Roboguru

Perhatikan kutipan teks editorial berikut!     Akhir tahun 2018 dan awal tahun 2019 kerap ditandai dengan terjadinya perubahan cuaca di Kepri. Wilayah Kepri yang sebelumnya dominan dengan cuaca panas, saat ini mengalami musim hujan dan angin kencang. Di Kepri sering terjadi hujan dengan intensitas tinggi yang diiringi angin kencang dan gelombang lebih tinggi dari biasanya.      Perubahan cuaca itu tidak hanya menjadi perhatian masyarakat. Pihak terkait pun selalu memberi perhatian terhadap cuaca ekstrem tersebut. Masyarakat diminta untuk tidak menganggap enteng perubahan cuaca yang terjadi. Para nelayan diminta untuk selalu mewaspadai segala kemungkinan.      Pada tahun-tahun sebelumnya, saat cuaca ekstrem ada banyak peristiwa yang terjadi di perairan Kepri. Peristiwa itu tidak hanya menimbulkan korban harta, tetapi juga korban jiwa. Oleh karena itu, masyarakat yang melakukan banyak aktivitas di daerah perairan perlu waspada dan hati-hati.      Sejak beberapa tahun terakhir, berbagai imbauan disampaikan agar masyarakat yang melakukan aktivitas di perairan untuk memakai life jacket memperhatikan kondisi perahu atau kapal, membawa persediaan BBM dan melengkapi sarana telekomunisi. Dengan legkapnya semua sarana pelayaran menjadikan perjalanan lebih nyaman. Sebagai daerah yang hampir 95 persen wilayahnya adalah perairan,  standar keselamatan dalam perjalanan di perairan merupakan hal utama di Kepri.  Disadur dari: https;//www.haluankepri.com/news/detil/118077/ jangan-anggap-enteng-cuaca, diunduh 10 Fauari 2019 Tentukan maksud atau tujuan penulis dan keberpihakan penulis dalam kutipan teks editorial tersebut!

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks editorial berikut!


    Akhir tahun 2018 dan awal tahun 2019 kerap ditandai dengan terjadinya perubahan cuaca di Kepri. Wilayah Kepri yang sebelumnya dominan dengan cuaca panas, saat ini mengalami musim hujan dan angin kencang. Di Kepri sering terjadi hujan dengan intensitas tinggi yang diiringi angin kencang dan gelombang lebih tinggi dari biasanya. 
    Perubahan cuaca itu tidak hanya menjadi perhatian masyarakat. Pihak terkait pun selalu memberi perhatian terhadap cuaca ekstrem tersebut. Masyarakat diminta untuk tidak menganggap enteng perubahan cuaca yang terjadi. Para nelayan diminta untuk selalu mewaspadai segala kemungkinan. 
    Pada tahun-tahun sebelumnya, saat cuaca ekstrem ada banyak peristiwa yang terjadi di perairan Kepri. Peristiwa itu tidak hanya menimbulkan korban harta, tetapi juga korban jiwa. Oleh karena itu, masyarakat yang melakukan banyak aktivitas di daerah perairan perlu waspada dan hati-hati. 
    Sejak beberapa tahun terakhir, berbagai imbauan disampaikan agar masyarakat yang melakukan aktivitas di perairan untuk memakai life jacket memperhatikan kondisi perahu atau kapal, membawa persediaan BBM dan melengkapi sarana telekomunisi. Dengan legkapnya semua sarana pelayaran menjadikan perjalanan lebih nyaman. Sebagai daerah yang hampir 95 persen wilayahnya adalah perairan,  standar keselamatan dalam perjalanan di perairan merupakan hal utama di Kepri. 

Disadur dari: https;//www.haluankepri.com/news/detil/118077/ jangan-anggap-enteng-cuaca, diunduh 10 Fauari 2019


Tentukan maksud atau tujuan penulis dan keberpihakan penulis dalam kutipan teks editorial tersebut!  

  1. ... space

  2. ... space

Pembahasan Soal:

Maksud dan tujuan penulis dalam kutipan teks editorial di atas adalah memperingatkan kepada masyarakat agar selalu waspada dalam melakukan aktivitas di perairan mengingat cuaca ekstrem di Kepri.undefined undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Agustina

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 30 Januari 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Contoh pendapat dalam cuplikan itu ada pada kalimat....

0

Roboguru

Jawablah pertanyaan berikut! Agar Asma Tak Kian Parah       Asma ringan bisa menjadi parah karena peradangan pada saluran napas tak dihentikan. Asma dapat menyebabkan kematian. Jangan sepelekan asm...

0

Roboguru

Berdasarkan istilah yang digunakan, cuplikan artikel tersebut bertopik tentang ....

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks berikut! Kekerasan, Diskriminasi, dan Kesetaraan Gender: Perempuan, Mulailah Bicara      Meski bisa terjadi kepada siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, kekerasan dan d...

0

Roboguru

Tujuan isi artikel tersebut untuk pembaca adalah....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved