Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan buku atau naskah drama berikut! Guru: Kita mesti waspada, Saudaraku. Jangan sampai kita bertengkar dengan saudara kita sendiri. Selama masih ada pertengkaran di antara kita. itu artinya masih ada orang di luar sana yang ingin menyerang dan menghancurkan. Murid 1: Bukankah kita harus melawan, Guru? Harus berani melawan mereka dengan sekuat tenaga. Guru: Tapi, Saudaraku, jika kalian melawan dengan cara mereka melawan, itu artinya, kita juga tidak berbeda dengan mereka. Kita telah masuk dalam perangkapnya. Dikutip dari : Hamdy Salad, "Drama Musikal: Jahiliyah" dalam Tak Ada Bintang di Dadanya , Yogyakarta Interlude. 2018 Susunlah sebuah tulisan reflektif berdasarkan nilai-nilai dalam kutipan naskah tersebut!

Perhatikan kutipan buku atau naskah drama berikut!


Guru: Kita mesti waspada, Saudaraku. Jangan sampai kita bertengkar dengan saudara kita sendiri. Selama masih ada pertengkaran di antara kita. itu artinya masih ada orang di luar sana yang ingin menyerang dan menghancurkan. 

Murid 1: Bukankah kita harus melawan, Guru? Harus berani melawan mereka dengan sekuat tenaga. 

Guru: Tapi, Saudaraku, jika kalian melawan dengan cara mereka melawan, itu artinya, kita juga tidak berbeda dengan mereka. Kita telah masuk dalam perangkapnya. 


Dikutip dari: Hamdy Salad, "Drama Musikal: Jahiliyah" dalam Tak Ada Bintang di Dadanya, Yogyakarta Interlude. 2018 


Susunlah sebuah tulisan reflektif berdasarkan nilai-nilai dalam kutipan naskah tersebut! 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kita harus menjaga persaudaraan kita. Jangan mau diadu domba oleh pihak manapun. Jangan takut atas perbedaan yang dimiliki antara kita dan saudara kita. Karena perbedaan sejatinya indah.

kita harus menjaga persaudaraan kita. Jangan mau diadu domba oleh pihak manapun. Jangan takut atas perbedaan yang dimiliki antara kita dan saudara kita. Karena perbedaan sejatinya indah. 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pertengkaran dengan saudara adalah hal yang harus dihindari. Kita harus waspada ketika kita bertengkar dengan saudara kita sendiri akan ada orang lain yang ingin menghancurkan kita. Ketika kita bertengkar bersama saudara musuh akan lebih mudah menghancurkan kita. Orang yang ingin menghancurkan kitaakan merasa senang karena berhasil memecah belah persatuan kita dan saudara kita. Kita harus berani melawan orang yang ingin menghancurkan kita, memang harus begitu. Namun, kita tidak bisa melawan dengan cara yang sama. Jika kita melawan dengan cara yang sama, artinya kita tidak jauh berbeda dengan mereka. Kita harus menggunakan cara yang lebih baik dari mereka yang mau menghancurkan kita. Ketika kita bertengkar dengan saudara sendiri, sama saja kita masuk dalam perangkap orang-orang yang ingin menghancurkan kita. Sama saja kita membantu mereka menghancurkan kita sendiri. Maka dari itu kita harus menjaga persaudaraan kita. Jangan mau diadu domba oleh pihak manapun. Jangan takut atas perbedaan yang dimiliki antara kita dan saudara kita. Karena perbedaan sejatinya indah.

Pertengkaran dengan saudara adalah hal yang harus dihindari. Kita harus waspada ketika kita bertengkar dengan saudara kita sendiri akan ada orang lain yang ingin menghancurkan kita. Ketika kita bertengkar bersama saudara musuh akan lebih mudah menghancurkan kita. Orang yang ingin menghancurkan kita akan merasa senang karena berhasil memecah belah persatuan kita dan saudara kita. Kita harus berani melawan orang yang ingin menghancurkan kita, memang harus begitu. Namun, kita tidak bisa melawan dengan cara yang sama. Jika kita melawan dengan cara yang sama, artinya kita tidak jauh berbeda dengan mereka. Kita harus menggunakan cara yang lebih baik dari mereka yang mau menghancurkan kita. Ketika kita bertengkar dengan saudara sendiri, sama saja kita masuk dalam perangkap orang-orang yang ingin menghancurkan kita. Sama saja kita membantu mereka menghancurkan kita sendiri. Maka dari itu kita harus menjaga persaudaraan kita. Jangan mau diadu domba oleh pihak manapun. Jangan takut atas perbedaan yang dimiliki antara kita dan saudara kita. Karena perbedaan sejatinya indah. 

Latihan Bab

Mengenal Buku Pengayaan (Nonfiksi) dan Buku Drama (Fiksi)

Mengidentifikasi Nilai-Nilai pada Buku Pengayaan (Nonfiksi) dan Buku Drama (Fiksi)

Menulis Buku Pengayaan (Nonfiksi) dan Buku Drama (Fiksi)

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

57

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Karim: Tapi, aku tidak bisa menjadi pemimpin. Anwar: Sudah bertahun-tahun berlangsung, sekarang mendadak hilang begitu, apa artinya ini? Kan aku selalu ada. Ini kesempatan yang baik. Orang mendenga...

735

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia