Roboguru
SD

Apa pengaruh penambahan zat terlarut nonvolatil ke dalam air murni terhadap tekanan uap, titik beku, dan titik didih?

Pertanyaan

Apa pengaruh penambahan zat terlarut nonvolatil ke dalam air murni terhadap tekanan uap, titik beku, dan titik didih?space 

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

penambahan zat terlarut nonvolatil pada pelarut akan menyebabkan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, dan penurunan titik beku.

Pembahasan

Sifat koligatif larutan antara lain:

  1. penurunan tekanan uap jenuh
  2. penurunan titik beku
  3. kenaikan titik didih

Apabila ke dalam pelarut murni ditambahkan zat terlarut tidak mudah menguap, tekanan uapnya semakin turun. Hal ini disebabkan proses penguapannya terganggu, karena molekul-molekul H subscript 2 O di pemukaan air terhalang untuk lepas ke udara karena berinteraksi dengan partikel-partikel zat terlarut. Akibatnya, jumlah uap air di atas permukaan air menjadi berkurang.

Jika  ke dalam pelarut murni ditambahkan zat terlarut tidak mudah menguap, maka tekanan uap jenuhnya semakin menurun. Akibatnya agar dapat mendidih, mencapai keadaan tekanan uap sama dengan tekanan atmosfer, maka diperlukan suhu yang lebih tinggi. Sehingga terjadi kenaikan titik didih.

Proses pembekuan adalah merapatnya partikel-partikel zat cair melalui gaya tarik-menarik antarpartikel. Adanya zat terlarut akan mengakibatkan pergerakan partikel-partikel untuk merapat menjadi terhalang. Sehingga diperlukan suhu yang lebih rendah untuk dapat mendekatkan jarak antarpartikel. Dengan demikian, adanya zat terlarut pada suatu zat cair, mengakibatkan penurunan titik beku zat cair tersebut.

Dengan demikian, penambahan zat terlarut nonvolatil pada pelarut akan menyebabkan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, dan penurunan titik beku.

372

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan ketiga larutan pada gambar di bawah. Larutan manakah yang memiliki tekanan uap paling besar, titik didih paling tinggi, dan titik beku paling tinggi?

325

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia