Roboguru

Perhatikan Paragraf berikut! 1) Pada tahun 2015, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menghaluskan 2,5 juta hektare lahan. Kemudian, tahun 2017 kebakaran hutan berhasil berkurang. Namun, pada tahun

Perhatikan Paragraf berikut!
 

1) Pada tahun 2015, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menghaluskan 2,5 juta hektare lahan. Kemudian, tahun 2017 kebakaran hutan berhasil berkurang. Namun, pada tahun 2018 kebakaran hutan kembali meningkat. 2) Puncaknya pada 2019 kebakaran hutan mencapai 1,5 juta hektare lahan. 3) Luas lahan yang terbakar masih bisa bertambah pada tahun 2020 ini jika tidak ada tindakan drastis mencegahnya. 4) Bank Dunia melaporkan total kerusakan dan kerugian ekonomi akibat karhutla di Indonesia tahun 2019 mencapai lebih dari 5,2 miliar dolar AS. 5) Angka ini setara dengan 0,5% produk domestik bruto (PDB) negara. Data tersebut berdasarkan penilaian di 8 provinsi yang terkena dampak kebakaran hutan dari Juni hingga Oktober 2019.

(Disadur dari: https://hariansib.com/Tajuk-Rencana/Ancaman-Saja-Tak-Efektif-Hentikan-karhutla, diunduh 11 Maret 2020)


Opini dalam paragraf tersebut terdapat pada angka ...space 

  1. 1)undefined 

  2. 2)undefined 

  3. 3)undefined 

  4. 4)undefined 

  5. 5)undefined 

Jawaban:

Opini adalah pernyataan yang subjektif yang berasal dari sikap seseorang atau interpretasi fakta yang didapatkan. Opini, pendapat, atau tanggapan redaksi digunakan untuk menguatkan pandangan atau sikapnya terhadap suatu peristiwa dan masalah yang dibahas. Pendapat atau opini redaksi dalam teks editorial dapat berupa penilaian, kritik, prediksi (dugaan berdasarkan fakta empiris), harapan, dan saran penyelesaian masalah.  

Opini dalam paragraf tersebut terdapat pada angka 3) yaitu "luas lahan yang terbakar masih bisa bertambah pada tahun 2020 ini jika tidak ada tindakan drastis mencegahnya"

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah jawaban C. undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved