Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan perilakuberikut! 1) Orang yang lebih muda mengunjungi orang yang lebih tua. 2) Pak Shahrul mengadakan syukuran kelahiran putranya dengan berbagi sembako. 3) Arinda selalu berjabat tangan ketika bertemu teman kerja di kantor. 4) Safira terbiasa mengucap salam sebelum masuk rumah. 5) Asep terbiasa mengucap terima kasih ketika memperoleh bantuan dari orang lain. Perilaku yang menunjukkan usage ditunjukkan oleh nomor ....

Perhatikan perilaku berikut!
1) Orang yang lebih muda mengunjungi orang yang lebih tua.
2) Pak Shahrul mengadakan syukuran kelahiran putranya dengan berbagi sembako.
3) Arinda selalu berjabat tangan ketika bertemu teman kerja di kantor.
4) Safira terbiasa mengucap salam sebelum masuk rumah.
5) Asep terbiasa mengucap terima kasih ketika memperoleh bantuan dari orang lain. 

Perilaku yang menunjukkan usage ditunjukkan oleh nomor .... 

  1. 1), 2), dan 3) 

  2. 1), 2), dan 4) 

  3. 1), 3), dan 5) 

  4. 2), 3), dan 4) 

  5. 3), 4), dan 5)

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Cara (Usage) adalah norma yang paling lemah daya pengikatnya karena orang yang melanggar hanya mendapatkan cemoohan ataupun teguran dari masyarakat. Arinda yang selalu berjabat tangan ketika bertemu teman kerja di kantor merupakan bentuk usage karena jika ia tidak melakukannya, maka tidak akan berdampak buruk bagi dirinya dalam hubungan sosialnya. Selain itu, Safira terbiasa mengucap salam sebelum masuk rumah juga dapat dikategorikan sebagai usage bagi seseorang yang ingin bertamu. Begitu pun yang dilakukan Asep yang terbiasa mengucap terima kasih ketika memperoleh bantuan dari orang lain. Sedangkan, poin 1 dan 2 dapat dikategorikan sebagai folkways (kebiasaan), yakni perbuatan yang diulang-ulang dan tertanam di dalam diri mayarakat dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Kebiasaan yang sebagian besar dilakukan ole h seseorang disebut sebagai tradisi.

Cara (Usage) adalah norma yang paling lemah daya pengikatnya karena orang yang melanggar hanya mendapatkan cemoohan ataupun teguran dari masyarakat. Arinda yang selalu berjabat tangan ketika bertemu teman kerja di kantor merupakan bentuk usage karena jika ia tidak melakukannya, maka tidak akan berdampak buruk bagi dirinya dalam hubungan sosialnya. Selain itu, Safira terbiasa mengucap salam sebelum masuk rumah juga dapat dikategorikan sebagai usage bagi seseorang yang ingin bertamu. Begitu pun yang dilakukan Asep yang terbiasa mengucap terima kasih ketika memperoleh bantuan dari orang lain.

Sedangkan, poin 1 dan 2 dapat dikategorikan sebagai folkways (kebiasaan), yakni perbuatan yang diulang-ulang dan tertanam di dalam diri mayarakat dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Kebiasaan yang sebagian besar dilakukan oleh seseorang disebut sebagai tradisi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

75

Rabitun arsad

Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Andri Fizal

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Norma yang berlaku di masyarakat memiliki kekuatan mengikat yang berbeda-beda. Ada norma yang lemah, sedang, hingga norma yang memiliki daya ikat sangat kuat. Berikut ini contoh dari norma yang memili...

17

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia