Roboguru

Perhatikan informasi berikut!   landmark kota berupa patung skala gaya naturalis dipenuhi ide-ide internasional yang digabungkan dengan national pride menggunakan atap limasan dan ventilasi silang menggunakan ornamen interior bernuansa indonesia mengabaikan jiwa Indonesia dalam karya arsitekturnya, mengedepankan kemutakhiran. Ciri khas arsitektur masa Sukarno ditunjukkan nomor ....

Pertanyaan

Perhatikan informasi berikut!

 

  1. landmark kota berupa patung skala gaya naturalis
  2. dipenuhi ide-ide internasional yang digabungkan dengan national pride
  3. menggunakan atap limasan dan ventilasi silang
  4. menggunakan ornamen interior bernuansa indonesia
  5. mengabaikan jiwa Indonesia dalam karya arsitekturnya, mengedepankan kemutakhiran.


Ciri khas arsitektur masa Sukarno ditunjukkan nomor ....

  1. 1, 2, dan 3

  2. 1, 3, dan 4

  3. 2, 3, dan 4

  4. 2, 3, dan 5

  5. 3, 4, dan 5

Pembahasan Soal:

Soekarno merupakan presiden pertama di Indonesia yang anti Barat. Semua produk yang berbau Barat dianggap imperialis dan kolonialis. Pada masa kepemimpinannya hingga tahun 1965, Soekarno memiliki gaya arsitektur yang menekankan nilai-nilai nasionalis. Dengan politik mercusuarnya, Soekarno berusaha menunjukkan kekuatan Indonesia yang sebanding dengan negara lainnya. Pembangunan dilakukan secara besar-besaran dengan menekankan nilai budaya bangsa. Salah satu contoh adalah pembangunan Hotel Indonesia yang mengusung nilai tradisi atau budaya tradisional Indonesia. Namun, menjawab kebutuhan ruang-ruang yang modern misalnya karya seni tradisional diintegrasikan dengan sistem bangunan yang modern sehingga ada penggabungan gaya internasional dengan lokal.

Dengan demikian, beberapa ciri arsitektur masa Soekarno adalah dipenuhi ide-ide internasional yang digabungkan dengan national pride, menggunakan atap limasan dan ventilasi silang, serta menggunakan ornamen interior bernuansa indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat pilihan C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 15 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tjokorda Raka Sukawati merupakan seorang Insinyur di bidang Teknik Sipil yang kemudian memulai karirnya di perusahaan….

Pembahasan Soal:

Ir. Tjokorda Raka Sukawati (lahir di Ubud, Bali, 3 Mei 1931) adalah seorang insinyur Indonesia yang menemukan konstruksi Sosrobahu. Ketika menggarap proyek jalan layang antara Cawang dengan Tanjung Priok di Jakarta itulah teknologi Sosrobahu ditemukan. Tjokorda meraih gelar Insinyur bidang Teknik Sipil di Institut Teknologi Bandung 1962, dan memperoleh gelar Doktor dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 1996. Ia meniti karir di PT. Hutama Karya yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan infrastruktur. Berdirinya PT Hutama Karya berawal dari perusahaan swasta Hollandsche Beton Maatschappij (HBM) milik Hindia Belanda yang dinasionalisasi pada tahun 1961 menjadi PN Hutama Karya dan berubah nama menjadi PT Hutama Karya pada tahun 1973. 

0

Roboguru

Julukan yang diberikan kepada Sedyatmo yang dikenal banyak akalnya dan atas etos kerjanya yang tinggi adalah….

Pembahasan Soal:

Sedyatmo meraih gelar Insinyur pada tahun 1934. Setelah lulus Sedyatmo memilih kembali ke Mangkunegaran dan bekerja sebagai insinyur perencanaan di berbagai instansi pemerintahan. Dalam bekerja ia dikenal gigih dan punya disiplin yang tinggi. la juga kaya akan gagasan-gagasan inovatif. Lantaran etos kerjanya yang tinggi serta dikenal banyak akalnya, Sedyatmo mendapat julukan “si Kancil”. Dalam perjalanan karir dan pengabdiannya sebagai Insinyur, bangsa Indonesia kemudian mencatat kegemilangan karyanya melalui Konstruksi Cakar Ayam yang digagasnya pada tahun 1962.  

 

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut! Dampak negatif pembangunan infrastruktur ditunjukkan oleh kombinasi . .. .

Pembahasan Soal:

Perkembangan teknologi yang terjadi sejak berlangsungnya revolusi industri telah menyasar ke berbagai bidang, salah satunya infrastruktur. Perkembangan infrastruktur mengalami kemajuan yang pesat setelah proses pembangunannya dilakukan dengan mesin dan teknologi. Namun terdapat sejumlah dampak negatif dari pembangunan infrastruktur yang kebablasan dan mengabaikan dampak terhadap lingkungan. Dampak negatif dari pembangunan infrastruktur adalah rawan terjadi banjir, daerah resapan air berkurang, hingga berkurangnya daerah hijau (hutan) karena digusur.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah E. 

0

Roboguru

Monumen Pahlawan/ Patung Pak Tani merupakan salah satu monumen yang melibatkan pematung asal luar negeri dalam pembuatannya. Pematung tersebut bernama Otto Manizer yang berasal dari negara….

Pembahasan Soal:

Monumen Pahlawan/ Patung Pak Tani dibangun sebagai pengingat perjuangan bangsa Indonesia memperjuangkan Irian Barat. Cerita dibalik pembuatan patung ini bermula pada sekitar akhir tahun lima puluhan. Presiden pertama Indonesia Bung Karno melakukan sebuah kunjungan resmi ke Moskow, Uni Soviet. Di beberapa tempat di Moskow, pada saat itu Bung Karno terkesan dengan patung-patung yang ada. Oleh sebab itulah dalam sebuah kesempatan berkunjung ke sebuah tempat pembuatan patung, oleh pihak Uni Soviet, Bung Karno diperkenalkan kepada seniman pembuat patung yang bernama Matvel Manizer dan anak laki-lakinya Otto Manizer. Bung Karno kemudian mengundang dua orang seniman pematung tersebut ke Indonesia untuk merealisasikan proyek sebuah patung revolusi yang dapat mendeskripsikan tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. 

 

0

Roboguru

Monas di bangun tahun berapa?

Pembahasan Soal:

Pada masa demokrasi terpimpin, Presiden Soekarno melakukan pembangunan sejumlah gedung-gedung megah atau yang lebih dikenal dengan proyek mercusuar. Beberapa bangunan yang dibangun adalah pertokoan Sarinah, kompleks olahraga Senayan, hingga Monumen Nasional atau Monas. Monas mulai dibangun pada tahun 1961 dan selesai pada tahun 1975.

Dengan demikian pembangunan Monas terjadi pada tahun 1961.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved