Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut ini! Kata "mukadimah" diganti dengan kata "pembukaan" Sila pertama, yaitu "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya", diganti dengan rumusan "Ketuhanan Yang Maha Esa" Perubahan pasal 6 UUD yang berbunyi "Presiden ialah orang Indonesia asli yang beragama Islam" menjadi "Presiden ialah orang Indonesia asli" Penjelasan UUD dimasukan dalam satu naskah Penetapan Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai wakil presiden. Dari pernyataan di atas, perubahan-perubahan naskah Piagam Jakarta dan rancangan UUD oleh PPKI diantaranya adalah ...

Perhatikan pernyataan berikut ini!

  1. Kata "mukadimah" diganti dengan kata "pembukaan"
  2. Sila pertama, yaitu "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya", diganti dengan rumusan "Ketuhanan Yang Maha Esa"
  3. Perubahan pasal 6 UUD yang berbunyi "Presiden ialah orang Indonesia asli yang beragama Islam" menjadi "Presiden ialah orang Indonesia asli"
  4. Penjelasan UUD dimasukan dalam satu naskah 
  5. Penetapan Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai wakil presiden. 

Dari pernyataan di atas, perubahan-perubahan naskah Piagam Jakarta dan rancangan UUD oleh PPKI diantaranya adalah ...

  1. 1, 2 dan 3

  2. 1,3 dan 5

  3. 2, 3 dan 4

  4. 3, 4 dan 5

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Piagam Jakarta atau dikenal juga Jakarta Charter, merupakan dokumen sejarah tentang segenap dasar negara dan hal-hal dasar terkait pembentukan Negara Republik Indonesia merdeka dari berbagai putusan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).Piagam Jakarta disahkan pada 22 Juni 1945 oleh Panitia Sembilan yang dibentuk oleh BPUPKI. Setelah Indonesia merdeka, maka harus segera diadakan hal-hal terkait dasar pembentukan suatu negara yang merdeka, sebab itu Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) langsung menggelar sidang pada tanggal 18 Agustus 1945 untuk mengesahkan Undang-Undang Dasar sebagai hal yang diperlukan oleh negara merdeka. Akan tetapi, sebelum sidang mengesahkan, terdapat beberapa perubahan yang dilakukan terhadap preambulPiagam Jakarta yang di dalamnyamemuat dasar negara Republik Indonesia. Adapun beberapa perubahan tersebut adalah: kata Mukaddimah diganti menjadi Pembukaan, anak kalimat yang berbunyi, "dengan kewajiban menjalankan syariat bagi pemeluk-pemeluknya", diganti menjadi, "berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa", pasal 6 ayat 1 yang berbunyi, "Presiden adalah orang Indonesia asli dan beragama Islam," dibah menjadi, "Presiden adalah orang Indonesia asli." Dengan memahami demikian, maka opsi jawaban benar adalah A.

Piagam Jakarta atau dikenal juga Jakarta Charter, merupakan dokumen sejarah tentang segenap dasar negara dan hal-hal dasar terkait pembentukan Negara Republik Indonesia merdeka dari berbagai putusan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Piagam Jakarta disahkan pada 22 Juni 1945 oleh Panitia Sembilan yang dibentuk oleh BPUPKI. 
Setelah Indonesia merdeka, maka harus segera diadakan hal-hal terkait dasar pembentukan suatu negara yang merdeka, sebab itu Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) langsung menggelar sidang pada tanggal 18 Agustus 1945 untuk mengesahkan Undang-Undang Dasar sebagai hal yang diperlukan oleh negara merdeka. Akan tetapi, sebelum sidang mengesahkan, terdapat beberapa perubahan yang dilakukan terhadap preambul Piagam Jakarta yang di dalamnya memuat dasar negara Republik Indonesia. 
Adapun beberapa perubahan tersebut adalah:

  1. kata Mukaddimah diganti menjadi Pembukaan,
  2. anak kalimat yang berbunyi, "dengan kewajiban menjalankan syariat bagi pemeluk-pemeluknya", diganti menjadi, "berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa", 
  3. pasal 6 ayat 1 yang berbunyi, "Presiden adalah orang Indonesia asli dan beragama Islam," dibah menjadi, "Presiden adalah orang Indonesia asli." 

Dengan memahami demikian, maka opsi jawaban benar adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

77

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 merupakan pokok kaidah negara yang foundamental yang memuat...

146

2.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia