Roboguru

Ceritakan maksud dari puisi di atas dengan menggunakan bahasamu sendiri!

Pertanyaan

Ceritakan maksud dari puisi di atas dengan menggunakan bahasamu sendiri!space 

Pembahasan Soal:

Puisi yang berjudul "Perbincangan Tengah Malam" menggambarkan seorang hamba sedang menyampaikan perasaannya kepada Tuhan di waktu tengah malam. Penggambaran Tuhan dilakukan melalui sapaan Kasihku, Engkau, dan beberapa enklitik -Mu yang hanya digunakan kepada Tuhan atau sosok yang disembah. Keseluruhan isi puisi di atas bermaksud menjelaskan bahwa ada seorang hamba yang merasakan kekosongan dan sangat mengharapkan hadirnya Tuhan. Terkadang ada keraguan dari bisikan "Aku dekat", tetapi seorang hamba tersebut tetap tidak merasakan bahwa Tuhan dekat. Puisi di atas juga memperlihatkan betapa khawatirnya seorang hamba jika ia mencinta dunia hingga lupa pada keharusan menjadikan Tuhan sebagai yang utama.

Dengan demikian, maksud puisi di atas berkenaan dengan pengungkapan perasaan seorang hamba yang takut jika ia jauh dari Tuhan.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Imaji yang terkandung dalam larik kedua puisi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Imaji adalah kata atau susunan kata-kata yang dapat memperjelas apa yang dinyatakan oleh penyair. Melalui imaji ini, apa yang digambarkan seolah-olah dapat dilihat, didengar, atau dirasa. Imaji auditif yaitu kata-kata dalam puisi memberi efek pada indera pendengaran kita (telinga).

Imaji yang terkandung dalam larik kedua puisi tersebut adalah imaji auditif karena memberikan efek pada indera pendengaran seakan-akan mendengar secara langsung apa yang dinyatakan penyair. Hal itu tergambar pada larik "Dengarlah kami akan menyanyi lagu yang tidak nyaman di hati"

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 

Roboguru

Imaji pendengaran ditunjukkan oleh larik ....

Pembahasan Soal:

Imaji atau citraan dapat diartikan sebagai kata atau serangkaian kata yang dapat membentuk gambaran mental atau dapat membangkitkan pengalaman tertentu. Contoh misal ketika kita membaca kalimat 'rumah ini seperti kapal pecah', imaji yang ditimbulkan dari kalimat atau kata tersebut adalah penglihatan, karena kita bisa membuktikan bahwa rumah tersebut berantakan dengan indera penglihatan.

Dari puisi di atas kita perlu membuktikan larik mana yang menimbulkan imaji pendengaran. Mari kita lihat pilihan jawabannya:

Pilihan A: imaji penglihatan
Pilihan B: imaji penglihatan
Pilihan C: imaji penglihatan
Pilihan D: imaji pendengaran

Pilihan D menimbulkan imaji pendengaran karena kita bisa membuktikan atau mengalami kicauan burung tersebut merdu dengan indra penglihatan.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

 

Roboguru

Citraan yang terdapat pada larik pertama penggalan puisi di atas adalah....

Pembahasan Soal:

Imaji atau citraan adalah kata atau susunan kata-kata yang dapat mengungkapkan pengalaman indrawi, seperti penglihatan, pendengaran, dan perasaan. lmaji dapat mengakibatkan pembaca seakanakan melihat, mendengar, dan merasakan seperti apa yang dialami penyair. Citraan yang terdapat pada larik pertama penggalan puisi di atas adalah penglihatan. Bulan sabit dan malam dapat kita rasakan melalui indra penglihatan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Bacalah puisi yang berjudul “Dalam Gelombang” ini dan pahami isinya! Dalam Gelombang Alun bergulung naik meninggi, Turun melembah jauh ke bawah, Lidah ombak menyerak buih, Surut kembali di air ...

Pembahasan Soal:

Gambaran alam dalam sebuah puisi merupakan bagian dari unsur pencitraan berupa penglihatan. Pada puisi Dalam Gelombang kita dapat melihat gambaran alam seperti diceritakan pada bait pertamanya berikut:

Alun bergulung naik meninggi,

Turun melembah jauh ke bawah,

Lidah ombak menyerak buih,

Surut kembali di air gemuruh.

Bait pertama ini menggambarkan gelombang atau ombak yang naik sampai tinggi dan turun jauh ke bawah sampai terdengar suara yang bergemuruh. Peristiwa naik turunnya gelombang atau ombak ini biasa kita sebut dengan tsunami.

Jadi, gambaran alam yang disampaikan pengarang dalam puisi tersebut adalah naik turunnya gelombang atau ombak yang biasa kita sebut dengan fenomena tsunami.undefined  

Roboguru

Dari puisi berjudul “Di Bawah Gelombang”pada soal di atas, jika dipahami baris demi baris, yang paling banyak kita temukan adalah citraan….

Pembahasan Soal:

Citraan adalah sesuatu yang berhubungan dengan indera untuk mengetahui gambaran- gambaran yang terdapat didalam puisi.  Citraan perasaan adalah penggunaan kata dalam puisi yang menggambarkan perasaan penyair. Pemilihan kata yang digunakan akan membawa pembaca seolah-olah ikut merasakan apa yang dirasakan penulis lewat puisinya. Perasaan yang disampaikan seperti perasaan sedih, gembira, marah, cemas, ketakutan, kesepian, pilu dan perasaan lainnya.

Dari puisi berjudul “Di Bawah Gelombang” pada soal di atas, jika dipahami baris demi baris, yang paling banyak kita temukan adalah citraan perasaan. Hal ini dapat ditunjukkan oleh larik Entah ke mana aku tak tahuSeperti bisikan di daun dan Suaraku hilang di dalam udara

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved