Perhatikan teks berikut! Karena Ibu banyak melamun, Tegar harus pula mengambill alih dapur. Dibantu adik perempuannya yang telah beranjak remaja, dia belanja, berih-bersih, mencuci pakaian, dan memasak. Setelah menyiapkan adik-adiknya untuk sekolah, setiap pagi dia sendiri terbirit-birit ke sekolah. Pulang dari sekolah, dia tidak bermain-main seperti remaja seusianya. Dia makan siang sebentar, berganti pakaian, lalu bergegas ke pinggir kota, ke bengkel sepeda Masa Depan, demikan nama bengkel sepeda peninggalan ayahnya itu. Bersama seorang karyawan lainnya, dia bekerja memperbaiki sepeda hingga senja. Usai bekerja, buru-buru ia pulang, mengurus Ibu dan adik-adiknya. (DIkutip dari: Andrea Hirata, Sirkus Pohon, Yogyakarta, Bentang, 2017) Buatlah sebuah pernyataan umum teks kritik sesuai dengan kutipan berikut!

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut!


Karena Ibu banyak melamun, Tegar harus pula mengambill alih dapur. Dibantu adik perempuannya yang telah beranjak remaja, dia belanja, berih-bersih, mencuci pakaian, dan memasak. Setelah menyiapkan adik-adiknya untuk sekolah, setiap pagi dia sendiri terbirit-birit ke sekolah. Pulang dari sekolah, dia tidak bermain-main seperti remaja seusianya. Dia makan siang sebentar, berganti pakaian, lalu bergegas ke pinggir kota, ke bengkel sepeda Masa Depan, demikan nama bengkel sepeda peninggalan ayahnya itu. Bersama seorang karyawan lainnya, dia bekerja memperbaiki sepeda hingga senja. Usai bekerja, buru-buru ia pulang, mengurus Ibu dan adik-adiknya.

(DIkutip dari: Andrea Hirata, Sirkus Pohon, Yogyakarta, Bentang, 2017)


Buatlah sebuah pernyataan umum teks kritik sesuai dengan kutipan berikut!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Pernyataan umum dalam teks kritik sastra adalah pernyataan pendapat, tanggapan, atau komentar atas suatu karya. Komentar tersebut akan berkaitan dengan teori yang akan diperkuat pada bagian argumen. Penulis menyampaikan sudut pandang tentang karya yang dibahas.

Pernyataan umum :

Kutipan novel karya Andrea Hirata dengan judul Sirkus Pohon menceritakan tentang kisah seorang anak bernama Tegar. Tegar hidup bersama dengan ibunya dan adik-adik perempuannya. Kutipan tersebut menceritakan keseharian Tegar dalam merawat keluarganya semenjak ditinggal oleh ayahnya. Kutipan tersebut memiliki makna dalam tentang kerasnya kehidupan seorang anak yang ditinggal ayahnya. Tegar yang bekerja seharian di bengkel menggambarkan kerasnya kehidupan seorang anak. 


 

781

5.0 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan puisi berikut! Nikmat Ilahi Tiada khali barang sedetik Nikmat ilahi dari hatiku Alam terpandang segala cantik, Meiramakan jiwa deru-rideru Tiada sunyi barang sesaat Nikmat ilahi...

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia