Do You Speak English? menceritakan mengenai para penulis yang mengunjungi berbagai tempat menarik. Ketiga penulis ini merupakan anggota sukarelawan dari sebuah lembaga sukarelawan VSO atau Internasional Voluntary Service Organization yang ada di Indonesia. Mereka ialah Nina Silvia, Jeff kristanto dan juga Rini hanifa.

     Mereka datang dari beragam latar belakang. Jeff adalah pemilik usaha dari sebuah kerajinan serta tempat makan yang ada di Bali. Nina merupakan seorang pekerja di sebuah LSM atau lembaga swadaya masyarakat yang ada di Kota Padang. Sementara, Rini merupakan salah satu staf lembaga donor internasional. Ketiga orang ini memang bergabung sebagai volunteer VSO dan menjadi angkatan pertama dari volunter asal Negara Indonesia yang berada di negara penempatan masing-masing.

     Jeff merupakan seorang pekerja yang mendukung para pengrajin yang ada Tajikistan. Tajikistan merupakan negara bekas jajahan Uni Soviet yang ada di Asia. Nina merupakan orang yang membantu lembaga pendukung untuk suku asli yang ada di Bangladesh. Sementara itu, Rini ditugaskan di Guyana yang ada di Amerika Latin untuk menjalin kerja sama dengan LSM lokal.

Mereka ini bekerja dengan gaji sesuai dengan standar penempatan ngaranya. Itulah sebabnya, mereka akan selalu berinteraksi dengan masyarakat sekitar sehingga mengalami kejadian dan cerita-cerita yang lucu serta mengharukan.

     Buku ini bukan hanya sekadar menceritakan, tetapi seolah memiliki warna dan juga nyawa. Ketiga penulis ini merupakan bagian dari cerita yang ada di buku itu sendiri. Maka, mereka menceritakan sesuatu yang sesuai dengan apa yang mereka rasakan, yakni bertualang.

Nina silvia dkk.2013. God, Do You Speak English?. Jakarta: Rene Books.


Nilai yang terdapat pada kutipan buku pengayaan nonfiksi tersebut adalah ....

  1. nilai pendidikan sosial dan agama 

  2. nilai pendidikan sosial dan budaya 

  3. nilai pendidikan moral dan agama 

  4. nilai pendidikan moral dan sosial 

  5. nilai pendidikan sosial, budaya, dan moral 

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D. 

Pembahasan

Kutipan tersebut termasuk buku pengayaan pengetahuan karena memberikan pendidikan atau pelajaran kepada pembaca tentang pengalaman tiga orang relawan untuk membantu negara-negara yang memerlukan bantuan. Saling membantu termasuk ke dalam nilai moral dan sosial. Oleh karena itu, nilai yang terdapat pada kutipan buku pengayaan nonfiksi tersebut adalah nilai pendidikan moral dan sosial.

Dengan demikian, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D. 

72

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut!   Memiliki MCK      Fasilitas mandi, mencuci, dan kakus (MCK) sangat penting untuk kesehatan. Sekarang ini masih ada keluarga yang belum memiliki MCK. Mereka menggunakan sun...

13

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia