Roboguru

Perbuatan-perbuatan di bawah ini merupakan pelanggaran terhadap usage, kecuali ....

Pertanyaan

Perbuatan-perbuatan di bawah ini merupakan pelanggaran terhadap usage, kecuali ....undefined 

  1. mencuriundefined 

  2. berbicara pada saat makanundefined 

  3. menyela percakapan orang lainundefined 

  4. memakai rok mini bagi wanitaundefined 

  5. makan dengan mengeluarkan suaraundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Usage atau tata cara adalah norma yang menunjuk kepada satu bentuk perbuatan dengan sanksi yang sangat ringan terhadap pelanggarnya, misalnya aturan memegang garpu atau sendok ketika makan, cara memegang gelas ketika minum, serta mencuci tangan sebelum makan. Suatu pelanggaran atau penyimpangan terhadapnya tidak akan mengakibatkan hukuman yang berat, tetapi hanya sekadar celaan atau dinyatakan tidak sopan oleh orang lain. Sehingga, dalam soal yang bukan pelanggaran dengan sanksi ringan adalah mencuri.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Aundefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pelanggaran yang hanya mendapatkan sanksi dari masyarakat berupa ejekan dan cemoohan adalah  ....

Pembahasan Soal:

Usage atau cara adalah suatu bentuk perbuatan tertentu yang dilakukan oleh individu - individu dalam suatu masyarakat, tetapi tidak terus - menerus. Norma ini memiliki daya ikat yang lemah sehingga pelanggarannya berupa celaan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space space space

0

Roboguru

Norma yang berlaku di masyarakat memiliki kekuatan mengikat yang berbeda-beda. Ada norma yang lemah, sedang, hingga norma yang memiliki daya ikat sangat kuat. Berikut ini contoh dari norma yang memili...

Pembahasan Soal:

Norma sosial adalah peraturan yang berfungsi untuk mengatur perilaku seluruh anggota masyarakat. Oleh karena itu, norma sosial harus berdasarkan hasil kesepakatan bersama. Norma bersifat mengikat. Kekuatan atau daya ikat norma bisa dilihat dari seberapa besar sanksi yang diberikan kepada individu saat melakukan pelanggaran. Oleh karena itu, daya ikat norma terbagi menjadi empat tingkatan, dimulai dari sanksi terendah sampai tertinggi yaitu: 

  1. Norma Cara (Usage), yaitu suatu aturan yang apabila tidak diterapkan, maka pelaku hanya mengalami celaan. Contoh: pas lagi makan bareng gebetan, tiba tiba dia sendawa kenceng banget, ew. Terus kamu jadi ilfeel dan bilang “duh, sendawa kamu kenceng banget deh, bikin selera makanku hilang”. Nah, kalimat tadi merupakan sanksi celaan.
     
  2. Kebiasaan (Folkways), yaitu suatu aturan yang apabila tidak diterapkan, maka pelaku dianggap menyimpang dari kebiasaan umum di masyarakat. Contoh: mencium tangan orang tua sebelum berangkat sekolah, mengucapkan salam saat masuk atau bertamu ke rumah orang lain. Tidak mencium tangan orang tua sebelum bepergian atau tidak mengucapkan salam saat masuk rumah melanggar norma folkways karena dianggap kurang sopan dan tidak sesuai dengan kebiasaan masyarakat Indonesia.
     
  3. Tata Kelakuan (Mores), yaitu suatu aturan yang mengontrol perilaku dan memiliki sanksi di masyarakat. Contoh: seseorang yang mencuri, mengkonsumsi narkoba, membunuh, dan sejenisnya, memperoleh sanksi berupa hukuman penjara di negara yang bersangkutan. Mencuri, mengkonsumsi narkoba, dan sejenisnya melanggar norma mores karena merugikan diri sendiri dan membahayakan keselamatan orang lain.
     
  4. Adat Istiadat (Custom), yaitu suatu aturan yang disepakati di kelompok masyarakat tertentu, berisi pedoman untuk bertingkah laku. Jika dilanggar, diberi hukuman berupa sanksi adat. Contoh: masyarakat yang melakukan pernikahan sesuku di Kabupaten Kampar, Riau, akan dikenakan sanksi berupa pengucilan dan wajib membayar denda satu ekor ayam/kambing/kerbau. 

0

Roboguru

Sebutkan contoh norma!

Pembahasan Soal:

Pada suatu masyarakat pasti memiliki sebuah nilai dan norma dalam kehidupan mereka,  norma dapat diartikan sebagai  sebuah pedoman dan aturan yang mengikat individu atau kelompok dalam tatanan kehidupan masyarakat. Norma dalam kehidupan masyarakat terbentuk dari nilaiyang berkembang dalam kehidupan masyaralat sebagai tolak ukur masyarakat untuk bertindak. Norma-norma dalam kehidupan masyarakat memiliki jenis-jenis yaitu 

Contoh norma :

1. . Norma agama : sekumpulan tatanan hidup manusia yang bersumber dari wahyu Tuhan. Contohnya, shalat berjamaah, beribadah ke Gereja.

2. Norma kesopanan : norma yang mengatur pergaulan hidup manusia. Contohnya, menghormati orang tua, berbicara sopan dengan orang lain

3. Norma hukum :  Aturan tentang tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat yang disusun oleh badan-badan resmi negara dan sifatnya memaksa sehingga harus ditaati oleh masyarakat. Contohnya, mematuhi aturan lalu lintas

4. Norma kesusilaan : Aturan hidup yang berhubungan dengan bisikan kalbu dan suara hati nurani manusia.  Contohnya, bersikap jujur, tidak mencuri. space space space space space

0

Roboguru

Pelanggaran yang hanya mendapatkan sanksi dari masyarakat berupa ejekan dan cemoohan adalah ...

Pembahasan Soal:

Norma yang berlaku di dalam masyarakat mempunyai kekuatan mengikat yang berbeda-beda. Ada norma yang lemah, sedang, dan norma yang mempunyai daya ikat sangat kuat yang membuat anggota masyarakat, pada umumnya, tidak berani melanggarnya. Dilihat dari kekuatan mengikat terhadap anggota masyarakat, norma dibedakan menjadi beberapa tingkatan, yaitu:

  1. Cara (usage) adalah norma yang paling lemah daya pengikatnya karena orang yang melanggar hanya mendapat sanksi dari masyarakat berupa cemoohan atau ejekan.
  2. Kebiasaan (folkways) adalah aturan dengan kekuatan mengikat yang lebih kuat daripada usage. Kebiasaan adalah perbuatan yang dilakukan berulang-ulang sehingga menjadi bukti bahwa orang yang melakukannya menyukai dan menyadari perbuatannya.
  3. Tata kelakuan (mores) adalah aturan yang sudah diterima masyarakat secara sadar atau tidak sadar dan dijadikan alat pengawas atau kontrol terhadap anggota-anggota masyarakat. Tata kelakuan mengharuskan anggota masyarakat untuk menyesuaikan tindakan dengan aturan yang berlaku. Pelanggaran terhadap tata kelakuan akan diberi sanksi berat, seperti dipermalukan di muka umum.
  4. Adat lstiadat (custom) pada umumnya tidak tertulis, namum memiliki sanksi, baik langsung maupun tidak langsung. Sanksinya berupa sikap penolakan dari masyarakat.

 

0

Roboguru

Pelanggaran yang hanya mendapatkan sanksi dari masyarakat berupa ejekan dan cemoohan adalah ...

Pembahasan Soal:

Pelanggaran yang hanya mendapatkan sanksi dari masyarakat berupa ejekan dan cemoohan adalah usage. Usage adalah sebuah norma yang menunjuk  satu bentuk perbuatan dengan sanksi yang sangat ringan terhadap pelanggarnya. Misalnya adalah seseorang yang minum menggunakan tangan kiri, hal ini akan dianggap tidak sopan oleh orang lain.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. Usage

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved