Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks eksplanasi berikut ini untuk menjawab soal nomor 26 dan 27!


    Fenomena teknologi dan informasi saat ini berpengaruh pada kehidupan masyarakat terutama pelajar. Dengan keberadaan kedua hal tersebut dapat memudahkan kita untuk memperoleh informasi secara cepat, akurat, dan lengkap. Namun, ada dua sisi yang melatarbelakanginya, yaitu sisi positif dan negatif. Sisi negatifnya, yaitu pelajar sering memanfaatkannya untuk sesuatu yang kurang bermanfaat bagi perkembangan belajarnya di sekolah, yaitu dengan bermain game. Sementara itu, sisi positifnya, yaitu setiap pelajar dapat memperoleh informasi tentang tugas-tugas pelajaran yang akan diselesaikannya serta dapat menambah pengetahuan ketika berada di kelas.

    Media internet sebagai produk dari teknologi dan informasi merupakan media yang perlu dimanfaatkan dengan baik bagi pelajar pada umumnya karena bisa menjadi mitra dalam belajar. Selain bagi pelajar, media ini dapat bermanfaat bagi guru ketika akan mencari bahan ajar untuk mengajar di kelas, ataupun menulis dan memublikasikannya sehingga setiap peserta didik dari berbagai sekolah dapat dengan mudah membacanya.

    Tugas guru di kelas bukan hanya mengajarkan mata pelajaran, melainkan juga memotivasi setiap pelajar. Motivasi tersebut diperlukan agar setiap pelajar dapat memahami, membuat, dan memublikasikan produk yang dibuatnya menjadi hal bermanfaat serta dapat diperoleh setiap orang yang mengakses internet. Produk yang dapat dibuat misalnya tulisan-tulisan berupa puisi, cerita pendek, dan artikel yang berhubungan dengan pengetahuan serta keterampilan. Dengan demikian, dapat tercipta kelas yang menginspirasi, baik bagi pelajar yang lain maupun setiap pembaca yang mengakses internet.

    Hadirnya internet sebagai bagian dari perkembangan teknologi dan informasi menjadikan setiap orang bisa mengakses atau memperoleh informasi dengan cepat, akurat, dan lengkap. Positif dan negatifnya suatu media bergantung kepada penggunanya dalam memanfaatkannya. Bergaul dan berinternet dengan sehat akan lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Sumber: Buku Guru Kelas XI Bahasa Indonesia, dengan pengubahanundefined 

Perhatikan kalimat berikut! Dengan keberadaan kedua hal tersebut dapat memudahkan kita untuk memperoleh informasi secara cepat, akurat, dan lengkap. Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut yaitu ....

Perhatikan kalimat berikut!


Dengan keberadaan kedua hal tersebut dapat memudahkan kita untuk memperoleh informasi secara cepat, akurat, dan lengkap.

Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut yaitu .... 

  1. ketidakjelasan subjekundefined 

  2. tidak logisundefined 

  3. mengandung pemborosan kataundefined 

  4. ambigu (bermakna ganda)undefined 

  5. kesalahan penggunaan tanda komaundefined 

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan A.

jawaban yang benar adalah pilihan A.undefined 

Iklan

Pembahasan

Teks tersebut merupakan teks eksplanasi. Secara etimologi, eksplanasi berasal dari bahasa lnggris, yaitu explanation yang artinya penjelasan atau keterangan. Secara umum, teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan atau keterangan tentang suatu hal yang berhubungan dengan berbagai fenomena, baik fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Kalimat efektif adalah kalimat yang mudah dipahami oleh orang lain dengan tepat. Alasan ketidakefektifan kalimat di atas adalah ketidakjelasan subjek. Kalimat yang efektif harus mempunyai subjek dan predikat yang jelas. Kejelasan subjek dapat dilakukan dengan menghindari penggunaan kata depan seperti dengan , di , dalam , bagi , untuk , dan sebagainya sebelum subjek. Maka, kalimat tidak efektif di atas yang berbunyi "Dengan keberadaan kedua hal tersebut dapat memudahkan kita untuk memperoleh informasi secara cepat, akurat, dan lengkap." memiliki ketidakjelasan subjek karena adanya penggunaan kata "dengan" di awal kalimat". Seharusnya berbunyi "Keberadaan kedua hal tersebut dapat memudahkan kita untuk memperoleh informasi secara cepat, akurat, dan lengkap." agar menjadi kalimat efektif. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.

Teks tersebut merupakan teks eksplanasi. Secara etimologi, eksplanasi berasal dari bahasa lnggris, yaitu explanation yang artinya penjelasan atau keterangan. Secara umum, teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan atau keterangan tentang suatu hal yang berhubungan dengan berbagai fenomena, baik fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Kalimat efektif adalah kalimat yang mudah dipahami oleh orang lain dengan tepat. Alasan ketidakefektifan kalimat di atas adalah ketidakjelasan subjek. Kalimat yang efektif harus mempunyai subjek dan predikat yang jelas. Kejelasan subjek dapat dilakukan dengan menghindari penggunaan kata depan seperti dengan, di, dalam, bagi, untuk, dan sebagainya sebelum subjek.

Maka, kalimat tidak efektif di atas yang berbunyi "Dengan keberadaan kedua hal tersebut dapat memudahkan kita untuk memperoleh informasi secara cepat, akurat, dan lengkap." memiliki ketidakjelasan subjek karena adanya penggunaan kata "dengan" di awal kalimat". Seharusnya berbunyi "Keberadaan kedua hal tersebut dapat memudahkan kita untuk memperoleh informasi secara cepat, akurat, dan lengkap." agar menjadi kalimat efektif.


Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksplanasi

Kebahasaan Teks Eksplanasi

Menganalisis Teks Eksplanasi

Menyusun Teks Eksplanasi

490

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kata merupakan dalam kalimat pertama teks tersebut menjadi petunjuk bahwa pernyataan tersebut berisi ....

237

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia