Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan informasi-informasi berikut. Ketika mengakhiri monopoli Portugis atas perdagangan rempah-rempah di Nusantara (1575) Ketika penguasa Portugis menurunkan Sultan Tabariji dari Ternate dari takhta (1533) Saat Sultan Khairun dibunuh bangsa Portugis (1570) Saat menyingkirkan Belanda dari Ambon (1599) Sepanjang sejarah, hanya dua kali Kesultanan Ternate dan Kesultanan Tidore bersatu. Hal yang menyebabkan penyatuan tersebut ditunjukkan nomor...

Perhatikan informasi-informasi berikut.

  1. Ketika mengakhiri monopoli Portugis atas perdagangan rempah-rempah di Nusantara (1575)
  2. Ketika penguasa Portugis menurunkan Sultan Tabariji dari Ternate dari takhta (1533)
  3. Saat Sultan Khairun dibunuh bangsa Portugis (1570)
  4. Saat menyingkirkan Belanda dari Ambon (1599)

Sepanjang sejarah, hanya dua kali Kesultanan Ternate dan Kesultanan Tidore bersatu. Hal yang menyebabkan penyatuan tersebut ditunjukkan nomor...

  1. 1) dan 2)

  2. 1) dan 3)

  3. 2) dan 3)

  4. 2) dan 4)

  5. 3) dan 4)

Iklan

R. Kusnanda

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Kepulauan Maluku saat itu memiliki empat kesultanan, yaitu Ternate, Tidore, Bacan, dan Jailolo. Kesultanan Ternate dan Kesultanan Tidore saling bersaing untuk menjadi sebagai penguasa Maluku. Ternate kemudian menggandeng Portugis sebagai sekutu, kemudian Tidore menggandeng Spanyol sebagai sekutu. Persekutuan antara Portugis-Ternate rupanya tidak berlangsungawet, kedua belah pihak kemudian saling berperang. Perang tersebut dimenangkan Ternate yang saat itu berada di bawah kepemimpinan Sultan Khairun, dan Portugis berhasil dipermalukan di Maluku dan sedikit kehilangan hegemoninya. Pedagang Portugis yang sakit hati kemudian menjebak Sultan Khairun untuk berunding, perundingan itu rupanya menjadi tragedi dibunuhnya Sultan Khairun pada tahun 1570. Kematian sultan Ternate, dan sikap Portugis yang arogan,menimbulkan perlawanan dari seantero rakyat Maluku mulai dari Tidore hingga Bacan,terhadap posisi Portugis di Maluku. Perlawanan itu dipimpin oleh putra Khairun, yaitu Sultan Baabullah. Perang ini lagi-lagi dimenangkan Ternate, Portugis kemudian diusir dari seluruh wikayah Kesultanan Ternate dan kehilangan pengaruhnya untuk memonopoli rempah-rempah Maluku. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah C.

Kepulauan Maluku saat itu memiliki empat kesultanan, yaitu Ternate, Tidore, Bacan, dan Jailolo. Kesultanan Ternate dan Kesultanan Tidore saling bersaing untuk menjadi sebagai penguasa Maluku. Ternate kemudian menggandeng Portugis sebagai sekutu, kemudian Tidore menggandeng Spanyol sebagai sekutu. Persekutuan antara Portugis-Ternate rupanya tidak berlangsung awet, kedua belah pihak kemudian saling berperang. Perang tersebut dimenangkan Ternate yang saat itu berada di bawah kepemimpinan Sultan Khairun, dan Portugis berhasil dipermalukan di Maluku dan sedikit kehilangan hegemoninya.

Pedagang Portugis yang sakit hati kemudian menjebak Sultan Khairun untuk berunding, perundingan itu rupanya menjadi tragedi dibunuhnya Sultan Khairun pada tahun 1570. Kematian sultan Ternate, dan sikap Portugis yang arogan, menimbulkan perlawanan dari seantero rakyat Maluku mulai dari Tidore hingga Bacan, terhadap posisi Portugis di Maluku. Perlawanan itu dipimpin oleh putra Khairun, yaitu Sultan Baabullah. Perang ini lagi-lagi dimenangkan Ternate, Portugis kemudian diusir dari seluruh wikayah Kesultanan Ternate dan kehilangan pengaruhnya untuk memonopoli rempah-rempah Maluku.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah C.

8rb+

Malfira Putri Azzara

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Benteng Sao Paulo atau Benteng Gamalama merupakan benteng yang dibangun oleh bangsa Portugis atas izin...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia