RoboguruRoboguru
SD

Perhatikan kutipan teks berikut!      Beberapa kalangan, sebagaimana yang pernah saya temui sendiri, menganggap bahwa perjuangan terhadap kesetaraan gender tidak relevan dilakukan di Indonesia. Hal itu karena di Indonesia, perempuan dianggap telah mendapatkan hak yang sama dan setara dengan laki-laki. Misalnya saja, suara perempuan sudah ikut diperhitungkan dalam Pemilihan Umum, perempuan bebas menyuarakan pendapatnya, dan perempuan bebas memperoleh pendidikan layaknya laki-laki. Namun, setidaknya saya rasa, dengan masih banyaknya kasus diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan, kesetaraan gender masih sangat relevan untuk diperjuangkan di Indonesia.      Hanya saja, tidak semua perempuan memahami pentingnya perjuangan terhadap kesetaraan gender. Bahkan, yang terjadi saat ini adalah maraknya victim blaming. Misalnya, dalam sebuah kasus pelecehan seksual yang terjadi terhadap seorang perempuan, banyak perempuan lain yang justru menyalahkan korban atas terjadi kasus tersebut. Banyak dari mereka mengatakan hal-hal seperti “Salah sendiri pake baju terbuka gitu,” atau “Makanya jadi perempuan jangan ganjen.” Komentar-komentar yang memojokkan korban seperti itu, saya rasa, sangat tidak pantas diungkapkan. Masalah lainnya lagi yang juga terjadi adalah, di antara banyak perempuan yang masih peduli terhadap kasus-kasus demikian, banyak dari mereka yang masih takut untuk bicara, mereka terkadang ketakutan untuk melaporkan kasus yang telah terjadi pada mereka atau rekan mereka.   Kutipan teks artikel di atas dapat menjadi sarana hiburan bagi pembaca jika ....

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut!


     Beberapa kalangan, sebagaimana yang pernah saya temui sendiri, menganggap bahwa perjuangan terhadap kesetaraan gender tidak relevan dilakukan di Indonesia. Hal itu karena di Indonesia, perempuan dianggap telah mendapatkan hak yang sama dan setara dengan laki-laki. Misalnya saja, suara perempuan sudah ikut diperhitungkan dalam Pemilihan Umum, perempuan bebas menyuarakan pendapatnya, dan perempuan bebas memperoleh pendidikan layaknya laki-laki. Namun, setidaknya saya rasa, dengan masih banyaknya kasus diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan, kesetaraan gender masih sangat relevan untuk diperjuangkan di Indonesia.

     Hanya saja, tidak semua perempuan memahami pentingnya perjuangan terhadap kesetaraan gender. Bahkan, yang terjadi saat ini adalah maraknya victim blaming. Misalnya, dalam sebuah kasus pelecehan seksual yang terjadi terhadap seorang perempuan, banyak perempuan lain yang justru menyalahkan korban atas terjadi kasus tersebut. Banyak dari mereka mengatakan hal-hal seperti “Salah sendiri pake baju terbuka gitu,” atau “Makanya jadi perempuan jangan ganjen.” Komentar-komentar yang memojokkan korban seperti itu, saya rasa, sangat tidak pantas diungkapkan. Masalah lainnya lagi yang juga terjadi adalah, di antara banyak perempuan yang masih peduli terhadap kasus-kasus demikian, banyak dari mereka yang masih takut untuk bicara, mereka terkadang ketakutan untuk melaporkan kasus yang telah terjadi pada mereka atau rekan mereka.
 

Kutipan teks artikel di atas dapat menjadi sarana hiburan bagi pembaca jika ....space

  1. teks artikel opini tersebut dapat diubah menjadi teks yang mengundang humorspace

  2. teks artikel opini tersebut dapat membuat banyak orang tertawaspace 

  3. teks artikel opini tersebut mengandung unsur humor di dalamnyaspace

  4. pembaca memahami unsur humor yang disiratkan oleh penulis dalam teksnyaspace

  5. pembaca merasa terhibur karena dapat memperoleh perspektif baru mengenai berbagai halspace

S. Nurjannah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.space

Pembahasan

Menjadi sarana hiburan merupakan salah satu manfaat teks artikel opini. Namun, tidak semua teks artikel opini dapat menjadi sarana hiburan. Teks artikel opini di atas dapat menjadi sarana hiburan bagi pembaca jika pembaca merasa terhibur setelah membaca artikel tersebut, misalnya karena pembaca memperoleh perspektif baru tentang perlawanan terhadap sistem sosial di masyarakat dan perjuangan mendapatkan hak kesetaraan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space

20

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks artikel opini berikut!   Sebelum mengetahui cara mengatasi gangguan mental pada anak, kita perlu memahami terlebih dahulu tanda dan gejalanya. Pandangan yang buruk terhadap ga...

37

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia