Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan ketiga larutan pada gambar di bawah. Larutan manakah yang memiliki tekanan uap paling besar, titik didih paling tinggi, dan titik beku paling tinggi?

Perhatikan ketiga larutan pada gambar di bawah. Larutan manakah yang memiliki tekanan uap paling besar, titik didih paling tinggi, dan titik beku paling tinggi?space 
 

  

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

maka jawaban yang tepat adalah sesuai penjelasan di atas.

maka jawaban yang tepat adalah sesuai penjelasan di atas.

Iklan

Pembahasan

Sifat fisik larutan seperti tekanan uap jenuh, titik didih dan titik beku dipengaruhi jumlah partikel zat terlarut. Zat terlarut glukosa sebanyak 3mol yang dilarutkan akan membentuk larutan (1). Dalam larutan (1) terdapat 3mol glukosa, yang direpresentasikan dalam gambar. Zat terlarut NaCl sebanyak 3mol yang dilarutkan akan membentuk larutan (2). Dalam larutan (2) terdapat 3mol ion Na + dan 3 mol ion Cl − . Ion totalnya sebanyak 6 mol, yang direpresentasikan dalam gambar. Zat terlarut MgCl 2 ​ sebanyak 3mol yang dilarutkan akan membentuk larutan (3). Dalam larutan (3) terdapat 3mol ion Mg + dan 6mol ion Cl − . Ion totalnya sebanyak 9mol, yang direpresentasikan dalam gambar. Tekanan uap jenuh suatu larutan semakin rendah, apabila semakin banyak zat terlarutnya. Sehingga larutan (1) adalah larutan yang memiliki tekanan uap paling besar. Titik didih suatu larutan semakin tinggi, apabila semakin banyak zat terlarutnya. Sehingga larutan (3) adalah larutan yang memiliki titik didih paling tinggi. Titik beku suatu larutan semakin rendah, apabila semakin banyak zat terlarut. Sehingga larutan (1) adalah larutan yang memiliki tiik beku paling tinggi. Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah sesuai penjelasan di atas.

Sifat fisik larutan seperti tekanan uap jenuh, titik didih dan titik beku dipengaruhi jumlah partikel zat terlarut.

Zat terlarut glukosa sebanyak 3 mol yang dilarutkan akan membentuk larutan (1). Dalam larutan (1) terdapat 3 mol glukosa, yang direpresentasikan dalam gambar.

Zat terlarut NaCl sebanyak 3 mol yang dilarutkan akan membentuk larutan (2). Dalam larutan (2) terdapat 3 mol ion   dan 3 mol ion . Ion totalnya sebanyak 6 mol, yang direpresentasikan dalam gambar.

Zat terlarut  sebanyak 3 mol yang dilarutkan akan membentuk larutan (3). Dalam larutan (3) terdapat 3 mol ion   dan 6 mol ion . Ion totalnya sebanyak 9 mol, yang direpresentasikan dalam gambar.

Tekanan uap jenuh suatu larutan semakin rendah, apabila semakin banyak zat terlarutnya. Sehingga larutan (1) adalah larutan yang memiliki tekanan uap paling besar.

Titik didih suatu larutan semakin tinggi, apabila semakin banyak zat terlarutnya. Sehingga larutan (3) adalah larutan yang memiliki titik didih paling tinggi.

Titik beku suatu larutan semakin rendah, apabila semakin banyak zat terlarut. Sehingga larutan (1) adalah larutan yang memiliki tiik beku paling tinggi.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah sesuai penjelasan di atas.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Putri Dina Kamila

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Hitunglah tekanan uap, titik didih, dan titik beku larutan glukosa 36% dalam air padasuhu 2 5 ∘ C , jika tekanan uap air murni pada suhu adalah 20 mmHg. ( , , dan M r ​ glukosa = 180)

3

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia