Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan tabel hasil pengukuran kawat berikut ini! Kawat yang diukur adalah kawat yang sejenis. Urutan kawat dari yang paling kaku hingga yang tidak kaku adalah ....

Perhatikan tabel hasil pengukuran kawat berikut ini!

 

Kawat yang diukur adalah kawat yang sejenis. Urutan kawat dari yang paling kaku hingga yang tidak kaku adalah ....

  1. 3 - 1 - 2 - 4

  2. 1 - 3 - 2 - 4

  3. 1 - 3 - 4 - 2

  4. 4 - 2 - 1 - 3

  5. 4 - 2 - 3 - 1

Iklan

F. Noor

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.

jawaban yang benar adalah D.

Iklan

Pembahasan

Kawat yang paling kaku itu memiliki tetapan kawat/pegas yang besar, jadi kita bisa mengeceknya dari nilai tetapan kawat/pegas masing-masing kawat. Nah, kita bisa gunakan rumus dari hubungan hukum Hooke dengan modulus Young untuk menentukan nilai tetapan kawat/pegasnya. Dapat ditulis secara matematis seperti berikut ini : Diketahui disoal bahwa kawat yang digunakan adalah sejenis maka nilai modulus Young-nya sama (nilai E sama). Selain itu, pada tabel juga diketahui bahwa panjang awal kawat sama (L sama), sehingga tetapan pegas hanya dipengaruhi oleh luas kawat saja. Nah, karena kawat berbentuk silinder maka luas permukaan kawat sama dengan luas lingkaran, dimana luas lingkaran adalah Kita gunakan rumus luas lingkaran yang ada diameternya karena pada tabel yang diketahui adalah diameternya, maka tetapan pegasnya sekarang adalah Dari rumus di atas kita bisa lihat bahwa tetapan kawat/pegas berbanding lurus dengan diameter kawat. Artinya, diameter yang lebih besar akan menghasilkan tetapan kawat/pegas yang besar juga dimana tetapan kawat yang besar menunjukkan kawat yang kaku. Nah, berdasarkan tabel diatas maka urutankawat dari yang paling kaku hingga yang tidak kaku adalah kawat 4 - 2 - 1 - 3. Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Kawat yang paling kaku itu memiliki tetapan kawat/pegas yang besar, jadi kita bisa mengeceknya dari nilai tetapan kawat/pegas masing-masing kawat.

Nah, kita bisa gunakan rumus dari hubungan hukum Hooke dengan modulus Young untuk menentukan nilai tetapan kawat/pegasnya. Dapat ditulis secara matematis seperti berikut ini :

undefined  

Diketahui disoal bahwa kawat yang digunakan adalah sejenis maka nilai modulus Young-nya sama (nilai E sama). Selain itu, pada tabel juga diketahui bahwa panjang awal kawat sama (L sama), sehingga tetapan pegas hanya dipengaruhi oleh luas kawat saja.

begin mathsize 14px style k tilde A end style  

Nah, karena kawat berbentuk silinder maka luas permukaan kawat sama dengan luas lingkaran, dimana luas lingkaran adalah

begin mathsize 14px style A equals pi r to the power of 2 space end exponent atau space A equals 1 fourth pi d squared end style  

Kita gunakan rumus luas lingkaran yang ada diameternya karena pada tabel yang diketahui adalah diameternya, maka tetapan pegasnya sekarang adalah

begin mathsize 14px style k tilde 1 fourth pi d squared end style  

Dari rumus di atas kita bisa lihat bahwa tetapan kawat/pegas berbanding lurus dengan diameter kawat. Artinya, diameter yang lebih besar akan menghasilkan tetapan kawat/pegas yang besar juga dimana tetapan kawat yang besar menunjukkan kawat yang kaku.

Nah, berdasarkan tabel diatas maka urutan kawat dari yang paling kaku hingga yang tidak kaku adalah kawat 4 - 2 - 1 - 3.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seutas kawat panjangnya L dan diameter D bertambah panjang x saat ujung bawahnya diberi beban F. Jika kawat sejenis yang panjangnya 4L dan diameternya 3D diberi beban 9F, besarpertambahan panjangnya s...

6

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia