Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ! Bubarkan Orde Baru dan Golkar Hapuskan Dwifungsi ABRI Hapuskan KKN Tegakkan supremasi hukum, HAM, Tegakkan demokrrasi Dari kelima data di atas, dapat disimpulkan korupsi....

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut !

  1. Bubarkan Orde Baru dan Golkar
  2. Hapuskan Dwifungsi ABRI
  3. Hapuskan KKN
  4. Tegakkan supremasi hukum, HAM,
  5. Tegakkan demokrrasi

Dari kelima data di atas, dapat disimpulkan korupsi....

  1. merupakan warisan dari Orde Baru

  2. ada sejak zaman Orde Lama

  3. merupakan konspirasi penyelenggara negara

  4. berkembang di era reformasi

  5. belum ditegakkan di era Orde Baru

Pembahasan Soal:

Peran masyarakat dalam pemberantasan korupsi di Orde Baru adalah tidak termasuk pelaporan dugaan tindak pidana korupsi. Hal ini karena seluruh kontrol atas kehidupan bangsa terletak pada pemerintah pusat. Hal inilah yang kemudian menciptakan ketidakpercayaan masyarakat kepada pemerintah.Hal yang sama juga berdampak pada tingginya kasus korupsi di era Orde Baru. Penegakan hukum yang tidak jelas juga berperan besar. Hal ini menjadikan kondisi bangsa Indonesia kala itu terpuruk jauh.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kuatnya tradisi dominasi kekuatan politik otoriter selama 32 tahun oleh Suharto sebagai pemaksa utama integrasi nasional menimbulkan kekhawatiran besar atas kemampuan bangsa ini untuk secara demokrati...

Pembahasan Soal:

Pada masa Orde Baru, ancaman terbesar bagi integrasi nasional cenderung datang dari akumulasi kekecewaan daerah terhadap pusat, atau konflik yang bersifat  vertikal, maka dewasa ini, kekerasan dan konflik horizontal menjelma menjadi ancaman serius bagi integrasi nasional. Kuatnya tradisi dominasi kekuatan politik otoriter selama 32 tahun sebagai pemaksa utama integrasi nasional menimbulkan kekhawatiran besar atas kemampuan bangsa ini untuk secara demokratis mengelola perbedaan dan mengatasi konflik internal. 

Dengan demikian timbulnya rasa kekecewaan masyarakat daerah terhadap pusat yang mengakibatkan kurangnya keperceyaan masyarakat terhadap pemerintah pusat.space space 

0

Roboguru

Alasan pemberantasan KKN menjadi salah satu agenda dari gerakan reformasi 1998 adalah….

Pembahasan Soal:

Gerakan reformasi 1998 merupakan gerakan suatu gerakan yang dilakukan oleh mahasiswa yang didukung rakyat bertujuan untuk menurunkan Presiden Soeharto dari kekuasaan. Gerakan reformasi tersebut menyuarakan Agenda Reformasi yang salah satunya adalah pemberantasan KKN. Pemberantasan KKN diangkat sebagai agenda reformasi karena terjadi penguasaan terhadap beberapa set negara yang dilakukan oleh sekelompok orang.

0

Roboguru

Salah satu faktor dalam bidang politik yang menimbulkan Peristiwa Reformasi 1998 adalah....

Pembahasan Soal:

Peristiwa Reformasi 1998 timbul karena beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor politik, antara lain kurangnya kepercayaan terhadap pemerintah, pemerintah dipegang oleh tentara di semua bidang sehingga demokrasi tidak berjalan, perekonomian nasional semakin terpuruk, KKN (Korupsi Kolusi Nepotisme) semakin marak di pemerintahan, hukum tidak dapat ditegakkan, serta sering terjadi penangkapan terhadap aktivis yang mengkritik pemerintah. Jadi, salah satu faktor pendorong munculnya Peristiwa Reformasi 1998 adalah maraknya KKN di pemerintahan.

0

Roboguru

Isi Supersemar adalah pemberian mandat kepada Letjen. Soeharto untuk ….

Pembahasan Soal:

Sebagai usaha memulihkan keamanan negara, pada 11 Maret 1966 Presiden Soekarno kemudian mengeluarkan surat perintah kepada Letjen Soeharto untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu dalam rangka memulihkan keamanan dan kewibawaan pemerintah. Surat itu kelak dikenal sebagai Surat Perintah 11 Maret, atau Supersemar. Isi Supersemar adalah pemberian mandat kepada Letjen. Soeharto selaku Panglima Angkatan Darat dan Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban untuk memulihkan keadaan dan kewibawaan pemerintah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. space 

0

Roboguru

Berikut ini yang termasuk dari Tiga Tuntutan Rakyat atau Tritura yang dilakukan oleh rakyat pasca G30S adalah ....

Pembahasan Soal:

Pecahnya pemberontakan yang dilakukan kaum komunis yang kemudian dikenal dengan istilah G30S/PKI membuat rakyat gundah da gelisah.  Kegundahan rakyat dirasakan oleh kalangan pemuda dan mahasiswa. Mereka ikut menyampaikan aspirasi rakyat dengan melakukan demonstrasi di pusat-pusat kota. Golongan pemuda menjadi penggerak aksi-aksi yang menuntut Soekarno agar segera menyelesaikan masalah yang terjadi. Mereka mengajukan Tiga Tuntutan Rakyat atau yang kita kenal dengan sebutan Tritura. Massa demonstran memenuhi Lapangan Banteng dan meneriakkan tiga poin tuntutan, yang isinya adalah sebagai berikut.

  1. Pembubaran PKI.
  2. Pembersihan Kabinet dari Unsur-Unsur PKI.
  3. Penurunan harga dan perbaikan ekonomi.
     

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved