Roboguru

Perhatikan puisi berikut! Keras Hidup Prito Windiarto Lelah Aku capek Hadapi hidup Hidup bagaikan monster (1) Menghimpit, menyerangku hingga lumat, tak bersisa (2) Lukaku di dada Perih, menyayat seluruh tubuh (3) Tak ada lagi asa tersisa Akulah macan terluka (4) Pada siapa lagi aku menghiba Selain padaNya Berdasarkan puisi nomor 2 telaahlah citraan yang terdapat pada puisi tersebut!

Pertanyaan

Perhatikan puisi berikut!

Keras Hidup
Prito Windiarto


Lelah
Aku capek
Hadapi hidup
Hidup bagaikan monster (1)
Menghimpit, menyerangku hingga lumat, tak bersisa (2)
Lukaku di dada
Perih, menyayat seluruh tubuh (3)
Tak ada lagi asa tersisa
Akulah macan terluka (4)
Pada siapa lagi aku menghiba
Selain padaNya

Berdasarkan puisi nomor 2 telaahlah citraan yang terdapat pada puisi tersebut!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Citraan merupakan satu dari beberapa sarana yang digunakan oleh para penyair dalam memperkuat gambaran makna yang terkandung dalam puisi atau syair mereka. Citraan disampaikan dalam bentuk deskripsi atau bersifat imajinatif yang diutarakan melalui kata-kata.

Dalam puisi di atas, terdapat berbagai citraan untuk memperkuat gambaran makna dari pusi yang ingin disampaikan.

  1. Pada puisi di baris nomor (2) “Menghimpit, menyerangku hingga lumat, tak bersisa” yang menggunakan citraan perabaan. Citraan perabaan merupakaan citraan yang seolah memberikan rangsangan kepada pembaca untuk dapat merasakan atau meraba-raba deskripsi di dalam puisi tersebut. Citraan disini membuat pembaca seperti ikut merasa terhimpit serta diserang oleh kerasnya hidup sebagaimana makna dalam puisi tersebut.
  2. Pada puisi di baris nomor (3) "Perih, menyayat seluruh tubuh" yang menggunakan citraan perabaan. Citraan disini membuat pembaca seperti ikut merasakan perihnya tubuh saat disayat.
  3. Terdapat larik "Lukaku di dada" yang menggunakan citraan penglihatan. Citraan penglihatan adalah citraan yang dituangkan penyair ke dalam karyanya melewati citraannya yang dilihat oleh mata. Citraan disini membuat pembaca seolah dapat melihat luka yang ada di dada orang itu.

Dengan demikian, imaji atau citraan dari teks puisi di atas adalah imaji peraba dan imabi penglihatan.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Indah

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 11 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Imaji yang terkandung pada larik ketiga adalah ....

Pembahasan Soal:

Puisi adalah karya sastra yang berisi tanggapan serta pendapat penyair mengenai berbagai hal. Puisi terdiri dari struktur batin dan struktur fisik. Struktur fisik puisi berupa diksi, citraan (pengimajian), majas dan tipografi puisi. 

Imaji adalah unsur yang melibatkan penggunaan indra manusia. Imaji dapat dibagi menjadi tiga, yaitu imaji suara (auditif), imaji penglihatan (visual) dan imaji rasa atau sentuh (imaji taktil).

Pada larik ketiga puisi di atas, terdapat kata "keruh". Keruh merupakan sebuah keadaan yang kotor dan tidak bening yang diukur berdasarkan indra pengelihatan. 

Jadi, Imaji yang terkandung pada larik ketiga adalah imaji visual.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B. 

0

Roboguru

Imaji yang terkandung dalam larik kedua puisi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Imaji adalah kata atau susunan kata-kata yang dapat memperjelas apa yang dinyatakan oleh penyair. Melalui imaji ini, apa yang digambarkan seolah-olah dapat dilihat, didengar, atau dirasa. Imaji auditif yaitu kata-kata dalam puisi memberi efek pada indera pendengaran kita (telinga).

Imaji yang terkandung dalam larik kedua puisi tersebut adalah imaji auditif karena memberikan efek pada indera pendengaran seakan-akan mendengar secara langsung apa yang dinyatakan penyair. Hal itu tergambar pada larik "Dengarlah kami akan menyanyi lagu yang tidak nyaman di hati"

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Citraan yang terdapat pada larik pertama penggalan puisi di atas adalah....

Pembahasan Soal:

Imaji atau citraan adalah kata atau susunan kata-kata yang dapat mengungkapkan pengalaman indrawi, seperti penglihatan, pendengaran, dan perasaan. lmaji dapat mengakibatkan pembaca seakanakan melihat, mendengar, dan merasakan seperti apa yang dialami penyair. Citraan yang terdapat pada larik pertama penggalan puisi di atas adalah penglihatan. Bulan sabit dan malam dapat kita rasakan melalui indra penglihatan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Puisi tersebut menimbulkan citraan ...

Pembahasan Soal:

Dalam puisi, terdapat salah satu unsur yang disebut imaji. Imaji adalah kata atau susunan kata yang mengungkapkan pengalaman dengan pancaindra, seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan, dan perabaan. Unsur ini disebut juga "citraan".

Imaji dalam puisi tersebut menimbulkan citra perabaan. Hal ini ditandai oleh keseluruhan larik yang menyebutkan kata "dingin", yang mana berhubungan dengan hal yang dapat dirasakan oleh indra peraba.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Gumpalan langit maha sempurna Bertahta bintang-bintang diangkasa Namun satu bintang yang berpijar Teruntai turun menyapaku Jenis citraan yang terdapat pada larik kedua puisi tersebut adalah…..

Pembahasan Soal:

Citraan adalah kesan atau gambaran visual yang ditimbulkan oleh sebuah kata, frasa, atau kalimat, dan merupakan unsur dasar yang khas dalam karya prosa atau puisi. Citraan penglihatan yaitu citraan yang memberikan rangsangan kepada indra penglihat (melalui mata) sehingga seolah olah kita bisa melihat hal yang tertulis secara nyata. Larik kedua puisi tersebut adalah bertahta bintang-bintang di angkasa. Lewat larik tersebut penyair memberikan rangsangan kepada mata sehingga seolah-olah kita bisa melihat bintang-bintang secara nyata. Maka citraan yang digunakan oleh penyair pada larik kedua adalah citraan penglihatan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved