Roboguru

Perhatikan keterangan-keterangan berikut!  Maraknya wabah penyakit.  Tingginya angka kelaparan.  Maraknya pernikahan dini.  Meningkatnya intensitas perang.  Kurangnya persediaan sandang.  Faktor yang melatarbelakangi rendahnya angka pertumbuhan penduduk di Indonesia sebelum tahun 1800 ditunjukkan oleh angka ....

Pertanyaan

Perhatikan keterangan-keterangan berikut!undefined 

  1. Maraknya wabah penyakit.undefined 
  2. Tingginya angka kelaparan.undefined 
  3. Maraknya pernikahan dini.undefined 
  4. Meningkatnya intensitas perang.undefined 
  5. Kurangnya persediaan sandang.undefined 

Faktor yang melatarbelakangi rendahnya angka pertumbuhan penduduk di Indonesia sebelum tahun 1800 ditunjukkan oleh angka ....undefined 

 

  1. 1, 2, dan 3undefined 

  2. 1, 2, dan 4undefined 

  3. 2, 3, dan 4undefined 

  4. 2, 3, dan 5undefined 

  5. 3, 4, dan 5undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sebelum tahun 1800, pertumbuhan penduduk di Indonesia sangat rendah. Dari tahun 1400 hingga 1800 tingkat pertumbuhan penduduk sekitar 0,1-0,2%. Rendahnya tingkat pertumbuhan penduduk tersebut disebabkan oleh wabah penyakit, kelaparan, perang, dan bencana alam.
Adapun salah satu sumber penyebab kelaparan, perang dan bencana alam itu terjadi, semata-mata tidak hanya berasal dari alam, tetapi dari praktik kebijakan ekonomi dan sosial yang diterapkan, jika merujuk pada sebelum tahun 1800an, maka VOC atau kongsi dagang Belanda, bertanggung jawab penuh atas itu. Praktik-praktik seperti monopoli, korupsi dan kacaunya administrasi adalah biang atas dampak yang dirasakan masyarakat sehingga jumlah penduduk sedikit.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada masa kolonialisme jika ingin menjadi bangsa yang terhormat Indonesia harus...

Pembahasan Soal:

Seperti apa yang dicita-citakan oleh organisasi Budi Utomo yaitu untuk menjamin kehidupan bangsa yang terhormat perlu adanya peningkatan dalam hal 3 hal yaitu  pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan terutama khususnya untuk para pribumi. 3 pokok ini merupakan dasar manusia memiliki kesadaran dalam arti luas seperti persamaan, kemerdekaan, dan kebebasan. salah 1 dari 3 pokok tersebut yang memang secara fisik menonjol adalah pendidikan, terlihat dari gelar yang di dapatkan seperti S.Pd, M.Pd, Dr, Prof.  Dengan demikian pada masa kolonialisme jika ingin menjadi bangsa yang terhormat Indonesia harus memiliki pendidikan tinggi.

0

Roboguru

Salah satu dampak positif pelaksanaan kebijakan Cultuurstelsel bagi petani Indonesia adalah….

Pembahasan Soal:

Salah satu dampak positif pelaksanaan kebijakan Cultuurstelsel bagi petani Indonesia adalah berkembangnya pemahaman para petani mengenai komoditas hasil bumi yang laku di pasaran internasional. Artinya sistem produksi di Indonesia mulai berkembang dan tidak lagi terpaku pada beras, cengkeh, pala, dan lada lagi. Komoditas seperti kopi, teh, gula, kopra, dan nila menjadi komoditas baru yang menyumbang pemasukan bagi masyarakat Hindia Belanda. Bahkan komoditas kopi itu masih menjadi penyumbang devisa negara sampai hari ini.

0

Roboguru

Perkembangan ekonomi akibat kolonialisme, juga berdampak pada perubahan pola konsumsi masyarakat pribumi. Salah satu dampaknya adalah ….

Pembahasan Soal:

Perkembangan ekonomi juga berdampak pada perubahan pola konsumsi masyarakat pribumi. Perdagangan bebas yang diterapkan oleh pemerintah kolonial, mendorong masyarakat Hindia Belanda menjadi konsumtif dengan membeli barang-barang mewah. Inilah dampak kolonialisme pada pola konsumsi masyarakat pribumi. Masyarakat yang pada awalnya mandiri dalam produksi berubah menjadi masyarakat yang gemar akan konsumsi.undefined 

Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Dalam bidang peradilan, pengaruh kolonialisme dalam bidang peradilan dapat dilihat dari ...

Pembahasan Soal:

Bangsa Eropa yang lama berada di Indonesia membawa pengaruh-pengaruh yang masih bisa dirasakan hingga saat ini di berbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam bidang peradilan. Hukum yang terdapat di Indonesia hingga saat ini tidak terlepas dari pengaruh-pengaruh masa pemerintah kolonial Belanda. Namun di era pemerintahan kolonial Belanda, hukum adat dikenal sebagai aspek yang mengganggu kelancaran dalam penguasaan Belanda di Indonesia. Karena sifat dari hukum adat lokal yang tidak mudah diubah, maka pemerintah kolonial Belanda mencoba mengkolaborasikan sistem hukum adat yang ada di Indonesia dengan sistem hukum kolonial yang dimiliki oleh pemerintah kolonial itu sendiri sebagai hukum negara demi mempertahankan kekuasaan dan antusias koloni.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Dampak lain penjajahan Eropa terhadap struktur wilayah di Indonesia ketika dikuasai oleh Inggris adalah…

Pembahasan Soal:

Dampak lain penjajahan Eropa adalah terbentuknya karesidenan. Pada dasarnya, konsep karesidenan berasal dari pemerintah Britania Raya (Inggris). Jadi dalam sejarahnya istilah “karesidenan” pertama kali digunakan oleh Imperium Britania. Pada saat itu, makna karesidenan adalah sebuah distrik yang menjadi bagian administratif suatu negara atau wilayah. Lalu pada tahun 1811 Hindia Belanda dikuasai Britania Raya dengan menempatkan Letjen Thomas Stamford Raffles. Raffles kemudian memerintah bekas jajahan Belanda dengan membagi-bagi wilayah Pulau Jawa menjadi beberapa karesidenan. Dalam pembagian struktur wilayahnya, karesidenan saat itu membawahi wilayah kabupaten.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved